5 Usaha Rumahan yang Lagi Trend! Bisa untuk Ibu Rumah Tangga!

4

Kalo berbicara soal peluang usaha, sangat banyak peluang usaha yang bisa Anda maksimalkan. Terlebih lagi, jika Anda berada pada situasi Work From Home (WFH), ataupun saat menjadi ibu rumah tangga. Hal itu karena selalu ada aja peluang usaha rumahan yang lagi trend, sehingga Anda dapat membangun usaha di rumah. 

Sebagai catatan, menjadi ibu rumah tangga, apalagi jadi wanita karir memang bukan hal yang mudah. Oleh karena itu, tidak sedikit yang memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya ketika memasuki dunia rumah tangga. Tujuannya, agar keluarga khususnya ketika sudah punya anak bisa terurus segala sesuatunya, dari pagi sampai pagi lagi. Maka dari itu, banyak dari mereka memilih untuk mem-branding diri dengan mempunyai usaha ibu rumah tangga sendiri. Usaha dari rumah itulah yang sering disebut sebagai usaha sampingan di rumah modal kecil. Dengan modal kecil, Anda tidak saja melihat ini sebagai usaha sampingan, tetapi berpotensi jadi besar seiring kreativitas dan visi mereka dalam melihat peluang bisnis dari rumah.

Namun, keputusan tersebut kadang-kadang membuat ibu rumah tangga tersebut ragu dalam mengambil keputusannya. Hal ini dikarenakan kebutuhan ekonomi yang semakin hari semakin meningkat. Diperlukan usaha lain untuk membantu penghasilan suami agar semua kebutuhan keluarga terpenuhi. Dan, agar tidak perlu berkarir secara penuh agar keluarga tetap terurus, bagi ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan tersebut bisa mencoba berbagai peluang usaha rumahan yang lagi trend.

Kapan Ibu Rumah Tangga Bisa Mengisi Waktunya?

Tidak sedikit ibu rumah tangga yang mencari usaha dari rumah yang lagi trend dan bisa dijalankan. Akhirnya, mereka dapat sukses menjalankan usaha di rumah tersebut. Sifat bisnis yang fleksibel, juga tidak menyita waktu bisa dijalankan setelah selesai mengurus kebutuhan suami dan anak-anak. Contohnya, saat menunggu jam makan siang atau sebelum menjemput anak sekolah atau saat sore hari setelah selesai menyiapkan makan malam dan menanti suami pulang kantor. Tentunya, mengisi waktu tersebut dengan melakukan usaha ibu rumah tangga akan lebih bermanfaat dan menguntungkan dibanding hanya dengan duduk di depan tv menonton sinetron.

Rekomendasi usaha rumahan yang lagi trend untuk Ibu Rumah Tangga

Berikut beberapa pilihan usaha di rumah yang dapat Anda lakukan sebagai ibu rumah tangga. Di samping itu, Anda disarankan mencoba usaha sampingan di rumah modal kecil, yang bisa lebih banyak memberi keuntungan untuk Anda.

1. Bisnis Online (Fashion dan Makanan)

Dunia digital yang saat ini telah terus berkembang dan mampu mendukung lahirnya berbagai cara mencari uang yang kreatif, tetapi dari rumah. Dan hal tersebut termasuk bisa dijalankan sebagai usaha ibu rumah tangga, yaitu bisnis online online. Beberapa jenis produk dalam bisnis online tersebut yang paling digemari dan tidak pernah surut peminatnya adalah bisnis di bidang fashion dan makanan. Selain karena diminati, kedua bisnis tersebut juga dekat sekali dengan dunia perempuan dan menjadi hobbinya.

usaha rumahan yang lagi trend
pexels.com | RDNE Stock project

Baca: Usaha Sampingan untuk Mahasiswa

Bagi yang ingin mencoba bisnis online kedua bidang tersebut, juga dipermudah dengan adanya sistem reseller dan dropshipper. Dengan memilih sistem tersebut, ibu-ibu tidak perlu memiliki produk jualannya sendiri, melainkan menjual produk orang lain tapi menggunakan nama toko sendiri dan menentukan harga sendiri. Sistem jualan online tersebut modalnya terbilang kecil bahkan bisa dilakukan tanpa modal. Anda hanya perlu kuota internet dan promosi dengan rajin di setiap waktu luangnya dengan strategi online marketing yang tepat.

