Janganlah Meremehkan Alat Pelindung Mata

0
Alat Pelindung Mata jual kacamata safety
Image: specsnshadesdirect.com

Janganlah Meremehkan Alat Pelindung Mata – Mata merupakan bagian yang sangat potensial terkena bahaya ketika bekerja. Mata bisa saja terluka karena partikel yang terbang bebas dari mesin yang tengah beroperasi semisal kepingan logam, kayu maupun debu.

Pembakaran maupun bahan-bahan yang terkandung racun dari bahan kimia pun bisa membahayakan mata Anda. Zat alkalis atau zat korosive, serta cairan pelarut pun bisa menyebabkan sakit serta luka dalam waktu yang lama.

Baca: Penyebab Kerusakan Mata di Area Kerja

Pekerjaan yang membahayakan yang bisa melukai mata mesti selalu mengenakan alat pelindung mata ketika bekerja. Kacamata yang digunakan pada setiap pekerjaan pun berbeda-beda dan berikut ini merupakan kacamata pelindung kerja.

Safety Glasses.

Kacamata ini terlihat persis seperti kacamata biasa pada umumnya, akan tetapi kacamata ini terbuat dari bahan yang tahan akan tubrukan sehingga mata terlindungi dari benda atau partikel yang terbang yang bisa mengenai mata.

Goggles.

Kacamata ini berfungsi untuk melindungi mata terhadap perckan cairan kimia maupun terkena benda yang terbang yang bisa mencederai mata. Pastikanlah Anda mengenakan jenis kacamata yang sesuai dengan tipe pekerjaan yang Anda kerjakan, sebab untuk kacamata jenis ini disesuaikan dengan tingkat perlindungan yang diberikan.

Shaded Eyewear.

Shaded Eyewear merupakan sejenis kacamata bayangan atau kacamata gelap. Kacamata jenis ini bisa melindungi indera penglihatan terhadap radiasi pembakaran. Umumnya kacamata ini kerap digunakan oleh tukang las sebab pekerjaan las berhubungan langsung dengan radiasi pembakaran.

Face shields serta Head Coverings.

Face shields serta Head Coverings merupakan alat pelindung muka serta penutup kepala. Untuk tipe pekerjaan tertentu dibutuhkan adanya penutup muka serta kepala selain alat pelindung mata.

Berikut ini merupakan beberapa tips melindungi mata Anda.

  • Pilih jenis kacamata yang sesuai untuk jenis bahaya yang ada di area kerja Anda.
  • Jauhilah semua bahaya yang dirasa bisa membahayakan mata dan diri anda.
  • Pasanglah pengaman mesin yang berguna untuk melindungi mata terhadap potongan maupun serpihan yang dihasilkan dari mesin.
  • Berhati-hatilah pada bahaya yang lainnya yang mengancam keselamatan mata dan patuhilah semua petunjuk keselamatan yang ada.
  • Ketahuilah cara mengobati luka di mata apabila suatu saat mata mengalami luka. Maka dari itu pahami serta pelajarilah terlebih dahulu prosedur menanganinya.

Itulah jenis-jenis kacamata serta sejumlah tips melindungi mata. Pada intinya bekerja sesuai prosedur dan memakai alat pelindung diri yang tepat akan memberikan perlindungan pada mata Anda. Ingat Kita Hanya Diberikan 2 Mata Seumur Hidup Untuk Selamanya.

Untuk melihat berbagai kacamata safety dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual kacamata safety dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.