Rekomendasi Franchise Makanan Terlaris 2024 yang Potensial untuk Anda!

0

Usaha atau bisnis makanan memang salah satu prospek bisnis yang sangat menjanjikan untuk dijalankan oleh banyak orang. Kebanyakan orang memang setuju dengan hal ini dan akhirnya memulai bisnis makanan. Saat memulai bisnis makanan, setiap orang punya cara berbisnis mereka masing-masing. Ada yang memulai dagangan sendiri, meracik, hingga memproduksi sendiri. Ada pula yang membuka franchise dari satu restoran yang terkenal, dan dipatenkan hingga menjadi punya orang tersebut saat franchise resmi dibeli. Itulah yang dinamakan franchise makanan. Lalu, apa harus franchise makanan terlaris yang layak untuk dibuka? Apa dari situ akan mendapat meraup keuntungan yang lebih? Nah itulah serba serbi franchise makanan yang akan kita bahas secara detail pada tulisan di bawah ini. Yuk simak bersama-sama!

franchise makanan terlaris
imagesource : 1851franchise

Franchise makanan memang banyak yang menjadi salah satu incaran banyak orang yang ingin bekerjasama atau berkemitraan karena memang terdengar sangat menjanjikan. Sebabnya, mau bagaimanapun juga, makanan adalah kebutuhan primer bagi semua orang, sehingga peluang cukup luas untuk area bisnis franchise makanan ini. Nah, dalam melihat area ini, Anda perlu paham terlebih dahulu, seperti apa model franchisenya sehingga nantinya Anda menjadi tau, daftar franchise makanan apa saja yang cocok untuk dibisniskan. Maka dari itu, tulisan ini cocok untuk Anda yang ingin membuka franchise makanan yang menjanjikan secara prospek pendek, ataupun berkepanjangan.

Mengapa Bisnis Franchise Makanan Bisa Jadi Peluang Menjanjikan?

Memulai sebuah usaha kuliner dari nol bukanlah perkara yang mudah. Dibutuhkan banyak persiapan matang mulai dari menciptakan brand, menyusun resep andalan, menentukan suplai bahan baku, memilih lokasi strategis, membangun sistem operasional, hingga menyusun strategi pemasaran yang efektif. Semua itu memakan waktu, tenaga, dan biaya yang cukup besar bagi pengusaha pemula.

Nah, dengan bergabung ke dalam jaringan bisnis waralaba, dan memahami daftar franchise makanan, Anda akan terbebas dari semua persiapan rumit dan melelahkan tersebut. Pasalnya, pengusaha franchise makanan sudah menyediakan konsep bisnis jadi yang tinggal dijalankan saja. Nah, untuk melihat konsep bisnis yang tinggal janji, Anda perlu memahami franchise makanan terlaris untuk saat ini yang juga akan kami rekomendasikan kepada Anda nanti.

Keuntungan Membuka Franchise Makanan

Dibandingkan dengan membuka sendiri, mengetahui daftar franchise makanan yang bisa dibisniskan adalah salah satu peluang yang menjanjikan. Ada banyak keuntungan dalam membuka franchise makanan yang perlu Anda ketahui sebelum Anda membelinya.

Berikut ini adalah keuntungan yang jelas dalam membuka franchise makanan:

1. Model Bisnis yang Terbukti

Jika Anda memutuskan untuk terjun ke industri restoran, kemungkinan besar Anda akan melakukan banyak penelitian untuk melihat apa yang ditawarkan pasar dan bagaimana Anda bisa masuk ke dalam skema berbagai hal.

2. Merek yang Terkenal

Sebagai pengunjung, Anda tentunya selalu kembali ke restoran yang Anda kenal dan percayai. Bahkan jika Anda belum mengalami lokasi tertentu, Anda tahu apa yang diharapkan jika itu adalah bagian dari franchise. Dari pengalaman tersebut saja, Anda bisa tahu jika terdapat franchise makanan terlaris yang Anda percayai ini, telah memiliki merek yang sudah terkenal dan kuat. 

