Usaha Rumahan yang Lagi Trend 2024 Nanti! Cocok untuk Anda!

8

Saat ini, banyak cara dalam punya usaha, termasuk di rumah. Bahkan, lewat scrolling internet saja, Anda bisa tau usaha rumahan yang lagi trend. Maka dari itu, menjadi orang tua yang berada di rumah, ataupun ibu rumah tangga hingga memutuskan berhenti berkarir bukan berarti kesempatan mendapatkan uang tambahan hilang. 

Kini, banyak usaha rumahan atau bisnis rumahan yang bisa dikerjakan oleh ibu rumah tangga, kepala rumah tangga atau kalangan mahasiswa yang butuh pekerjaan sampingan tanpa mengganggu aktivitas utamanya. Artinya, bisnis rumahan ini waktunya bisa diatur sesuai keinginan. Mengenai hal tersebut, akan kami sajikan usaha rumahan yang lagi trend sehingga dapat menjadi referensi bagi Anda. Juga, yang utama kami sajikan adalah usaha rumahan yang menjanjikan, bukan yang lagi trend di satu waktu saja.

Beberapa Trend Usaha Rumahan yang Layak Dicoba!

usaha rumahan yang lagi trend

1. Bisnis Kosmetik

Saat ini, bisnis kosmetik seperti menjadi trend baru. Namun, yang paling mudah dilakukan untuk dimanfaatkan peluang bisnisnya oleh kalangan ibu rumah tangga dan mahasiswa adalah bisnis kosmetik dengan sistem MLM. Jika dulu dalam menjaring konsumen serta anggota baru harus door to door, kini cukup dengan cara online di internet saja. Jika serius menekuninya, usaha rumahan yang lagi trend ini pasti punya potensi agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

2. Usaha Kuliner

Usaha rumahan yang lagi trend, tetapi tidak pernah mati adalah bisnis di bidang kuliner, baik itu untuk makanan maupun minuman. Manfaatkan keterampilan memasak yang dimiliki dan lakukan strategi pemasaran dari yang paling mudah dan terpercaya dulu yaitu dari mulut ke mulut. Misalnya, coba bawa kue hasil buatan kita pada acara keluarga, arisan bersama teman, pengajian ibu-ibu sekomplek, atau saat mengantar anak ke sekolah. 

Cara promosinya, kita bisa menawarkan secara gratis dulu untuk mencicipi, tetapi kita selipkan kata-kata promosi seperti ‘jika ada yang berminat dengan kue ini bisa menghubungi saya, saya menerima pesanan’. Bisa juga dengan menitipkan makanan buatan kita ke warung-warung atau kantin di sekolah anak atau sekolah yang dekat dengan rumah. Tidak ketinggalan, Anda bisa juga melakukan bisnis online untuk makanan yang bisa dikirim dengan jarak jauh, ataupun makanan yang hanya bisa dikirim jarak dekat dengan system pengiriman khusus. Anda bisa memasukkannya ke dalam e-commerce, seperti Shopee dan Tokopedia. Saat ini, sangat banyak ide usaha rumahan yang lagi booming bila Anda mau explore lebih dan menonton referensinya di Youtube.

3. Bisnis Souvenir 

Souvenir adalah usaha rumahan yang menjanjikan untuk Anda yang punya waktu luang banyak. Beberapa target market yang bisa anda bidik adalah membuat souvenir pernikahan, souvenir sunat, souvenir bulan madu, souvenir ucapan selamat seperti memberikan rangkaian bunga, atau bisa berupa kue. Lagi-lagi, selain bisnis ini adalah usaha rumahan yang lagi trend, bisnis seperti ini adalah tipe yang selalu dapat Anda perjuangkan, terlebih saat ini sudah dibantu dengan e-commerce yang bermacam-macam. Bahkan, sosial media, seperti Instagram dan Tiktok saja bisa dapat Anda jadikan ladang penjualan.

4. Bisnis Kerajinan Tangan

Hampir sama dengan bisnis makanan, bisnis kerajinan tangan juga menjadi bisnis sampingan yang peluang suksesnya besar sekalipun sifatnya rumahan. Bisnis ini juga berasal pada kemahiran kita dalam membuat sebuah produk bernilai jual tinggi yang berbeda dengan yang sudah sudah ada di pasaran selama ini. 

Namun, dalam pembuatannya, bagi yang kurang mahir pun sebetulnya bisa menggunakan jasa atau tenaga orang lain, tapi tentu butuh modal untuk biaya pembuatannya tersebut. Contoh bisnis yang sifatnya handmade antara lain souvenir, pakaian, tas, sepatu, atau perhiasan yang bahan bakunya jarang atau dibuat khusus, demikian juga dengan model atau desainnya. Semakin eksklusif produknya, semakin mahal juga harganya.

5. Bisnis Fashion

Berbicara soal pakaian, bagi yang memiliki kemampuan merancang atau menjahit, bisnis di bidang fashion ini bisa menjadi bisnis menjanjikan. Selain menjual jasa pada orang sekitar, jasa ini bisa dipromosikan lebih luas secara online. Bisnis fashion merupakan usaha yang lagi dan paling ngetrend di luar negeri seperti eropa.