2. Freelance Menulis

Menulis memang menjadi salah satu hobi yang bisa menghasilkan uang banyak. Menulis juga bukan hanya menulis novel, tetapi Anda sebagai ibu-ibu dapat menulis apapun, sebagai freelance untuk perusahaan yang membutuhkan jasa lepas. Ini adalah skill yang dapat Anda pelajari, dan harus tekun untuk menjalaninya. Inilah mengapa freelance tergolong sebagai usaha rumahan yang lagi trend. Hal itu karena benar-benar praktis bagi ibu rumah tangga yang ingin mengisi waktu senggangnya sebagai penulis lepas di semua area internet. Kebutuhan akan konten website saat ini dengan artikel yang bisa meningkatkan kunjungan ke website sangat dibutuhkan. Tidak heran jika jasa penulisan banyak dicari. Satu artikel pun akan dihargai dengan sangat tinggi, apalagi jika Anda fasih dalam menulis artikel berbahasa inggris, tidak hanya menulis konten untuk website dalam negeri saja tapi bisa juga untuk website luar negeri.

usaha rumahan yang lagi trend
pxhere.com

Untuk menemukan itu, Anda dapat menelusuri bisnis dari rumah ini, dengan meng-explore berbagai aplikasi untuk pekerjaan freelance, seperti Fiverr, Upwork, Trello, PeoplePerHour, Kwork, dan lainnya. Ada pula aplikasi untuk para freelance Indonesia, yang meliputi NusaTalent, Sampingan, Sejasa, dan masih banyak lainnya. Tidak usah dipungkiri lagi, pekerjaan ini adalah usaha rumahan yang lagi trend. Malahan bukan trend lagi, tapi akan terus sustain hingga beberapa tahun kedepannya karena kebutuhannya naik terus!

Baca: Usaha Rumahan yang Sedang ngetrend 

3. Penerjemah

Kemampuan berbahasa asing memang menguntungkan, dan dengan kemampuan tersebut Anda bisa menjadi penerjemah, baik itu penerjemah karya tulis, buku, atau jurnal-jurnal yang banyak digunakan dalam bidang keilmuan. Mereka yang sedang melakukan penelitian biasanya mencari jasa ini. Kebutuhan akan penerjemah akan terus naik, terlebih saat ini penerjemah bahasa mandarin menjadi salah satu yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Banyak dari mereka yang tidak ingin mengontrak karyawan penerjemah, tetapi lebih memilih mencari pekerja lepas secara per proyek saja.

usaha rumahan yang lagi trend
commons.wikimedia.org

Nah, agar lebih mudah ditemukan oleh mereka yang sedang mencari jasa penerjemah tersebut, Anda bisa memasang jasa yang Anda tawarkan tersebut secara online. Selain mencoba menghasilkan uang tambahan, dengan usaha ibu rumah tangga ini, Anda para ibu-ibu dapat meningkatkan skill diri, dan mengamalkan ilmu sehingga kemampuan berbahasa yang selama ini dipelajari bisa diterapkan dan tidak terlupakan. Akan tetapi, minusnya adalah Anda harus niat dalam belajar bahasa asing, dan banyak waktu luang yang bisa dimanfaatkan agar bisa menjadi penerjemah. Jika Anda merupakan orang yang niat belajar dan konsisten, Anda dapat memulai bisnis dari rumah ini dari sekarang!

