Belajar Cara Kerja Multimeter Digital

0

Belajar Cara Kerja Multimeter Digital, kita akan membahas bagaimana alat digital ini bekerja mulai dari awal hingga paham. pertama ketahuilah apa itu Multimeter ( AVO meter ) dan bagaimana menggunakan | multimeter digital adalah instrumen instrumen / Ukur digunakan untuk mengukur arus listrik ( ampere ) , hambatan listrik ( Ohm ) dan tegangan listrlk ( volt ) . Instrumen yang biasa kita kenal sebagai AVOM ( Ampere / Volt / Ohm meter )

Ada dua type kategori multimeter digital :

  • Digital Multimeter / DMM ( digital multimeter ) Zoom dengan tampilan numerik , dan menjalani hasil pengukuran yang lebih akurat , Hasil pengukuran yang ditunjukkan oleh jarum meter analog untuk membaca hasil pengukuran harus pointer pintar .
  • Kedua kategori di atas multimeter fungsi dan bagaimana menggunakannya bersama-sama , masing-masing dapat mengukur AC atau daya DC .

Belajar Cara Kerja Multimeter Digital dan Penggunaannya

AVO Meter dan bagian-bagiannya

Tester / AVO Meter memiliki dua pencolok kabel / kawat , setiap peneliti merah dan hitam . Untuk fungsi , avometer membutuhkan sumber daya baterai. Disimpan untuk waktu yang lama , baterai harus dihapus .

Konsesi yang avometer bagian berikut :

Switch berkisar : kisaran switch digunakan untuk memilih jenis skala yang akan diukur ( Amps , Volt dan Ohm ) dan beralih rentang juga menunjukkan batas-batas skala pengukuran .

Screw ZERO control : Untuk mengatur posisi jarum , sebelum pengukuran , jarum harus menunjukkan tepat angka NOL , ZERO control , jika tidak sekrup ini diputar diatur ulang .

Peneliti kabel yang digunakan untuk menghubungkan objek yang akan diukur . Kabel RED PLUS diinstal pada lubang dan dipasang pada kabel hitam atau lubang KURANG UMUM .

Multimeter / AVO meter harus digunakan dengan benar , yang sangat diperlukan dan selalu diperhatikan adalah pemilihan yang tepat saklar seri / pemilihan objek yang akan diukur . Kesalahan dapat menyebabkan kerusakan pada seleksi berkisar avometer seperti interval pengukuran tegangan posisi OHM , maka konsekuensinya akan berakibat fatal dapat menyebabkan kerusakan AVO meter . Jika kuantitas yang diukur tidak dapat diperkirakan sebelumnya , harus dibiasakan pilih rentang / skala yang lebih tinggi . Setiap sepenuhnya , interval set akrab di OFF posisi atau tingkat tertinggi VDC .

MENGUKUR KEKUATAN / RESISTANCE

Putar saklar ke posisi OHM berkisar ( misalnya x1 , x10 atau X1K ) , maka kalibrasi menggunakan ujung kabel merah dan hitam menghubungi penyidik ​​dan dibuat jelas ( jarum menunjuk nol ) oleh ulir putar dan putar juga nol penyesuaian kenop ke nol .

Multimeter dan bagaimana menggunakannya

Cara Mengukur Resistor

Cara Mengukur resistansi dapat dilihat pada foto di atas . Hasil dari pengukuran , misalnya, jika jarum pada angka 4,5 ohm , kita beralih diposisikan pada x10 rentang dalam hasil pengukuran adalah 4,5 x10 = 45 Ohm resistor untuk memiliki hambatan ukuran 45 Ohm .

Mengukur tegangan DC Menggunakan Multimeter Digital

Perkirakan tegangan yang akan diukur , menempatkan rentang breaker pada skala yang lebih besar . peneliti merah pada positif dan hitam pada hal yang negatif .

Multimeter dan bagaimana menggunakannya

Cara mengukur tegangan DC

Hasil pengukuran akan ditampilkan oleh jarum ( analog ) dan angka, jika Anda menggunakan AVOMeter digital . Unit ini adalah Volt DC

Mengukur tegangan AC

Sebagai VDC ukuran , memperkirakan tegangan yang akan diukur , ditempatkan pada skala yang pergi tinggi jika tidak diketahui interval pasang di posisi skala maksimum agar AVOMeter tidak rusak . AVOMeter pada umumnya dapat mengukur hanya arus sinusoidal dengan frekuensi antara 30 kHz Hz30 . Hasil pengukuran tegangan efektif ( Vrms ) . Hasil pengukuran akan ditampilkan secara langsung jarum ( analog ) dan angka, jika Anda menggunakan AVOMeter digital . Unit ini adalah Volt AC

CARA MENGUKUR FLOW ( LANGSUNG )

  • Rangkaian yang akan diukur telah memutuskan pada suatu titik , dan titik yang hilang melalui kedua arus dilewatkan melalui avometer , semua biaya sebelumnya Elco didischarge .
  • Tentang Multimeter dan bagaimana menggunakannya
  • Bagaimana mengukur arus listrik
  • Hasil pengukuran akan ditampilkan secara langsung jarum ( analog ) dan angka, jika Anda menggunakan AVOMeter digital . Unit adalah Ampere .

CARA UNTUK MENGENDALIKAN kapasitor

Didischarge sebelumnya mengisi kapasitor . Posisi saklar bervariasi OHM , pasta penyidik ​​tiang merah dan NEGATIF ​​POSITIF hitam . Ketika jarum menyimpang ke kanan dan kemudian secara bertahap kembali ke KIRI , kondensor berarti baik . Jika jarum tidak bergerak , kapasitor ketika jarum pecah dan terjebak ke kanan dan belakang , kemungkinan kebocoran refrigeran .

Cara Uji Capacitor

Batasi skala Pemilihan pengukuran untuk nilai di atas 1 X 1000uF Elko , X -10 untuk nilai – 1000uF 100uF atas Elko , Elko X 100 untuk nilai 10uF – 100uF dan X 1K untuk nilai-nilai di bawah 10uF Elko .

Cara tes diode dengan Multimeter Digital

Dengan OHM pergi k x1 atau x100 penyidik ​​red ditempelkan pada katoda ( ada tanda gelang ) dan hitam pada anoda , jarum harus di sebelah kanan . Panyidik ​​belakang merah dan hitam ke katoda , jarum saat tidak bergerak . Jika demikian baik.Cara dioda rata-rata dalam keadaan seperti itu juga dapat digunakan untuk menentukan di mana anoda dan katoda dari dioda mana gelang dihapus .

Multimeter dan bagaimana menggunakannya

Sekian ulasan mengenai Belajar Cara Kerja Multimeter Digital, info mengenai spesifikasi dan harga Multimeter Digital dapat anda lihat dan review di sini Multimeter Digital. Dapatkan info menarik lainnya dengan mensubscribe email anda di ralali.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.