Fungsi Masing-masing Warna dan Fungsi Kabel UTP

0
Fungsi Masing-masing Warna dan Fungsi Kabel UTP jual
Image: www.kenmal.co.uk

Fungsi Masing-masing Warna dan Fungsi Kabel UTP – UTP merupakan singkatan dari Unshielded Twisted Pair, Kabel UTP terbuat dari bahan penghantar tembaga, isolasi dari plastik serta terbungkus oleh bahan isolasi yang bisa melindungi dari api serta kerusakan fisik.

Baca: 3 Macam dan Kelebihan Kabel CCTV

Kabel ini terdiri atas empat pasang ini kabel, di mana kabel-kabel tersebut saing berbelit yang masing-masing pasangnya mempunyai kode warna berbeda. Kabel ini tak mempunyai pelindung dari interferensi elektromagnetik, akan tetapi kabel ini banyak dipakai sebab harganya yang relatif murah serta fungsinya pun memang sudah sesuai dengan standar yang diharapkan.

Kabel UTP berfungsi untuk digunakan sebagai kabel jaringan Local Area Network (LAN) pada sistem jaringan komputer, serta pada umumnya kabel UTP ini memiliki impedansi sekitar 100ohm dan terbagi menjadi beberapa kategori yang berdasarkan kemampuannya sebagai penghantar data.

Setiap warna pada kabel ini tersimpan kegunaan yang berbeda-beda sebagai media transmisi data. Semisal yang sudah banyak orang tahu ialah fungsinya sebagai media pengantar informasi dalam sebuah jaringan komputer yang menghubungkan antara komputer dengan Modulator Demodulator (modem) maupun antara komputer satu dengan komputer yang lainnya dalam satu area jaringan.

Terdapat 8 ini kabel pada kabel UTP ini, di mana pada setiap masing-masingnya inti kabelnya mempunyai warna yang berbeda-beda dan fungsi dari setiap ini kabelnya pun berbeda-beda. Pada bagian ujung kabel UTP tersambung dengan konektor RJ45 yang selanjutnya akan dihubungkan ke LAN Card di komputer. Berikut ini merupakan fungsi atau kegunaan dari setiap masing-masing warna pada kabel UTP

Fungsi Warna Kabel UTP

  • Orange : Kabel berwarna Orange berfungsi sebagai media penghantar paket data.
  • Putih Orange : Kabel berwarna  Putih Orange berfungsi sebagai media penghantar paket data.
  • Hijau : Kabel berwarna  hijau berfungsi sebagai media penghantar paket data.
  • Putih Hijau : Kabel berwarna putih hijau berfungsi sebagai media penghantar paket data.
  • Biru : Kabel berwarna biru berfungsi sebagai media penghantar paket suara.
  • Putih Biru : Kabel berwarna putih biru berfungsi sebagai media penghantar paket suara.
  • Cokelat : Kabel berwarna cokelat berfungsi untuk menghantarkan tegangan DC.
  • Putih Cokelat : Kabel berwarna putih cokelat berfungsi untuk menghantarkan tegangan DC.

Untuk melihat berbagai kabel UTP dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual kabel UTP dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.