Manfaat Pembayaran QRIS Untuk Bisnis UMKM Kecil!

0

Saat ini, kita mengetahui bahwa banyak sekali metode yang ditempuh untuk melakukan pembayaran. Akan tetapi, dahulu kita mengenal pembayaran lewat cash saja, atau via debit dan kredit yang biasa digunakan di supermarket. Benar, itu memang memudahkan kita, tetapi apakah kita akan stuck pada teknologi pembayaran seperti itu terus? Mimin rasa tidak, dan saat ini telah dikenal pembayaran QRIS, dengan cara melakukan scan barcode QRIS. Bagaimana sih penggunaannya? Dan mengapa sudah banyak saat ini bisnis paham cara menggunakan QRIS? Apa yang membuatnya unggul? Yuk simak sampai selesai agar Anda siap untuk menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran bisnis kecil Anda!

Apa QRIS Itu Sendiri yang belakangan ini sudah terkenal? Yuk Kupas juga mengenai sejarahnya!

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah program inovatif dari Bank Indonesia yang bertujuan mendorong terciptanya ekosistem pembayaran digital yang interoperabel (saling terhubung) antar penyedia jasa pembayaran di Indonesia. QRIS diluncurkan pertama kali pada Agustus 2019.

Sejarah lahirnya QRIS tak lepas dari kondisi ekosistem pembayaran digital di Indonesia yang masih terfragmentasi. Setiap penyedia jasa pembayaran seperti e-wallet dan perbankan memiliki platform sendiri-sendiri yang tidak terhubung satu dengan lainnya. Kondisi ini kurang mendukung pengadopsian transaksi digital oleh pelaku UMKM maupun masyarakat secara luas. Oleh karena itu, hadirlah barcode QRIS sebagai standar QR code pembayaran nasional yang diterbitkan Bank Indonesia. Hal inilah yang memungkinkan cara menggunakan QRIS dengan interkoneksi dan interoperabilitas sistem pembayaran antar penyedia jasa, sehingga masyarakat cukup menggunakan satu kode QR untuk bertransaksi ke sejumlah platform pembayaran digital.

Nah maka dari itu, dengan kehadiran QRIS, diharapkan dapat mendorong lonjakan transaksi cashless di UMKM dan bisnis kecil lainnya. Hal ini sejalan dengan upaya mendukung digitalisasi UMKM yang pada akhirnya diharapkan dapat turut mengangkat perekonomian bangsa nihh. Nah langsung aja nih, kita ke pembahasan soal manfaat pembayaran QRIS ini apa saja sih yang nantinya dapat meningkatkan digitalisasi UMKM? Jangan lupa, pastinya nanti mimin kasih tau deh cara menggunakan QRIS ini sesuai standar operasionalnya! Yuk simak sampai selesai yaa!

pembayaran QRIS
Uci Alrasyid | inews.id

Manfaat Pembayaran QRIS yang Menggunakan Barcode QRIS untuk UMKM kecil Anda Go Digital!

Terdapat beragam manfaat implementasi QRIS bagi kemajuan UMKM dan bisnis kecil di Indonesia, di antaranya:

1. Mempermudah transaksi cashless 

Pembeli cukup scan kode QR pedagang untuk langsung bertransaksi pembayaran. Sangat praktis dan efisien. Tidak perlu tunai dan kembalian.

2. Mengurangi biaya modal tunai

Dengan pembayaran cashless barcode QRIS, UMKM tidak perlu menyediakan cash dalam jumlah banyak di gerai. Cukup saldo digital di e-wallet atau rekening.

3. Memperluas akses pasar online

Produk UMKM bisa lebih dikenal khalayak lebih luas dengan promosi online. Adopsi cara menggunakan QRIS ini juga akan memudahkan transaksi penjualan daring.

4. Catat transaksi lebih rapi

Pembayaran QRIS mencatat semua detail transaksi secara digital. Memudahkan pembukuan dan pengelolaan keuangan UMKM.

5. Tingkatkan literasi keuangan digital

Implementasi QRIS mendorong UMKM mengadopsi teknologi digital untuk manajemen bisnis dan keuangan.

Dengan semakin banyaknya UMKM, terlebih UMKM kecil yang akan mengadopsi pembayaran QRIS, dipercaya dapat meningkatkan kemajuan sektor UMKM dan menciptakan ekosistem bisnis digital di Tanah Air.

Cara Menggunakan QRIS sebagai Metode Pembayaran UMKM Kecil Anda!

Agar UMKM dan bisnis kecil Anda bisa memanfaatkan pembayaran QRIS sesuai standar operasional yang benar, berikut langkah-langkah implementasinya yang harus Anda perhatikan nih:

1. Daftarkan usaha/bisnis ke penyedia layanan QRIS

Bisa bank, e-wallet, atau payment gateway tertentu untuk mendapatkan kode unik QRIS. Pastikan sudah integrasi sama banyak channel.

