Raspberry Pi Mungkinkan Anda Untuk Nostalgia Dengan Game Retro yang Bisa Dibuat Sendiri

Ada lebih dari 60 konsol game yang bisa dijalankan secara emulasi dengan Raspberry Pi

0

Bagi Anda yang besar di era ’80-‘90an, kemungkinan besar akan cukup mengenal baik permainan sistem video game yang dikenal dengan nama-nama seperti Nintendo, GameBoy, Atari, hingga Sega. Nah bagaimana jika konsol permainan klasik itu bisa kembali Anda mainkan lewat cara yang sedikit modern? Buat Anda yang sudah tak sabar ingin segera bernostalgia, perangkat kecil bernama Raspberry Pi ternyata bisa wujudkan itu semua. Seperti apa ya?

Singkat mengenai Raspberry Pi, perangkat yang cuma seharga di bawah 500 ribuan rupiah ini merupakan sebuah perangkat komputer mini yang mampu dikreasikan ke berbagai hal yang membutuhkan komputasi ringan. Salah satu fungsi komputasi yang ditawarkan yakni emulasi, atau dalam bahasa sehari-hari, emulasi tak ubahnya seperti replika atau penyamaan fungsi yang sedemikian rupa. Sebagai emulator permainan, Raspberry Pi diklaim mampu menjalankan berbagai emulasi permainan klasik. Jumlahnya? Banyak!

RetroPie merupakan software utama yang menjalankan emulasi konsol game klasik ke dalam Raspberry Pi | Photo: retropie.org.uk

Situs panduan IT, LifeHacker menulis, setidaknya ada 61 konsol permainan klasik yang mampu di-emulasi dari sebuah Raspberry Pi! Sebut saja konsol populer seperti Nintendo Entertainment System (NES), seluruh lini GameBoy, Sega Dreamcast, Super Nintendo, Wii, hingga Sony Playstation 1 dan 2. Semua emulator ini dijalankan oleh satu perangkat lunak khusus Raspberry Pi yang dinamakan RetroPie. Canggih bukan?

Asyiknya lagi, untuk menjadikan Raspberry Pi sebagai otak dari puluhan konsol klasik tadi, Anda cuma butuh beberapa perangkat dan pengetahuan komputer yang tak begitu sulit. Pertama kali yang mesti Anda siapkan yakni sebuah Raspbery Pi (direkomendasikan Raspberry Pi 3 yang telah memiliki fungsi Wi-Fi dan Bluetooth), adaptor untuk kabel USB, Micro SD Card, dan sebuah komputer atau laptop dengan koneksi internet.

Pengaturannya diklaim tak sulit dan tak begitu membutuhkan skill IT yang advance | Photo: maketecheasier.com

Untuk pengaturan awal, Anda hanya perlu unduh file instalasi RetroPie, kemudian pindahkan file yang dibutuhkan tersebut ke dalam Micro SD yang sudah disematkan ke dalam Raspberry Pi Anda. Bagaimana untuk judul permainan yang ingin dimainkan? Sangat mudah, Anda bisa cari beragam judul permainan dalam format .ROM yang bisa dengan mudah ditemukan cukup dengan pencarian di Google. Untuk panduan selengkapnya Anda bisa mengunjungi halaman ini.

Konsol klasik buatan Anda sendiri siap dimainkan | Photo: Pinterest

Bagaimana sudah siap bernostalgia dengan konsol permainan masa kecil Anda? Pastikan dulu, Anda beli perangkat Raspberry Pi yang bisa Anda bawa pulang cukup dengan harga tak sampai 500 ribu rupiah – seperti yang ditawarkan di marketplace ini. Selamat bermain!

raspberry pi 3 model b

Feature image: pocket-lint.com

Anda mungkin juga berminat Yang lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.