Tingkatkan Keamanan Rumah Anda Secara Otomatis Dengan ‘Smart Home’ Ala Raspberry Pi

Mulai dari security camera hingga saklar lampu otomatis, Raspberry Pi jadikan rumah Anda 'Smart Home' yang aman dan nyaman

0

Di era teknologi maju seperti saat ini, produk teknologi dinilai mampu membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tak perlu membelinya, bahkan kini Anda bisa membuat produk teknologi sendiri. Seperti halnya untuk perangkat keamanan rumah berbasis teknologi, Anda cukup gunakan perangkat bernama Raspberry Pi yang siap ubah rumah Anda jadi rumah pintar (smart home), yang punya ragam fungsi pengamanan rumah secara otomatis.

Apa sih Raspberry Pi itu? Singkat cerita, Raspberry Pi merupakan sebuah perangkat elektronik berbentuk modul (chipset) yang bisa berfungsi layaknya komputer mini. Bentuknya sangat ringkas dan mungil, tak sampai segenggaman tangan orang dewasa. Meski begitu, perangkat ini kaya akan fungsi komputasi yang bisa di-customize ke berbagai macam fungsi lho. Salah satunya jadi berbagai macam perangkat smart home untuk keamanan rumah Anda. Apa saja ya?

Sensor pendeteksi gerak tak biasa

Photo: TechRadar

Ada gerakan tak biasa dari dalam rumah? Sensor Pi akan langsung mengirimkan notifikasi ke ponsel Anda. Kreasi ini juga bahkan bisa ditambahkan dengan alarm agar pencuri yang masuk lewat jendela rumah bisa langsung mengurungkan niatnya.

“CCTV” yang bisa dipantau secara live via ponsel

Photo: pimpmylifeup.com

Perangkat CCTV yang banyak beredar di pasaran jelas tak murah. Buat sendiri saja dengan Raspberry Pi. Dengan sedikit kreasi dan tentunya pengetahuan IT, Raspberry Pi bisa berfungsi menyajikan pantauan live stream kondisi rumah Anda langsung di ponsel. Untuk keamanan rumah, pasang “kamera buatan” ini di sudut-sudut yang dibutuhkan, dan Anda tak perlu khawatir lagi untuk meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.

Bel pintu pintar yang mampu mengirim notifikasi

Photo: harizanov.com

Terkadang ada perasaan sedikit risau jika bel pintu rumah Anda berbunyi di waktu-waktu yang tak biasa. Dengan Raspberry Pi, bel pintu Anda bisa mengirimkan siapa yang menekan tombol bel tersebut langsung ke ponsel Anda. Informasi yang bisa Anda terima bisa berupa teks SMS maupun foto, sehingga Anda bisa tahu persis siapa yang menekan tombol bel tersebut.

Saklar lampu otomatis

Photo: safaribooksonline.com

Fungsi ini mungkin akan lebih banyak bermanfaat untuk kenyamanan sang pemilik rumah. Dengan sedikit kustomisasi, Raspberry Pi mampu mengirim perintah ke saklar-saklar lampu untuk dapat menyala secara otomatis berdasarkan informasi yang diterima oleh sensor baik itu sensor gerak maupun panas. Namun untuk keamanan rumah, fungsi ini sebenarnya juga bisa memberikan efek kejut bagi pencuri yang diam-diam masuk ke rumah Anda dalam keadaan kosong, dan seketika lampu di rumah menyala.

Cukup banyak bukan fungsi dari sebuah perangkat Raspberry Pi, yang bisa jadikan rumah Anda smart home yang tak cuma nyaman, tapi juga aman. Menariknya lagi, Raspberry Pi juga bisa Anda miliki dengan harga yang terjangkau. Seperti yang ditawarkan oleh salah satu marketplace ini, Raspberry Pi 3 Model B bisa Anda beli sekarang juga dengan harga tak sampai 500 ribu rupiah! Yuk mulai project smart home Anda sekarang juga dengan Raspberry Pi.

 

Feature image: Pexels

Anda mungkin juga berminat Yang lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.