Inilah Usaha Sampingan Mahasiswa Yang Ingin Memiliki Uang Tambahan

2
usaha sampingan mahasiswa
Usaha Sampingan Mahasiswa

Tugas wajib seorang mahasiswa adalah belajar, datang ke kampus, dan mengerjakan tugas. Sangat membosankan melakukan hal yang itu-itu saja. Lumayan kalau ada kegiatan organisasi di kampus yang mengharuskan Anda sebagai mahasiswa untuk aktif di dalamnya, jadi bisa mengurangi kegabutan di rumah atau kos-kosan deh. Kalau tidak ada? Bagaimana dong? Speechless! Namun pernahkah Anda berpikir untuk mengisi waktu senggang yang Anda miliki untuk melakukan sesuatu yang menghasilkan uang? mungkin dengan cara bekerja part time atau bisa juga dengan usaha sampingan.

Manfaat Usaha Sampingan Bagi Mahasiswa

Usaha sampingan mahasiswa pada saat kuliah menjadi hal yang menguntungkan bagi para mahasiswa, selain bisa mendapatkan uang saku tambahan, hal ini juga bisa Anda jadikan sebagai pengalaman berharga sebagai bekal awal sebelum lulus kuliah nanti.

Saat ini banyak kita temui mahasiswa yang sudah mulai merintis usaha sendiri agar bisa membiayai hidup sendiri dan mandiri baik dari segi jasmani maupun finansial. Tidak melulu minta ke orang tua saja tapi juga berusaha untuk menghasilkannya sendiri dengan kemampuan dan talenta yang dimiliki, bahkan kebiasaan merintis usaha sejak mahasiswa, banyak sekali perusahaan perusahaan besar saat ini yang berawal dari perusahaan kecil yang dirintis pemiliknya sejak Ia menempuh pendidikan sebagai mahasiswa.

Selain dapat bermanfaat untuk menghasilkan uang tambahan dan juga pengalaman yang dapat berguna untuk membangun usaha sendiri, usaha sampingan juga bermanfaat memberikan pengalaman untuk bekerja setelah lulus kuliah. Karena saat lulus kuliah, IPK yang tinggi bukanlah menjadi jaminan bahwa Anda akan cepat mendapatkan pekerjaan dan Anda akan mudah diterima di perusahaan.

Faktanya perusahaan tidak melulu mencari orang yang berprestasi dalam bidang pendidikan, tapi perusahaan juga mencari orang yang berpotensi dan memiliki skill khusus untuk mengembangkan perusahaan tersebut. Akan tetapi, jangan karena alasan di atas Anda jadi bermalas-malasan belajar atau bahkan tidak belajar sama sekali. Keduanya harus bisa berjalan beriringan, prestasi oke skill pun oke!

Bagi para mahasiswa yang saat ini ingin memiliki usaha sampingan, pilihlah jenis usaha yang santai, tidak menguras waktu, pikiran, dan tentunya tidak mengganggu jam kuliah Anda. Usaha apa sajakah itu?

5 Usaha Sampingan Mahasiswa

1. Bisnis Online

bisnis onlineBagi para mahasiswa pasti sudah tidak asing lagi dengan bisnis yang satu ini. Karena memang bisnis inilah yang menjadi primadona dan sangat banyak dijadikan para mahasiswa untuk mengisi waktu senggangnya terutama mahasiswa wanita.

Jenis pekerjaan ini mudah, dan bisa dilakukan dimana saja. Tidak menguras banyak waktu dan pikiran juga. Anda bisa melakukan pekerjaan ini sambil tiduran bahkan makan. Bisnis ini tidak boleh dianggap remeh.

Apabila bisnis ini berkembang, hasilnya bisa melebihi gaji PNS per bulannya loh! Bagi Kamu para mahasiswa yang ingin memulai usaha sampingan, mungkin kamu bisa mencari produk di toko yang menjual produk secara grosir, karena harganya yang lebih murah dan kita bisa menjualnya satuan dan bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Anda juga dapat menemukan produk grosiran di Ralali, karena terdapat banyak produk yang di jual secara grosir dan tentunya dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli secara satuan.

Baca juga : BNI Mobile Banking Untuk Pembayaran Belanja Online

2. Fotografi

bisnis fotografiAnda punya atau memiliki kamera bagus, canggih yang sudah terdapat fitur dengan kemampuan foto mumpuni dan suka jepret sana sini? Maka fotografi bisa menjadi sebuah usaha sampingan yang bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu senggang kuliah.