Selain itu, bisnis fashion juga bisa dibilang sebagai usaha rumahan yang lagi trend karena bentuknya bisa berupa yang lain, artinya Anda bisa bertindak sebagai reseller suatu toko, dengan menjualnya di harga yang lebih mahal, di platform lain. Anda bisa mendapatkan komisi tambahan yang sangat lumayan.

6. Trading atau Investasi Saham

Saat ini, saham menjadi investasi yang digandrungi semua kalangan, dari yang berkeluarga hingga anak-anak muda. Itu pula menandakan orang saat ini lebih peduli akan keuangan dan investasi saham menjadi peluang yang menarik. Bagi yang mengerti soal saham, menggeluti bisnis jual beli saham juga bisa menjadi salah satu pengisi kegiatan di rumah yang menghasilkan banyak uang. Tanpa harus pergi ke kantor manapun, kondisi pasar saham tersebut hanya perlu dipantau dari depan layar laptop atau smartphone saja. Penghasilan pun secara otomatis akan masuk ke dalam rekening.

Kesimpulan

Semua yang kami rekomendasikan di atas sangat bersahabat dengan para ibu rumah tangga atau mahasiswa, makanya layak disebut sebagai usaha rumahan yang lagi trend. Usaha ini juga diyakini akan terus relevan buat tahun 2024, maupun sebagai usaha yang lagi trend 2022 juga hingga 2023 akhir ini. Nahh, dalam menggelutinya, Anda hanya perlu niat dan kemauan untuk belajar. Tentunya, baik apapun yang lagi trend, akan percuma bila Anda tidak konsisten dalam berusaha.

Di samping itu, semua bentuk usaha tadi tidak akan menyita waktu seperti halnya bekerja kantoran yang pagi-pagi harus berangkat dan baru pulang sore atau malam hari. Bisnis tersebut bisa dilakukan saat anak dan suami sudah berangkat ke sekolah dan tempat kerja, di sela waktu luang yang terbilang panjang sambil menunggu mereka pulang. Bagi mahasiswa, bisnis ini bisa dijalankan saat pulang kuliah. Daripada waktu luang tersebut dihabiskan dengan nonton tv atau jalan-jalan ke mall yang menghabiskan uang, lebih baik gunakan untuk menghasilkan uang. Oke, mungkin sekian dari admin, cek tulisan kita lainnya bila Anda penasaran dan mau tau soal insight lainnya!

Peluang Bisnis Bersama Ralali.com

Nah, mungkin kita sudah bicara soal usaha rumahan nihh, tapi ada juga usaha yang lagi trend, khususnya makanan. Apa itu min? Nihh coba deh produk Kokikit sebagai instant rice yang menggunakan Food Technology, dan dapat memberikan kustomisasi pada menunya. Tertarik buat lihat produknya? Langsung aja chat kontak ataupun sosmednya di Instagram Kokikit. Okee mungkin itu ajaa, semisal kalian mau lihat usaha sampingan, coba cek di bawah deh👇

Masih Bingung Memulai Usaha Sampingan?

Konsultasikan gratis bersama Ralali.com, masukkan email anda di bawah, kami akan memberikan solusi secara personal peluang usaha apa yang cocok dengan Anda.

Artikel Peluang Usaha Lainnya:

  1. Peluang Usaha dengan Modal Kecil Yang Cukup Menjanjikan
  2. Peluang Usaha Grosir Baju Murah
  3. Usaha Sampingan Mahasiswa

Ralali Business Solution

90%
Awesome
  • Design
Anda mungkin juga berminat
8 Komen
  1. Fitria Arya Dewi berkata

    Ingin buka usaha rumahan…tapi masih bingung harus mulai dari mana…mohon bantuannya yaa

    Tq…

  2. gadis berkata

    Bisnis kuliner masih banyak diminati, memang selain bisa dikerjakan dirumah. Selain orang masih butuh makan / cemilan / masih haus, bisa jadi peluang nih.

  3. Hani berkata

    Ingin memulai usaha rumahan, tp masih bingung… Mohon bantuan nya. Makasih

    1. Rizky Hidayat berkata

      Hy Bu Hani,

      Anda bisa membaca-baca artikel di sini (news.ralali.com) ya, banyak referensi untuk bisnis dan usaha rumahan yang bisa dijadikan peluang anda dirumah. Atau jika bingung, bisa konsultasikan di form atas ya 🙂

  4. doni simutorang berkata

    Saya kebetulan baru memulai bisnis kerajinan tangan (homemade) di kalimantan. Apakah produk saya bisa promosikan di sini?

    1. Muamar Angga berkata

      Tentu saja bisa mas, nanti team kami akan infokan ke email mas untuk step by stepnya.

  5. Ajeng berkata

    Wah kesempatan bagus nih ada konsultasi gratis. Kebetulan saya sudah membuka usaha kuliner tapi masih butuh pencerahan lagi. Mohon bimbingannya. terima kasih

  6. novrizal berkata

    Ingin membuka sampingan dirumah apa ya yg kira2 yg cocok

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.