2. Tempatkan kode QR di tempat strategis

Misal dekat kasir atau meja kasir. Ini memudahkan pembeli saat scan. Jangan terhalang apapun.

3. Sosialisasikan QRIS ke pelanggan 

Edukasi cara scan dan bertransaksi QRIS. Beri stiker himbauan gunakan QRIS di pintu masuk atau etalase.

4. Pantau dashboard transaksi QRIS

Lakukan rekonsiliasi dan pembukuan atas semua transaksi masuk melalui QRIS. Pastikan tidak ada missing transaksi.

5. Berikan reward untuk dorong guna QRIS

Bisa berikan potongan harga atau cashback bagi pembeli yang bayar pakai QRIS. Mereka jadi tertarik terus scan barcode QRIS kita.

Itu dia langkah dari cara menggunakan QRIS yang benar buat UMKM agar transaksi makin gencar dan bisnis semakin naik kelas dengan digitalisasi pembayaran. Tingkatkan terus literasi akan teknologi finansial untuk optimalisasi bisnis Anda! Nah, sekarang, mimin bakal masuk ke bagian terakhir nih, yaitu gimana sih cara mendaftarkan pembayaran QRIS ini setelah kita paham soal apa itu barcode QRIS dan cara menggunakan QRIS tadi. Yaudah, langsung deh kita simak baik-baik yaa!

Cara Mendaftar Pembayaran QRIS untuk UMKM Kecil Anda agar bisa “Go Digital”

Untuk UMKM dan bisnis kecil yang selama ini belum terjamah layanan perbankan dan keuangan digital, mendaftarkan fasilitas pembayaran QRIS sebenarnya cukup mudah nih. Berikut caranya:

1. Datangi agen layanan QRIS terdekat

Saat ini banyak agen QRIS dari bank & fintech tertentu yang melayani langsung ke pelosok daerah. Anda hanya perlu mendatangi mereka dan akan langsung difasilitasi oleh mereka untuk registrasinya. Percayalah! Tahap ini mudah, dan hanya perlu niat untuk mendatangi agen pelayanannya yang bahkan nanti Anda juga bisa diajarkan mengenai cara menggunakan QRIS ini

2. Siapkan dokumen administrasi usaha 

Saat Anda ingin mendaftarkan dokumen administrasi usaha, pastikan dokumen Anda telah lengkap. Ini biasa dalam mendaftar keabsahan bisnis kita, meskipun dalam skala kecil. Nahh, biasanya dibutuhkan KTP pemilik & dokumen legalitas usaha seperti SIUP/TDP.

3. Ajukan permohonan registrasi QRIS

Untuk premohonan registrasi, tidak ada biaya registrasi QRIS yang merepotkan Anda. Mengingat, seringkali kita menghadapi birokrasi negara yang kerap menyulitkan kita. Akan tetapi, Bank Indonesia melalui ini memberikan kemudahan, yaitu dengan cukup mengisi formulir dan tunggu persetujuan.

4. Pasang kode QR unik di gerai usaha dan Nikmati Metode Pembayaran QRIS yang memudahkan ini

Anda dapat menempelkan barcode QRIS secara langsung di meja kasir atau area strategis supaya mudah discan pembeli.

Itu dia langkah termudah mendaftarkan fasilitas QRIS khusus UMKM & bisnis kecil guna mendorong transaksi digital. Dengan biaya 0 rupiah, pembayaran jadi lebih praktis lewat scan QRIS!

Kesimpulan!

Secara ringkas, dapat disimpulkan bahwa pembayaran QRIS memberikan banyak kemudahan dan manfaat bagi kemajuan UMKM serta bisnis kecil di Indonesia. Dengan mengadopsi QRIS sebagai metode pembayaran, UMKM dapat lebih mudah menerima pembayaran secara digital hanya melalui scan barcode QRIS. Transaksi menjadi lebih praktis, aman, dan tercatat rapi.

Implementasi QRIS juga sejalan dengan upaya mendorong digitalisasi UMKM agar go digital. Adopsi inovasi pembayaran QRIS seperti ini dipercaya dapat membawa dampak positif, seperti meningkatkan daya saing dan memperluas akses pasar UMKM.

Oleh karena itu, sudah saatnya UMKM mulai beralih dari pembayaran tunai ke pembayaran QRIS. Dengan berbagai kemudahan cara mendaftar dan cara menggunakan QRIS saat ini, semua pelaku UMKM wajib mengadopsi agar usahanya makin canggih dan turut mengakselerasi ekonomi digital Indonesia.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.