Terkait: 1000 Aneka Peluang Usaha Rumahan Yang Menjanjikan

4. Membuka Coffee Shop Kecil

Beberapa usaha di rumah yang bisa dimulai adalah usaha kafe, dengan modal membuka kafe kecil-kecilan di depan rumah anda sudah bisa memulai usaha kafe ini tanpa merogoh kocek besar. Misalnya, Anda dapat menyediakan halaman rumah Anda sebagai kafe yang homey dan mendesainnya sesuai tren saat ini. Membuka usaha dari rumah seperti ini, Anda akan merogoh kocek yang cukup, terlebih jika Anda perlu modal untuk alat pembuat kopi, ataupun alat masak lainnya. Yang pasti coffee shop di rumah, dengan konsep tiny klasik kafe, telah menjadi usaha rumahan yang lagi trend sehingga dapat dicoba oleh para ibu rumah tangga.

usaha rumahan yang lagi trend
pexels.com | Karolina Grabowska

5. Virtual Assistant

Nah, yang ini adalah usaha rumahan yang lagi trend, bahkan yang paling trend, karena memang sangat berpotensi untuk 10 hingga 20 tahun ke depan. Oleh karenanya, menjadi Virtual Assistant kini menjadi salah satu peluang usaha rumahan yang sangat menjanjikan. Pekerjaan sebagai Virtual Assistant cocok sebagai usaha sampingan bagi ibu rumah tangga yang ingin mendapat penghasilan tambahan dari rumah.

usaha rumahan yang lagi trend
outsourceworkers.com.au | Patina Photo

Virtual Assistant adalah asisten virtual yang membantu klien menyelesaikan berbagai pekerjaan administratif dan bisnis secara online. Tugas Virtual Assistant antara lain meliputi mengetik, mengedit dokumen, melakukan riset, mengelola media sosial, booking jadwal, mengatur email dan kalender, input data, desain grafis, dan masih banyak lagi. Keuntungan menjadi Virtual Assistant adalah dapat bekerja secara fleksibel dari rumah, mengatur sendiri jam kerja, dan mendapatkan penghasilan yang lumayan. Penghasilan Virtual Assistant rata-rata berkisar Rp3 juta hingga Rp10 juta per bulan. Bahkan penghasilan bisa lebih besar seiring meningkatnya kemampuan dan portofolio kerja.

Untuk menjadi Virtual Assistant tidak memerlukan modal besar, cukup menyiapkan laptop, koneksi internet, dan kemampuan bekerja secara profesional. Peluang untuk menjadi Virtual Assistant akan terus meningkat seiring perkembangan teknologi dan kebutuhan perusahaan akan tenaga kerja asisten virtual. Dengan promosi melalui media sosial seperti Instagram, Facebook atau website pribadi, Virtual Assistant dapat mencari banyak klien. Menjadi Virtual Assistant merupakan pilihan usaha rumahan yang tepat bagi ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan secara online.

Seberapa berpotensi menjadi Virtual Assistant?

Berbicara potensi, ini sangat direkomendasikan. Itu karena potensi AI ataupun kebutuhan untuk memenuhi syarat sebagai virtual assistant masih sangat dibutuhkan kedepannya. Sekali lagi, penggunaan AI akan jauh lebih membantu Anda yang masih sulit untuk mencari solusi apapun, terlebih saat bekerja sebagai virtual assistant. Luar biasa bukan? Mungkin inilah pekerjaan yang saat ini paling mimin rekomendasikan untuk sebagai usaha ibu rumah tangga karena sangat praktis. Jika Anda sudah pernah bekerja sebelumnya, mimin rasa akan lebih mudah untuk menyesuaikan flow nya. Nah, setelah ini, Anda perlu paham juga nih tips-tips agar usaha di rumah yang Anda jalani dapat dipermudah!

Tips untuk Menjalani Usaha Rumahan yang lagi trend!

Saat ini banyak sekali peluang usaha dari rumah yang bisa dijalankan dengan modal kecil oleh ibu rumah tangga. Berikut adalah beberapa tips agar usaha rumahan yang lagi trend dapat sukses:

1. Pilih produk yang sesuai passion 

Pilih usaha yang Anda sukai dan pahami dengan baik. Produknya bisa berupa makanan, minuman, kerajinan, pakaian, kosmetik, dan lainnya. Dengan menekuni bidang yang disukai, usaha akan terasa lebih menyenangkan.