3. Mulai dengan Mudah

Langkah-langkah memformulasikan rencana Anda, mengamankan dana, dan menyatukan semuanya adalah dasar dari permulaan bisnis apa pun. Dengan waralaba, proses startup telah diasah dengan baik dari waktu ke waktu, dan Anda akan dapat menikmati dukungan dari tim ahli di belakang Anda di setiap langkah.

4. Adanya Pelatihan

Salah satu keuntungan terbesar dari franchise di industri restoran adalah manfaat dari jaringan pelatihan dan dukungan yang mapan. Franchise dibuat sukses dengan metodologi yang telah terbukti, yang dapat direplikasi dan dibagikan untuk mempertahankan rasa kontinuitas di antara semua lokasi.

5. Dukungan Marketing, termasuk secara Digital Marketing

Keuntungan lain dari franchise datang dalam bentuk tim profesional yang tujuannya adalah untuk melihat Anda sukses. Waralaba mempromosikan merek mereka, dan pada gilirannya, bisnis Anda, melalui kampanye iklan yang luas melalui iklan online, televisi, radio, dan platform lain yang sangat terlihat.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuka Franchise Makanan

Membuka franchise makanan memang bukan hal yang mudah. Itu karena tentunya Anda memiliki banyak kompetitor yang mungkin membuat Anda kesulitan dalam mendapatkan keuntungan. Maka dari itu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membuka franchise makanan.

Hal-hal tersebut di antaranya adalah:

1. Reputasi merek 

Reputasi dapat menjadi pertimbangan dalam memilih franchise makanan merk apapun itu. Perhatikan juga bahwa konsumen yang lebih memilih produk incaran Anda dari pada produk pesaing.

2. Cara Berbisnis 

Cara bisnis yang dimiliki dari sebuah franchise makanan harus menjadi pertimbangan Anda. Contohnya, satu target restoran Anda cenderung memainkan diskon untuk menarik pelanggan, nah Anda harus cermati, apakah langkah bisnis seperti ini cocok untuk Anda, sehingga itulah mengapa Anda harus paham soal daftar franchise makanan yang potensial, dan cocokkan dengan bisnis Anda. Tips ini sangat penting untuk Anda cermati. Namun yang pasti, carilah calon franchise dengan serba kemudahan untuk dilakukan karyawan, strategi marketing juga dalam melakukan promosi di media sosial 

3. Hitungan Biaya Keseluruhan

Biaya fee menjadi pertimbangan dalam memilih franchise, jikalau dihitung dengan BEP karenanya modal yang dikeluarkan akan kembali sebelum kontrak habis, pembagian royalti terang yaitu 5% dari omset perbulannya.

4. Dukungan Franchisor atau Pemilik Bisnis

Dukungan dari owner bisnisnya langsung dapat menjadi pertimbangan dalam memilih franchise. Anda harus bisa menemukan franchisor yang siap memberikan dukungan penuh, dengan membantu mempersiapkan tempat usaha, penyediaan bahan baku dan training karyawan yang dilakukan.

5. Perhatikan Resiko Kegagalan

Saat Anda memilih daftar franchise makanan yang sudah Anda targetkan, cari kemungkinan atau resiko yang Anda. Mungkin franchise yang Anda lihat adalah franchise makanan terlaris di suatu waktu, tetapi apakah hal tersebut akan menjamin? Apakah punya keuntungan yang jangka panjang? Jika dinilai memang ramai, itu bukanlah suatu patokan, sehingga Anda harus tetap ragu dan kritis akan franchise yang Anda pilih.

Setelah Anda memahami hal yang perlu diperhatikan dan keuntungannya, ini saatnya Anda paham soal tips dan daftar franchise makanan yang mungkin bisa jadi rekomendasi untuk saat ini.

