Cara Menggunakan Oscilloscope

0

cara menggunakan oscilloscope

Alat ukur Osiloskop / Oscilloscope adalah alat ukur elektronik yang dapat digunakan untuk mengukur frekuensi, periode dan juga melihat bentuk – bentuk gelombang seperti gelombang sinyal audio, sinyal video serta bentuk gelombang Tegangan Listrik pada Arus Bolak Balik, maupun Tegangan Listrik pada Arus Searah yang berasal dari catu daya atau baterai. Dengan sedikit melakukan pengaturan pada oscilloscope kita juga dapat mengetahui beda fasa antara sinyal masukan dan juga sinyal keluaran.  Saat ini banyak sekali produk osiloskop yang diproduksi oleh beraneka brand atau merk, tentunya Harga Osiloskop itu sendiri sangat bervariasi, tergantung dari merk, tipe serta kualitas  yang dimiliki oleh produk tersebut. jika Anda ingin membeli Oscilloscope. Ralali.com Jual Oscilloscope aneka merk dan tipe.

Bagian Bagian Osiloskop

Osiloskop sendiri terdiri dari 2 bagian, bagian tersebut yaitu Display dan Panel Control .

  1. Display,

Display pada Osiloskop memiliki tampilan layar seperti halnya layar televisi. Display pada Oscilloscope memiliki fungsi untuk menampilkan hasil pengukuran sinyal uji

  1. Panel Control

Panel control pada Osiloskop memiliki tombol – tombol yang dapat digunakan untuk pengaturan atau penyesuaian tampilan pada layar. Biasanya tombol – tombol yang terdapat pada panel control diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Focus, tombol ini digunakan untuk mengatur fokus.
  • Intensity, tombol ini digunakan untuk mengatur kecerahan garis yang ditampilkan oleh layar.
  • Trace Rotation, tombol ini digunakan untuk mengatur kemiringan pada garis sumbu Y = 0 yang ditampilkan pada layar.
  • Volt/Div, tombol ini untuk mengatur berapa nilai tegangan yang diwakili oleh satu div pada layar.
  • Time/Div, tombol ini untuk mengatur berapa nilai tegangan waktu yang diwakili oleh satu div pada layar.
  • Position, tombol ini untuk mengatur posisi normal sumbu X (Apabila sinyal masukannya ialah nol (0)).
  • AC / DC, untuk melakukan pengaturan pada fungsi kapasitor kopling pada terminal masukan osiloskop. Jika tombol berada pada posisi AC maka pada terminal masukan akan di beri kapasitor kopling, sehingga hanya akan melewatkan komponen AC dari sinyal masukan. Akan tetapi jika tombol diletakkan pada posisi DC, maka sinyal akan terukur dengan komponen DC nya ikut disertakan.
  • Ground, tombol ini untuk melihat letak posisi ground pada layar.
  • Channel 1/ 2 , tombol ini untuk memilih saluran atau kanal yang digunakan.

Pada umumnya osiloskop itu terdiri dari 2 kanal (Dual Trace) yang dapat digunakan untuk bisa melihat 2 sinyal yang berlainan, contohnya kanal 1 dipasang untuk dapat melihat sinyal masukan dan kanal 2 untuk dapat melihat sinyal keluaran.

Jenis Gelombang Osiloskop

Terdapat beberapa jenis gelombang osiloskop yang ditampilkan oleh layar monitor osiloskop. Gelombang – gelombang tersebut antara lain adalah sebagai berikut ini.

  1. Gelombang Segitiga

gelombang segitiga layat osiloskop

  1. Gelombang Sinusoida

gelomban-sinusoida-layar-osiloskop

  1. Gelombang Gigi Gergaji

gelombang gergaji layar osiloskop

Dua Tipe Osiloskop Menurut Prinsip Kerjanya

Terdapat dua tipe osiloskop menurut prinsip kerjanya, yaitu Oscilloscope Analog / ART (Analog Real Time Oscilloscope)dan juga Oscilloscope Digital / DSO (Digital Storage Oscilloscope).

  1. Osiloskop Analog (Analog Real Time oscilloscope)

Osiloskop analog ini memakai tegangan yang diukur untuk dapat menggerakkan berkas electron dalam tabung (CRT) sesuai dengan bentuk gambar yang diukur. Dan pada layar osiloskop akan langsung ditampilkan bentuk dari gelombang tersebut.

oscilloscope analog

Osiloskop analog memiliki beberapa keunggulan seperti, harganya yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan osiloskop digital, sifatnya yang realtime dan juga pengaturannya yang mudah untuk dilakukan, hal itu karena tidak adanya delay antara gelombang yang sedang ditampilkan pada di layar, serta mampu menampilkan bentuk yang lebih baik seperti yang diharapkan untuk dapat melihat gelombang – gelombang yang kompleks, contohnya sinyal video di TV serta sinyal RF yang telah dimodulasi amplitudo.

  1. Osiloskop Digital (Digital Storage Oscilloscope)

Osiloskop digital menampilkan bentuk gelombang yang telah diukur dan dengan memakai ADC (Analog to Digital Converter) untuk dapat mengubah besaran tegangan yang telah ditampilkan menjadi besaran digital.

oscilloscope digital

Osiloskop digital memberikan kemampuan yang ekstensif, kemudahan dalam pengukuran serta tugas – tugas akuisisi gelombangnya. Dengan kemampuan dalam penyimpanan gelombang, akan membantu para insinyur dan teknisi agar bisa menyimpan dan juga menganalisa aktivitas sinyal yang penting. Jika kemampuan teknik pemicuannya tinggi secara efisien bisa menemukan adanya keanehan atau sebuah kondisi – kondisi khusus dari gelombang yang sedang diukur.

Video berikut ini menunjukkan bagaimana cara menggunakan oscilloscope untuk mengukur frekuensi dan juga tegangan sinyal dari Sebuah sumber A / C.

Secara umum fungsi osiloskop ( Oscilloscope ) yaitu untuk menganalisa tingkah laku dari besaran yang berubah-ubah terhadap waktu. Dengan alat ukur Osiloskop ini kita dapat mengetahui : Berapa frekuensi, periode dan juga tegangan dari suatu sinyal elektronik. Mengukur besar dari tegangan listrik hubungan terhadap waktu. Mengukur frekuensi dari sinyal yang berosilasi. Mengecek jalannya sinyal pada sebuah rangkaian listrik. Membedakan antara arus AC dengan arus DC. Mengecek noise pada rangkaian listrik dan juga hubungannya terhadap waktu.

Dapatkan Aneka produk Oscilloscope dengan berbagai pilihan harga. Ralali.com jual Oscilloscope dari berbagai tipe dan merk untuk Anda yang sedang membutuhkan alat ukur Oscilloscope.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.