Fungsi Alat Pelindung Pendengaran dalam K3

0
Fungsi Alat Pelindung Pendengaran dalam K3 jual pelindung telinga
Image: www.cmisafety.com

Fungsi Alat Pelindung Pendengaran dalam K3 – Fungsi alat pelindung pendengaran ialah untuk melindungi telinga terhadap kebisingan yang begitu berlebihan, sehingga bisa mengakibatkan kerusakan terhadap sistem pendegaran orang tersebut. Banyak sekali industri yang dalam kegiatan produksinya menimbulkan kebisingan yang bisa mengakibatkan hilangnya pendengaran terhadap pekerja. Standar kebisingan yang di izinkan menurut Undang-undang keselamatan dan kesehatan kerja (K3) ialah 90 desibel, maka dari itu kebisingan yang dihasilkan oleh suatu kegiatan produksi di dalam industri mesti selalu diukur serta diusahakan untuk kurang dari standar yang sudah ditentukan supaya tak mengakibatkan kerusakan terhadap pendengaran untuk setiap pekerja. Terdapat dua jenis alat pelindung kebisingan ialah ada yang dimasukkan ke dalam lubang telinga dan ada pula yang menutupi seluruh telinga.

Baca: Pentingnya Alat Pelindung Pendengaran

Jenis alat pelindung pendengaran yang dimasukkan ke lubang telinga.

Pemakaian alat pelindung pendengaran ini ialah dimasukkan ke dalam lubang, model dan ukurannya bervariasi. Bahan yang dipakai untuk membuat peralatan ini ialah bahan plastik bertekstur lembut, karet yang lembut, kain maupun dari lilin. Karet serta plastik bertekstur lembut merupakan jenis bahan yang amat terkenal dalam pembuatan alat ini, sebab karet serta plastik mudah untuk dibersihkan, harganya murah serta memberikan bentuk dan warna yang sangat bagus. Sedangkan untuk bahan kain kurang bagus untuk pelindung kebisingan sebab bahan kain daya hambatnya sangat rendah terhadap kebisingan. Untuk berbahan karet serta plastik bertekstur lembut sangat efektif dalam penggunaannya, sebab pemasangannya sangat mudah, yaitu hanya dengan menekan ke lubang dan alat pun langsung menutupi telinga.

Jenis alat pelindung kebisingan yang menutup telinga.

Bentuk dari alat pelindung pendengaran jenis ini bisa menutupi seluruh telinga, sehingga akan diperoleh keseimbangan antara telinga kanan serta telinga kiri. Guna mendapatkan perlindungan kebisingan yang efektif maka ukuran, bentuk, bahan penyekat serta jenis pegas dari penutup telinga ini mesti dipilih dengan sebaik mungkin, sehingga si pemakainya akan merasa nyaman ketika mengenakan alat pelindung telinga jenis ini. Semakin berkembangnya teknologi, bentuk dari alat pelindung telinga ini pun semakin kecil, walaupun kecil namun memiliki daya proteksi atau perlindungan yang besar.

Untuk melihat berbagai alat pelindung telinga dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual pelindung telinga dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.