Pentingnya Alat Pelindung Pendengaran

0

Pentingnya Alat Pelindung Pendengaran

Pentingnya Alat Pelindung Pendengaran – Telinga merupakan salah satu organ vital yang terdapat pada manusia, organ ini sangatlah berguna serta sangat sensitif. Sebagai organ yang vital, tentunya akan mengalami kerusakan entah itu akibat kerja ataupun akibat lainnya. Biasanya kerusakan pada fungsi telinga sebagai alat pendengaran itu sendiri bersifat permanen. Sehingga besaran terhadap kesembuhannya sangatlah kecil. Maka dari itu perlindungan pada telinga sangatlah dibutuhkan guna mencegah terjadinya kerusakan pada fungsi pendengaran yang diakibatkan lingkungan kerja ataupun lingkungan sekitar kita yang bising. Kebisingan yang melampaui batas pendengaran normal serta berlangsung dalam waktu yang lama dan berulang-ulang bisa mengakibatkan masalah pada indra pendengaran.

Bagian saraf pendengaran yang menerima efek negatif dari suara bising tersebut adalah koklea atau rumah siput. Saraf tersebut mempunyai peran yang sangat penting dalam menerima sensor bunyi berasal dari luar. Bagian-bagian pada koklea pun memiliki peran sebagai pendistribusian stimulasi bunyi yang berasal dari luar yang bersandarkan pada frekuensi yang spesifik. Tidak hanya itu saja koklea pun berguna dalam merubah energi akustik ke dalam energi listrik untuk kemudian diteruskan dalam jarak pendengaran yang lebih tinggi. Bagian koklea yang menerima efeknya secara langsung terhadap suara-suara bising yaitu sel sel rambut luar atau outer hair cells. Area kerja semisal bengkel, pembangkit tenaga listrik, pabrik merupakan tempat yang sangat tinggi tingkat kebisingannya, apabila seseorang terlalu lama berada di dalam area seperti itu maka rusaknya fungsi pendengaran pun akan semakin tinggi. Maka dari itu apabila anda bekerja di tempat seperti itu maka mesti mempunyai kesadaran tinggi terhadap perlindungan telinga.

Adapun cara melindungi seorang yang bekerja di area kebisingan bisa melakukan cara berikut ini :

  • Mengurangi kebisingan yang berasal dari peralatan kerja.
  • Melindunginya dengan memakai alat pelindung untuk telinga semisal Ear Plug ataupun Ear Muff.
  • Cek serta lakukanlah perbaikan dengan segera apabila terdapat suara bising. Kebisingan yang muncul di dalam lingkungan kerja, pada umumnya berasal dari suara mesin, terdapatnya pipa yang bocor dan sebagainya.

Pada area kerja yang banyak terjadi atau terdapat kebocoran steam, tempat tersebut akan menimbulkan kebisingan yang tinggi maka dari itu haruslah dilengkapi dengan peralatan seperti steam bertekanan tinggi.

Pada area seperti pabrik atau pembangkit tenaga listrik selalu ada suara bising. Semisal pada area pembangkit tenaga listrik kebisingan yang terjadi karena putaran yang tinggi serta sebagian memakai penggerak turbine uap maupun steam. Guna melindungi operator atau pekerja dari kebisingan tersebut biasanya ketika mendesain area kerja pada operator turbine dilengkapi ruang kedap suara, maka kebisingan yang diakibatkan oleh mesin tidak akan mengganggu pekerja karena pekerja berada di ruang kedap suara. Apabila operator mesti berdekatan dengan mesin guna keperluan operasional sebaiknya gunakan alat pelindung telinga.

Jual Alat Keselamatan Kerja
Apabila anda membutuhkan alat perlindungan telinga atau hearing protection guna melindungi telinga ketika bekerja, anda bisa mengunjungi Ralali. Ralali Jual Hearing Protection dengan sistem online yang siap dikirim ke alamat anda di Jakarta , Bandung , Surabaya serta seluruh Indonesia.

Penulis : Vei
Editor   : Metha

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar