Ini Dia Fakta Mengapa Disebut May DaY

0

sejarah may day

Pada setiap tanggal 1 Mei, buruh di seluruh dunia memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day. Sebagian orang mungkin masih ada yang belum mengetahui apa sih sebenarnya May Day atau mungkin anda yang tengah membaca artikel ini pun belum mengetahui apa itu sebenarnya May Day dan mengapa disebut May Day ?

Berikut ini adalah fakta mengapa disebut May Day.

  1. Apa itu May Day?

May Day mempunyai banyak arti bagi banyak orang di seluruh dunia . May Day sendiri merupakan hari libur di banyak kota di dunia di mana serikat pekerja dan para buruh turun ke jalanan dan menyampaikan suaranya kepada pemerintah serta pemilik perusahaan.

  1. Mengapa orang berlibur di May Day?

Pada abad ke 19 perjuangan hak-hak para pekerja disebut sebagai May Day. Ketika tahun 1886, polisi Chicago menembak mati 4 orang pekerja yang tengah melakukan demonstrasi guna memberlakukan jam kerja selama 8 jam dalam sehari.

Kemudian pada tahun 1889 sebuah organisasi di Paris sepakat bahwa May Day menjadi hari yang spesial guna mengenang 4 orang pekerja yang ditembak.

  1. Apa yang dituntut di May Day?

Demonstrasi yang dilakukan umumnya mereka menginginkan fasilitas yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Ketika demonstrasi yang dilakukan pada saat itu ada sebagian kelompok yang menginginkan globalisasi serta utang terhadap dunia ketiga diakhiri. Dengan kata lain demonstran tersebut menginginkan kekuatan perusahaan dagang besar serta perusahaan kecil sama rata, sama adil.

  1. Siapa saja kelompok yang terkenal itu?

Wombles:

Kelompok ini merupakan kelompok yang anarkis, mereka berasal dari Negara Italia. Tidak ada strategi tertentu serta sistem kepemimpinan yang disetujui ketika ada pertemuan.

Mereka menamai diri mereka Wombles yang merupakan singkatan dari White Overall Movement Building Liberation through Effective Struggle. Kelompok ini merupakan gerakan anti-kapitalisme yang ketika melakukan aksi protesnya secara keseluruhan menggunakan kostum putih.

Massa Kritis:

Massa Kritis merupakan sebuah kelompok yang menggunakan sepeda, kelompok ini menginginkan fasilitas pada transportasi umum lebih baik lagi dan menginginkan orang yang bergantung menggunakan kendaraan pribadi (mobil) dapat berkurang.

Dalam aksi protesnya kelompok ini iring-iringan bersepeda yang panjang di sekitar London.

Kongres Persatuan Pekerja:

Kongres Persatuan Pekerja merupakan kelompok utama dari semua serikat pekerja di negara Inggris.

Tidak seperti kelompok Wombles kelompok ini memperingati May Day secara damai.

Aksi Hewan London:

Kelompok ini merupakan kelompok yang peduli terhadap pembebasan terhadap hewan. Dalam aksi protesnya mereka meminta untuk menghentikan perdagangan bulu binatang, penelitian terhadap hewan.

Baca Juga : Melemahnya Industri Tekstil Indonesia, Ini Penyebabnya !

Masih banyak sekali kelompok-kelompok di seluruh dunia yang memperingati hari May Day dengan bermacam cara. Namun kelompok tersebutlah yang merupakan asal usul terbentuknya May Day.

Penulis : Vei
Editor : Angga

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.