Tips Memilih Franchise Makanan

Sebenarnya, memilih franchise makanan memang menjadi salah satu kegiatan yang terkadang memusingkan. Anda takut tidak laku dengan bisnis Anda, Anda takut akan persyaratan pembagian hasil yang ribet, dan masih banyak lagi. Bahkan, meskipun sudah disebut sebagai franchise makanan terlaris, Anda tetap skeptis mengenai keuntungan dan kegagalannya.

Namun, jika Anda pintar memilih franchise makanan, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang jelas. Jadi, pahami terlebih dahulu tips memilih franchise makanan yang benar sebelum Anda membeli franchise makanan.

1. Bisnis yang Memiliki Izin

Bisnis produk untuk konsumsi tubuh seperti makanan dan minuman haruslah mempunyai standar keamanan yang terang dan terpercaya agar terhindar dari potensi yang mengganggu kesehatan dan merugikan konsumen. Sekiranya produk franchise makanan atau minuman yang ingin Anda miliki tak mempunyai izin keamanan resmi dari BPOM, Depkes, atau MUI karenanya dapat saja dikemudian hari Anda menerima tuntutan secara hukum atas produk yang kurang pantas untuk dikonsumsi.

2. Pilih Franchise Makanan yang Potensial

Ada bagusnya saat memilih sebuah produk franchise makanan, Anda mengamati nama atau brand yang punya potensi, ataupun sudah terkenal hingga banyak diketahui oleh masyarakat. Dengan memilih brand potensial, akan ada banyak masyarakat yang beratensi untuk membeli produk makanan atau minuman tersebut karena merasa telah sungguh-sungguh terkenal. 

3. Franchise Makanan yang Kredibel

Elemen secara khusus dalam memilih bisnis franchise merupakan mengenai kredibilitas produk dan perusahaan. Pastikan Anda memilih bekerja sama dengan produk yang telah jelas secara kualitas dan mempunyai kredibilitas yang bagus. Kredibilitas yang bagus dapat diperhatikan dari laporan keuangan perusahaan tersebut.

Daftar Franchise Makanan Terlaris yang Potensial untuk Anda Miliki!

Sudah tahu apa saja keuntungan dan bagaimana berbagai tips dalam membeli franchise makanan? Oke, sekarang Anda jika masih belum tahu apa saja franchise makanan terlaris yang potensial di Indonesia pada tahun 2022 kemarin. Setelah Anda paham soal daftar tahun 2022 ini, akan kami sajikan daftar franchise makanan yang ramai di tahun 2024, dengan deskripsi lengkap. Makanya, simak hingga selesai yaa!

  1. Stick Kebab
  2. Mie Gacoan 
  3. Rocket Chicken 
  4. Sabana
  5. Mr. John Singapore
  6. Shizuka Takoyaki
  7. Ngikan Yuk
  8. PopChick Chicken
  9. Grobbak Korea 
  10. Dokar (Donat Bakar)

Rekomendasi Franchise Makanan di Tahun 2024!

Baik, berikut ini adalah daftar franchise makanan yang berpotensi menjanjikan untuk dijalankan di tahun 2024 beserta alasannya:

1. Es Krim Walls

Walls adalah brand es krim papan atas yang sudah sangat dikenal masyarakat Indonesia. Dengan bergabung franchise Walls, Anda sudah diuntungkan dengan brand awareness yang tinggi. Selain itu, es krim adalah makanan yang digemari segala usia. Outlet Walls bisa dibuka di mall atau kawasan ramai agar ramai pengunjung.

