5 Alasan Kenapa Orang Indonesia Masih Takut Dalam Memulai Bisnis

0

Agar menjadi negara yang maju, Indonesia harus mencetak 1,7 juta entrepreneur baru. Berbagai program telah dijalankan oleh pemerintah untuk mencapai angka tersebut. Salah satunya dengan mengadakan program Gerakan Kewirausahaan Nasional yang berisi kegiatan seminar, pelatihan hingga pinjaman tanpa bunga.

Namun dari sisi penduduk, ternyata di Indonesia masih banyak orang yang takut untuk memulai bisnis. Ralali.com merangkum 5 alasan kenapa orang Indonesia masih takut dalam memulai bisnis.

1. Takut Dengan Ketidakpastian

Dunia bisnis memang dikenal dengan banyak hal yang tidak pasti, bagi mereka yang ingin memulai bisnis, sebelum membayangkan indahnya sukses, mereka sudah banyak membayangkan tentang bangkrut, minim profit atau memikirkan sulitnya dalam pemasaran produk.

2. Bingung Harus Mulai Dari Mana

Merasa minim ilmu pengetahuan dalam bisnis dan juga tidak ada orang yang memberikan arahan, akhirnya mereka beralasan bingung harus memulai bisnis dari mana. Padahal saat ini informasi seputar bisnis telah bertebaran di mana-mana termasuk di Ralali.com

Baca juga : Mulai Usaha dengan Membeli Produk dengan Harga Grosir atau Langsung dari Pabrik

3. Ragu dengan Kemampuan Diri Sendiri – Merasa Malu Jika Gagal

Banyak orang yang masih tidak percaya kalau dirinya memiliki kemampuan lebih, dengan merasa banyaknya kekurangan yang mereka miliki akhirnya mereka merasa tidak mampu dan tidak percaya diri untuk memulai usaha sendiri dan takut akan gagal.

Kegagalan awalnya memang memalukan. Tapi, kegagalan itu bisa mendorong Anda belajar lebih banyak lagi untuk menjadi lebih baik.

4. Tidak Mau Keluar dari Zona Nyaman

Banyak orang Indonesia yang merasa sudah cukup dengan apa yang mereka miliki dan mereka dapatkan saat ini. Hingga akhirnya ketika diberikan peluang untuk menjadi seorang pengusaha, mereka merasa menjadi pengusaha akan menjadikan hidupnya tidak stabil, waktu yang mereka miliki akan banyak terkuras dan uang yang mereka dapatkan tidak jelas.

5. Tidak Memiliki Modal & waktu yang cukup

Ini adalah salah satu alasan yang paling banyak diungkapkan setiap orang yang ingin memulai bisnis.

Banyak cara agar modal yang Anda miliki bisa dijadikan sebuah bisnis baik dengan mencari bisnis yang cocok dengan modal yang dimiliki ataupun dengan menambahkan modal dengan cara bekerja sama dengan partner Anda.

Pengusaha yang sudah sukses juga memiliki waktu yang sama, 24 jam dalam 1 hari. Perbedannya terletak pada pemanfaatan waktunya.

Umumnya penduduk Indonesia banyak menghabiskan waktu untuk sesuatu yang tidak produktif. Tiap beberapa menit sekali dapat dipastikan untuk mengecek akun sosial medianya. Padahal, waktu luang yang ada, bisa dimanfaatkan untuk merintis usaha sampingan, yang kelak bisa berkembang menjadi bisnis besar diiringi dengan ketekunan serta keyakinan.

Anda mungkin juga berminat Yang lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.