Berita Terbaru
Home » Peluang Usaha » Mulai Usaha dengan Membeli Produk Harga Grosir/Distributor Atau dari Pabrik

Mulai Usaha dengan Membeli Produk Harga Grosir/Distributor Atau dari Pabrik

Memulai suatu usaha itu tidaklah mudah. Anda mungkin telah berangan-angan untuk memiliki bisnis Anda sendiri, yang terutama berupa produk yang menjadi hobi maupun kesukaan Anda. Tapi sudahkah Anda mempertimbangkan apa saja yang bakal Anda perlukan ketika membuka usaha sendiri? Ini bukanlah sesuatu yang mudah, dan Anda yang tak siap akan dengan mudah kehilangan arah, dan bahkan tak tahu cara memulainya.

Jika Anda memang hendak memulai usaha Anda sendiri, maka hal yang harus Anda perhatikan adalah:

  • Apa produk yang akan Anda jual atau tawarkan? Apakah Anda akan menjual jasa atau barang? Apakah Anda akan menjual segalanya ala toko kelontong? Atau spesifik?
  • Sudahkah Anda memiliki rencana bisnis untuk memulainya? Bagaimana strategi Anda mendapatkan modal, dari mana Anda bisa mendapatkan stok barang, dan bagaimana situasi pasarnya?
  • Siapa yang akan menjadi sasaran demographic Anda?
  • Berapa modal yang Anda miliki sekarang ini? Sudahkah cukup untuk memulainya?
  • Di mana dan bagaimana Anda akan memulai usaha Anda tersebut?
  • Dari mana Anda bisa mendapatkan suplay barang Anda tersebut? Apakah Anda akan membuatnya sendiri?

Mengenai pertanyaan terakhir tersebut, Anda benar-benar harus mempertimbangkannya. Terkadang, banyak calon pengusaha sudah memiliki rencana usaha rumahan yang menjanjikan ini cukup lengkap, dengan modal dan juga sistem yang sudah terencana, tapi mereka tak memikirkan dari mana nantinya suplay barang akan datang. Padahal, jika tak ada barang, bagaimana Anda bisa melakukan transaksi bisnis? Ini yang harus dipertimbangkan dengan matang.

Akan sangat mahal jika Anda pada akhirnya harus membeli barang dari toko atau retail, dan akan merugikan Anda sendiri. Jika Anda akan memulai bisnis, maka Anda sebaiknya mulai mencari tempat dari pusat grosir, atau dari pabrik sendiri. Perhatikan ini:

  • Cara termudah mendapatkan suplay adalah dengan membeli di pusat grosir. Anda akan mendapatkan harga grosir yang jauh lebih murah, dan pusat grosir sangat gampang ditemukan di mana-mana.
  • Anda bisa langsung menghubungi distributor spesifik dari produk yang Anda akan jual. Ini terutama sangat berguna jika Anda tak menemukan pabriknya atau merk barang yang Anda jual tersebut tak dijual di Indonesia. Harga distributor tak kalah murah dengan harga di pusat grosir.
  • Namun jika Anda bisa menemukan produsen langsung atau pabrik dari barang yang Anda inginkan, maka Anda akan mendapatkan harga pabrik yang notabene paling murah di antara semua harga stok lainnya karena Anda tak menggunakan perantara.

Tentu saja, bukan soal yang mudah untuk membeli barang dari tempat-tempat seperti ini. Makanya, Anda bisa melakukan ini dulu:

  • Lakukan survei di pusat grosir sehingga Anda tahu mana yang menawarkan barang dengan harga murah dan juga berkualitas, serta memiliki suplay yang bisa diandalkan.
  • Jika Anda memilih distributor, pastikan bahwa Anda memilih distributor resmi. Cari daftar distributor dari pusat, dan hubungi yang terdekat dengan tempat Anda.
  • Banyak pabrik memiliki jalur khusus bagi mereka yang tertarik untuk menjadi agen maupun menjadi reseller Carilah informasi tersebut.

Beberapa ide membuka usaha grosir :

Dengan melakukan langkah di atas, Anda memastikan bahwa Anda memiliki produk yang sudah siap untuk dijual. Ini akan memudahkan Anda juga untuk mempromosikan produk, karena Anda bisa memperlihatkan produk sebagai sampel, dan kemudian mempersilahkan calon pembeli untuk memeriksanya sendiri. Memastikan Anda memiliki stok produk juga membuat Anda lebih mudah memenuhi orderan.

Pilih Barangmu dan Beli Secara Grosir di Ralali.com

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published. Wajib diisi *

*