2. Chatime

Minuman bubble tea akan terus naik daun di kalangan anak muda. Chatime sebagai pioneer bubble tea di Indonesia masih menjadi market leader. Dengan berbagai varian rasa unik serta topping kaya, outlet Chatime selalu ramai pengunjung terutama sore hari. Lokasi strategis dekat kampus atau keramaian remaja sangat cocok untuk dibuka.

usaha rumahan yang lagi trend

3. Kopi Kenangan ataupun Janji Jiwa

Kopi Kenangan atau Janji Jiwa adalah konsep kopi premium, tetapi mampu masuk ke banyak kalangan masyarakat. Kopi Kenangan ataupun Janji Jiwa ini menawarkan menu makanan dan minuman berkualitas tinggi juga merchandise menarik. Sasarannya adalah kalangan mahasiswa, ataupun pegawasiyang hobi nongkrong murah dengan tetap merasakan nikmat kopinya.

4. Martabak Pecenongan 78

Martabak manis selalu menjadi camilan laris di malam hari. Dengan berbagai varian rasa dan topping, Martabak Pecenongan 78 bisa jadi pilihan franchise martabak manis yang menjanjikan. Outlet ini bisa dibuka di lokasi keramaian atau dekat kampus. Pecenongan akan terus naik karena punya varian dan inovasi menarik, seperti topping melimpah yang dipromosikan lewat for your page Tiktok ataupun Reels Instagram.

usaha rumahan yang lagi trend

5. Bakmie GM

Bakmie GM adalah franchise mie ayam yang sudah punya banyak cabang di Indonesia. Menu andalannya adalah mie ayam dan bakmi dengan rasa khas GM yang sudah terkenal. Cocok dibuka di lokasi strategis dekat perkantoran atau sekolah.

6. Mixue

Mixue adalah konsep minuman boba asal China yang tengah naik daun di Indonesia beberapa tahun terakhir. Mixue menyajikan boba dengan kualitas premium, mulai dari bahan-bahan pilihan hingga cara pembuatan yang Halal dan higienis. Dengan cita rasa otentik ala Taiwan dan menu inovatif, Mixue menjadi incaran pecinta boba.

7. Mie Gacoan

Mie gacoan khas Malang ini sudah melegenda di Indonesia. Mie gacoan terkenal dengan tekstur mienya yang bervariasi, dengan pangsit dan bumbuan yang banyak, tetapi punya harga sangat terjangkau! Franchise Mie Gacoan bisa sukses karena masyarakat Indonesia sangat menyukai mie dengan harga terjangkau. Lokasinya pun fleksibel, yang penting punya lahan parkir yang luas. 

Nah, itulah beberapa rekomendasi franchise makanan dan minuman yang prospektif dijalankan tahun 2024 nanti karena konsepnya masih digandrungi masyarakat luas. Brandnya juga sudah dikenal dengan reputasi baik sehingga menjanjikan keuntungan jika dikelola dengan benar.

usaha rumahan yang lagi trend

Kesimpulan

Itulah semua bagian mengenai franchise makanan yang dapat Anda coba. Di samping itu, franchise makanan terlaris belum tentu memberikan cuan yang besar kepada Anda. Maka dari itu, Anda tetap harus mengetahui secara detail brand yang Anda targetkan. Memang, sudah kami sajikan daftar franchise makanan secara lengkap, tetapi Anda tetap harus mensortir lagi, apakah memang model bisnisnya cocok untuk Anda, atau justru malah jauh dari konsep bisnis yang tergambarkan di kepala Anda. Okey mungkin itu saja dari admin. Sebelum selesai, nih admin mau kasih tau sesuatuu.

Mungkin dari segala franchise makanan, ada yang lebih menarik, yaitu instant rice dari kristal yang menggunakan Food Technology. Apa ini? Serius nasinya nasi kristal? Okee, daripada kalian kebingungan, coba deh cek website Kokikit.com. Kokikit saat ini tidak hanya menghadirkan menu Ready to Eat Meals, tetapi segala makanan dapat dikustomisasi, dengan hasil dari inovasi teknologi pangan dan koki professional. Ini bahkan lebih dari sebuah franchise! Daripada terlarut dalam penasaran, langsung aja cek dan hubungi kontaknya. Dapat juga Anda langsung direct message di Instagram Kokikit

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.