Apa itu Raspberry Pi? Dan Apa Perbedaan Versi Lama Dengan Yang Baru

0

Ingin tahu Apa itu Raspberry Pi, dan apa saja perbedaan antara Spesifikasi Raspberry Pi Model lama dengan Model Baru? Simak Artikel Berikut ini.
raspberry pi

Apa itu Raspberry Pi?

Raspberry Pi adalah komputer berukuran kecil yang memiliki ukuran seperti kartu atm yang dapat Anda hubungkan ke tv atau layar komputer dan keyboard. Perangkat ini adalah komputer kecil yang mumpuni, dapat digunakan untuk proyek elektronik dan dapat melakukan banyak hal layaknya PC desktop atau komputer Anda. Seperti menjalankan program perkantoran untuk membuat laporan, membuat dokumen, browsing internet bahkan memainkan permainan. Selain itu alat ini juga dapat memutar video beresolusi tinggi.

Raspberry Pi Foundation merupakan yayasan nirlaba yang pertama kali mengembangkan produk ini. Tujuan awal diproduksinya Raspberry pi adalah untuk digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak di seluruh dunia untuk belajar pemrograman digital.

Perbedaan Spesifikasi Raspberry PI

Saat ini ada beberapa model raspberry pi yang sudah di produksi dan di jual dipasaran, beberapa model tersebut antara lain adalah Raspberry pi 3 model B, pi 2 model B, Pi Zero, Pi Zero W dan Pi 1 Model B+ dan Model A+.

Berikut Ini Table Spesifikasi Perbedaan Tiap Model Raspberry Pi

Product SoC Speed RAM USB Ports Ethernet Wireless  /Bluetooth
Raspberry Pi Model A+ BCM2835 700Mhz 512MB 1 No No
Raspberry Pi Model B+ BCM2835 700Mhz 512MB 4 Yes No
Raspberry Pi 2 Model B BCM2836 or BCM2837 900Mhz 1GB 4 Yes No
Raspberry Pi 3 Model B BCM2837 1200Mhz 1GB 4 Yes Yes
Raspberry Pi Zero BCM2835 1000Mhz 512MB 1 No No
Raspberry Pi Zero W BCM2835 1000Mhz 512MB 1 No Yes

Keterangan

  • Raspberry Pi Model A+ adalah varian model termurah dari Pi Raspberry. Model ini memiliki RAM 512MB (per Agustus 2016: model sebelumnya memiliki 256MB), satu port USB, 40 pin GPIO, dan tidak ada port Ethernet. Pi Model B+ adalah revisi akhir dari Raspberry Pi asli. Ini memiliki RAM 512MB, empat port USB, 40 pin GPIO dan port Ethernet.
  • Raspberry Pi 2 Model B, generasi kedua dari Raspberry Pi. Model Pi 2 berbagi banyak spesifikasi dengan Pi 1 B +, dan awalnya menggunakan CPU quad-core ARM Cortex-A7 900MHz dan memiliki RAM 1GB. Beberapa versi terbaru dari Pi 2 (v1.2) sekarang menggunakan CPU ARM Cortex-A53 900Mhz.
  • Raspberry Pi 3 Model B diluncurkan pada bulan Februari 2016. Menggunakan CPU Mid-core 64MHz quad-core ARM Cortex-A53, memiliki RAM 1GB, LAN nirkabel 802.11n terpadu, dan Bluetooth 4.1. Pi 3 Model B ini adalah model yang kami rekomendasikan untuk digunakan di sekolah atau mahasiswa karena fleksibilitasnya bagi pelajar.
  • Pi Zero dan Pi Zero W berukuran setengah dari Model A +, dengan CPU single-core 1Ghz, RAM 512MB, port mini-HDMI, USB On-The-Go dan konektor kamera. Tipe ini juga telah mengintegrasikan LAN nirkabel 802.11n dan Bluetooth 4.1.

Untuk informasi lebih lengkap tentang spesifikasi raspberry pi, Anda bisa di lihat disini -> https://www.raspberrypi.org/help/faqs/, Atau Anda juga dapat melihat video review raspberry pi 3 model B dibawah ini.

Hal Yang dapat Dilakukan Dengan RaspBerry Pi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, awalnya raspberry pi memang dibuat sebagai produk untuk kegiatan edukasi. Namun dengan melihat fitur yang dimiliki dan juga hardware yang terus di upgrade dan di kembangkan membuat alat ini bisa digunakan banyak hal. Beberapa diantaranya bisa digunakan sebagai komputer desktop mini, file server, download server, access point, server dns, multimedia player, home automation dan lain sebagainya. Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat disini -> https://sentrabisnis.id/t/7-hal-yang-dapat-anda-lakukan-dengan-raspberry-pi/29

Baca jugaMemilih Generator Genset Yang Terbaik Untuk Pabrik Atau Toko Anda

Selain itu, raspberry pi juga bisa digunakan sebagai core untuk pembuatan alat – alat canggih. Seperti pembuatan robot, alat pengontrol peralatan rumah dan berbagai alat modern lainnya.

penggunaan raspberry pi
image source : hcr-tech.com

Saat ini juga terdapat banyak aksesoris raspberry pi serta modul tambahan yang dijual dan dikembangkan untuk mendukung berbagai kebutuhan penggunaan pada raspberry pi.

Di Mana Dapat Membeli Raspberry Pi?

Anda dapat membeli Raspberry Pi dari distributor utama perusahaan tersebut, salah satu distributor utamanya adalah Element14. Distributor tersebut menjual hampir di seluruh dunia. Saat ini di Indonesia sudah banyak yang menjual produk tersebut. Akan tetapi biasanya bukan di jual langsung oleh distributor resminya, melainkan sudah tangan kedua atau ketiga dari distributor. Karena hal itu membuat harganya akan lebih mahal dibanding harga aslinya.

Bagi pelanggan di Indonesia kini tidak perlu khawatir dengan harga raspberry pi yang mahal. Hal ini karena saat ini distributor raspberry pi, yaitu  element14 bekerjasama dengan Ralali menjual produk Raspberry pi di Indonesia. Tentu harga disini lebih murah dibandingkan di toko retail. Untuk membelinya, Anda bisa langsung kunjungi dengan klik image dibawah ini.harga grosir raspberry piKesimpulan dari Raspberry pi adalah sebuah alat yang awalnya dibuat untuk mendukung dan mempermudah seseorang dalam mempelajari pemrograman. Tapi bisa diliat dari spesifikasi tentang perbedaan produk versi lama dengan versi baru yang cukup signifikan, saat ini penggunaan perangkat tersebut berubah fungsi menjadi sebuah computer mini yang dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk melakukan banyak hal.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjawab pertanyaan apa itu raspberry pi dan perbedaan spesifikasi antara model lama dengan model baru. Jangan lupa baca artikel menarik lainnnya hanya di news.ralali.com.

Anda mungkin juga berminat Yang lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.