Ini cara Komunikasi Bisnis untuk Anda yang punya usaha!

0

Dalam menjalankan bisnis, memang tidak semudah membalikkan telapak tangan agar produk kita dapat dikenal oleh masyarakat luas. Sulit sekali bagi kita apabila kita belum punya kemampuan untuk paham apa yang dimau oleh market kita, dan apa value sebenarnya dari yang kita jual. Maka dari itu, Anda perlu paham mengenai komunikasi bisnis yang sangat penting untuk dijalani agar teknik penjualan Anda berhasil dan bisa dikenal. Untuk itulah, pengertian komunikasi bisnis menjadi salah satu materi yang harus kita paham, meskipun kita membangun usaha tanpa latar belakang bisnis, marketing, ekonomi, atau apapun itu. Tujuan komunikasi bisnis adalah sederhana, yaitu mengantarkan kita kepada value yang bisa kita tawarkan kepada orang lain, sehingga usaha atau bisnis kita dapat berjalan dan punya prospek yang bagus.

komunikasi bisnis adalah

Apa Itu Komunikasi Bisnis yang Perlu Anda Pahami?

Komunikasi bisnis adalah proses pertukaran informasi, ide, pemikiran, serta pemberian arti di antara para pelaku bisnis dalam satu perusahaan maupun antar perusahaan untuk mencapai tujuan bisnis tertentu. 

Komunikasi bisnis mencakup komunikasi internal antar karyawan, departemen, dan pimpinan perusahaan, serta komunikasi eksternal dengan klien, mitra bisnis, pemasok, investor, dan pemangku kepentingan lainnya. Tujuan komunikasi bisnis secara yang paling utama adalah memfasilitasi kelancaran operasional perusahaan, membangun relasi dan kolaborasi strategis dengan mitra bisnis, hingga meningkatkan omzet penjualan produk atau jasa perusahaan. Nah, dari pengertian komunikasi bisnis dan tujuan komunikasi bisnis, nih mimin bakal rinciin nih apa sih tujuan komunikasi bisnis ini untuk usaha Anda.

Tujuan Komunikasi Bisnis secara luas agar usaha Anda berkembang!

Inilah beberapa tujuan komunikasi bisnis yang penting dalam rangka mengembangkan usaha

1. Meningkatkan penjualan produk atau jasa

Komunikasi bisnis adalah suatu hal yang bisa dibangun secara efektif dengan melibatkan klien agar bisa berperan besar dalam membangun ketertarikan hingga meningkatkan keputusan pembelian dari calon pelanggan.

2. Membangun hubungan baik dengan mitra bisnis

Melalui komunikasi yang intensif dan berkualitas, hubungan antara perusahaan dengan vendor, supplier, investor maupun mitra kerja samanya akan semakin erat dan saling menguntungkan.

3. Menyampaikan informasi dengan cepat dan akurat

Komunikasi bisnis memastikan informasi penting seputar produk, promosi, kebijakan, maupun feedback dari klien tersalurkan dengan cepat dan akurat ke berbagai departemen terkait di perusahaan.

4. Pengembangan sumber daya manusia

Komunikasi internal yang baik antar atasan, bawahan maupun rekan sekerja sangat berperan dalam transfer knowledge dan meningkatkan keterampilan serta produktivitas SDM perusahaan.

Penerapan pengertian komunikasi bisnis yang secara efektif akan sangat mendukung kelancaran operasional dan pencapaian target bisnis perusahaan dalam jangka panjang. Setelah kita pahami pengertian komunikasi bisnis dan tujuan komunikasi bisnis tadi, saatnya kita tau soal penerapan komunikasi bisnis yang efektif untuk pengembangan usaha kita.

Contoh Penerapan Komunikasi Bisnis yang Efektif untuk usaha Anda

Berikut adalah beberapa contoh penerapan komunikasi bisnis yang efektif dalam rangka mengembangkan sebuah usaha:

1. Melakukan presentasi dan negosiasi yang baik dengan calon investor atau klien korporasi besar untuk mendapatkan pendanaan atau proyek bagi perusahaan.

2. Mengadakan konferensi pers atau press release untuk mengumumkan peluncuran produk terbaru pada publik dan media massa agar aware terhadap brand perusahaan. 

3. Aktif berinteraksi dan responsif dalam menanggapi pertanyaan calon konsumen di media sosial seperti Instagram, Twitter, Youtube maupun platform digital lainnya terkait produk dan layanan perusahaan.

4. Secara berkala mengadakan company gathering atau townhall meeting guna berbagi informasi penting ke seluruh lini organisasi serta memastikan semua tim memiliki visi dan strategi bisnis yang sama tentang perusahaan. Komunikasi bisnis adalah mengenai internal juga, jadi tidak hanya membangun ke eksternal, tetapi bagaimana dapat berjalan dengan flow yang baik

5. Mengikuti pameran dagang atau expo untuk menjalin hubungan baik dengan beragam mitra bisnis dan calon klien dari perusahaan lain yang relevan dengan bidang usaha yang digeluti.

Nah, dengan memahami pengertian komunikasi bisnis hingga bisa menerapkan strategi komunikasi bisnis seperti contoh di atas, proses pertumbuhan skala dan perluasan pangsa pasar sebuah perusahaan akan semakin mudah dan cepat. Terlebih, jika Anda punya tujuan komunikasi bisnis yang jelas agar Anda paham harus dibawa ke mana bisnis Anda. Lagi-lagi, Komunikasi bisnis adalah sesuatu yang dapat Anda explore secara luas

Kesimpulan

Demikianlah telah mimin sampaikan informasi singkat ini mengenai pengertian komunikasi bisnis dan juga tujuan komunikasi bisnis. Jika ditarik benang merah, komunikasi bisnis adalah hal dasar yang harus dipunyai oleh para pengusaha. Dengan ini, kalian jadi paham kan mengenai pentingnya pengembangan usaha dengan komunikasi bisnis? Oke, mungkin itu saja dari admin, sampai ketemu di tulisan selanjutnya!

Ralali Food Program

Bergabunglah dengan Ralali Food Program untuk mengembangkan brand kuliner Anda. Manfaatkan solusi makanan siap saji inovatif, jangkauan distribusi luas, dan dukungan finansial tanpa modal awal. Tingkatkan pendapatan dan perluas pasar dengan dukungan penuh dari Ralali.


Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.