2. Lakukan riset pasar

Riset pasar penting untuk memastikan produk yang akan dijual laku di pasaran. Cari tahu apa saja produk rumahan yang sedang laris manis. Selaraskan usaha dengan permintaan pasar.

3. Siapkan modal dan tempat usaha

Modal tidak harus besar untuk memulai usaha di rumah. Dengan itu, Anda harus anggarkan modal sesuai kemampuan. Tempat usaha juga bisa memanfaatkan sudut rumah yang ada.

4. Kelola media sosial dengan baik 

Media sosial seperti Instagram dan Facebook adalah tempat wajib untuk memasarkan produk. Optimalkan konten dan strategi promosi di media sosial. 

5. Kemasan produk yang menarik

Tampilan kemasan yang rapi dan menarik akan meningkatkan nilai jual produk. Desain kemasan sesuai dengan target pasar.

6. Tentukan harga jual terbaik

Harga jual ditentukan dengan mempertimbangkan modal produksi dan harga pasaran. Berikan harga terbaik tanpa mengurangi kualitas.

7. Berikan pelayanan terbaik pada pelanggan

Pelayanan yang ramah, cepat tanggap dan komunikatif sangat penting untuk memuaskan pelanggan. Berikan garansi dan layanan purna jual.

Dengan menerapkan strategi yang tepat, usaha rumahan yang sedang trend dapat berkembang pesat. Rajin berpromosi di media sosial juga akan memperluas jangkauan pemasaran produk rumahan.

Kesimpulan!

Dalam menjalani usaha rumahan yang lagi trend, Anda harus punya visi, seperti kebutuhan apa yang akan terus datang kedepannya nanti. Anda harus aware akan situasi, dan kesempatan yang dapat diambil. Segala bentuk usaha di rumah mungkin terlihat sederhana, yang padahal tidak dan membutuhkan ekstra usaha. Untuk menyulap itu sebagai usaha ibu rumah tangga, Anda bahkan tidak hanya perlu usaha, tetapi juga harus cekatan, cerdas, dan cepat untuk belajar. Dengan begitu, apapun usaha dari rumah yang Anda jalankan, dapat berhasil sesuai dengan harapan Anda! Mungkin itu dari mimin, sampai ketemu di artikel selanjutnya! Btw, admin ada info menarik selanjutnya nihh!

Usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga di desa

Bagi anda ibu rumah tangga yang ingin sukses namun berdomisili bukan di kota besar seperti di Jakarta, saat ini berada di desa, berikut beberapa contoh peluang usaha yang bisa anda mulai. Anda bisa mulai tanpa modal, atau dengan modal kecil dengan untung besar, sehingga anda tidak perlu mencari lowongan kerja sampingan lagi di kantor, mengingat faktor usia dan juga tenaga sangat berperan penting diterima di sebuah kantor atau perusahaan.

Souvenir Usaha Rumahan yang Menjanjikan Modal Di bawah 100 Ribu

Usaha Rumahan yang Sukses Modal Kecil Untung Besar Twin Tulipware

Terlihat Sepele, Usaha Sampingan Jual Makanan Keripik Justru Paling Menjanjikan

Ralali Food Program

Bergabunglah dengan Ralali Food Program untuk mengembangkan brand kuliner Anda. Manfaatkan solusi makanan siap saji inovatif, jangkauan distribusi luas, dan dukungan finansial tanpa modal awal. Tingkatkan pendapatan dan perluas pasar dengan dukungan penuh dari Ralali. Info lebih lengkap klik disini!


Anda mungkin juga berminat
4 Komen
  1. yeyen berkata

    sangat inspiratif kalo aku bilang, semua nya bisa dijadikan peluang untuk mencari duit. Apalagi buat ibu rumah tangga yang pengen nambah-nambahin uang dapur

  2. Samsu rizal berkata

    Bagaimana cara membeli minyak goreng yg murah,minta info alamatnys

  3. Putri Wulandari berkata

    Mungkin naluri seorang ibu yang suka memasak bisa membuka usaha catering dirumah. Thanks infonya min..

  4. Endang Mardi rahayu berkata

    Saya pingin catterring saya Bobby masak

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.