15 Tahun Lagi Bank Akan Tergantikan Oleh HP

0

15 Tahun Lagi Bank Akan Tergantikan Oleh HP

15 Tahun Lagi Bank Akan Tergantikan Oleh HP –  Jika melihat 15 tahun yang akan datang, sepertinya industri keuangan dunia akan dikontrol oleh perbankan digital. Menurut laporan teranyar dari yayasan Gates Foundation memberitahukan bahwa rendahnya penerobosan perbankan di golongan orang berekonomi rendah atau kurang akan diatasi oleh telepon seluler atau ponsel. Dalam laporan tahunan yang dikutip akhir pekan lalu, yayasan tersebut menguraikan visi guna 15 tahun yang akan datang. Salah satunya yaitu membantu orang berekonomi rendah atau kurang untuk mengganti hidupnya dengan menghadiahkan akses ke fasilitas Mobile Banking.

Menurut businessinsider, memperkirakan kurang lebih 25 miliar orang dewasa yang ada di dunia sampai saat ini tidak mempunyai rekening bank. Hal seperti ini menghambat efektivitas mereka dalam mengerjakan aset yang dimiliki.

Kurangnya akses pada layanan keuangan yang efisien telah membuat masyarakat berekonomi rendah atau kurang membuang-buang waktu serta uang yang berharga. Mereka Cuma menghamburkan uang maupun membayar bunga yang amat tinggi kepada rentenir.

Yayasan tersebut pun memperkirakan pada tahun 2030 sekitar 2 miliar orang yang tidak mempunyai rekening bank akan melakukan transaksi jual beli menggunakan Ponsel. Mereka pun akan memakai alat komunikasi tersbut untuk menyimpan uang melalui jasa penyedia mobile money yang akan memberi bermacam layanan keuangan, mulai dari layanan pinjaman sampai rekening tabungan.

Meskipun masyarakat berekonomi rendah kekurangan dana, laporan Gates Foundation menginformasikan bahwa biaya marjinal dalam membuat transaksi digital mendekati nol. Terlebih dari 70 % orang dewasa pada setiap negara berkembang mempunyai ponsel.

Itu berarti menunjukkan perusahaan Mobile Banking ini akan mendapatkan komisi dalam jumlah yang tidak banyak dari sekian jutaan transaksi dengan biaya murah. Dengan cara seperti ini, perusahaan Mobile Banking akan menerima keuntungan dari layanan atau jasanya.

Laporan itu selanjutnya mencontohkan bKash, bKash merupakan sebuah perusahaan yang berasal dari Bangladesh yang menyediakan Mobile Money. bKash ini sudah memproses lebih dari 2 juta transaksi dengan nilai yang mencapai USD 1 miliar. Akan tetapi akses terhadap bKash tersebut masih belum seimbang. Dikarenakan sekitar 76% pria Bangladesh mempunyai ponsel sedangkan wanita hanya mempunyai ponsel sekitar 46%.

Penulis  : Vei
Editor    : Metha

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.