Tawarkan jasa yang Anda miliki kepada teman, keluarga atau siapapun yang Anda kenal. Bisa juga mendaftarkan diri pada jasa pemotretan seperti jasa fotografer pra wedding, album kenangan sekolah, ulang tahun, atau sebagainya. Hasil jepretan bagus Anda nantinya bisa saja dilirik oleh fotografer profesional dan Anda bisa dipekerjakan disana. WOW! (mimpi jadi kenyataan).

3. Jualan Barang Bekas

usaha sampingan jualan barang bekasDaripada membuang baju bekas yang Anda miliki, lebih baik Anda menjualnya kembali! Hasil yang diperoleh dari jualan baju bekas ini lumayan juga loh untuk menambah uang sakumu.

Seperti jasa makelar pada umumnya, Anda dituntut untuk pandai berbicara dan pintar untuk merayu para konsumen agar barang bekas Anda cepat laku. Jenis usaha ini hanya iseng saja sebenarnya dan jangan terlalu didalami kecuali Anda sudah lulus dan bukan berstatus mahasiswa lagi.

4. Pulsa Isi Ulang

usaha sampingan jual pulsaUsaha sampingan yang satu ini bisa dibilang yang paling mudah untuk dilakukan, karena waktu yang dibutuhkan bisa tidak terlalu banyak.

Selain itu usaha pulsa isi ulang tidak terlalu membutuhkan modal yang banyak dan juga jualannya tidak terlalu sulit, karena bisa mulai menjual pulsa ketemen ketemen kita, sanak saudara ataupun tetangga.

5. Menjadi Blogger

usaha sampingan jadi blogger

Ini adalah jenis usaha sampingan bagi para mahasiswa yang hobi menulis dan hobi untuk membagikan informasi apapun yang ia peroleh baik itu informasi tentang makanan, olahraga, traveling, gaya hidup, maupun fashion.

Usaha ini sangatlah menggiurkan karena penghasilan yang bisa diperoleh tidak terbatas bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta per bulannya. Hati-hati ya untuk mahasiswa, jangan karena keasyikan jadi blogger Anda jadi malas dan akhirnya putus kuliah!

Baca juga : 3 Jenis Usaha Kecil Menengah yang Menjanjikan

Usaha Sampingan Apa yang Anda Pilih?

Masing masing usaha diatas memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, dan setiap orang biasanya memiliki kecocokkan dalam membuat usaha.

Jadi akan lebih baik memilih usaha yang memang disukai dan memiliki passion dalam melakukannya, jangan sampai usaha tersebut justru membuat Anda stress dan akhirnya membuat kuliah Anda juga ikut terganggu.

Itulah sedikit ulasan mengenai usaha sampingan mahasiswa, semoga artikel ini dapat membantu Anda para mahasiswa yang sedang atau ingin mencari penghasilan tambahan untuk biaya kuliah.

Bagaimana, Apa kalian tertarik untuk mencobanya? kira kira dari 5 usaha diatas, usaha apa yang Anda ingin pilih? yuk share usaha yang Anda pilih dengan memberikan komentar di bawah ini.

Peluang Bisnis Bersama Ralali.com

Jika anda merasa beberapa model peluang usaha di atas masih terlalu mainstream atau terlalu umum, Ralali.com mengajak anda semua untuk memulai usaha sekarang juga. Caranya dengan menjadi reseller atau menjual ulang produk-produk kami yang sedang dipromosikan. Berikut beberapa produk yang sedang kami promosikan sekarang.

Program Big Sale, Beli produk apapun dapat diskon 4%, caranya tinggal masukkan kode SEMUACAT.

Masih Bingung memulai usaha sampingan ?

Konsultasikan gratis bersama Ralali.com, masukkan email anda di bawah, kami akan memberikan solusi secara personal peluang usaha apa yang cocok dengan Anda.

Selamat mencoba!

Anda mungkin juga berminat Yang lainnya dari penulis

2 Komen

  1. RBB berkata

    Jualan pulsa, tiket, dan jadi agen pembayaran bisa jadi bisnis yang asik dijalankan mahasiswa. Bisa langsung jalan tanpa persiapan sekalipun hasilnya juga bisa langsung dinikmati.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.