Hal-hal Penting Mengenai Faktor Keselamatan Kerja

0

Keselamatan Kerja

Hal-hal Penting Mengenai Faktor Keselamatan Kerja – Keselamatan dan kesehatan kerja adalah faktor yang sangat penting dan bahkan harus menjadi prioritas dalam menjalankan suatu pekerjaan. Di lapangan sangat banyak terjadinya kecelakaan. Sering kali kita mendengar berita kecelakaan sewaktu bekerja baik itu yang berakibat ringan hingga berakibat fatal.

Kecelakaan kerja kerap kali terjadi karena minimnya pemahaman konsep mengenai keselamatan kerja itu sendiri, banyak sekali orang yang menyepelekan aspek keselamatan kerja ketika menjalankan pekerjaan. Mereka menganggap semua konsep serta teori mengenai keselamatan kerja kurang berarti. Mereka berpendapat, apabila memang telah waktunya celaka ya celaka. Apapun itu teorinya tidak bisa dicegah, menurut mereka itu semua merupakan sudah takdir tuhan. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan ketika bekerja supaya kecelakaan kerja tidak terjadi.

Jangan ceroboh ketika bekerja.

Ceroboh mendatangkan petaka. Hal tersebut merupakan konsep dari keselamatan kerja. Maka dari itu, semua pekerja mesti menghilangkan kecerobohannya ketika bekerja, dan mesti meningkatkan konsentrasinya ketika bekerja.

Lengkapi Diri dengan Alat-alat Keselamatan Kerja.

Menggunakan Alat keselamatan kerja merupakan salah satu tindakan antisipasi terhadap hal yang negatif yang tidak di inginkan ketika bekerja. Gunakanlah alat pelindung kerja sesuai standar sperti helm safety, kacamata safety, sepatu safety, sarung tangan safety, dan bermacam alat keselamatan kerja lainnya.

Baca: Mengenal Fungsi Alat Keselamatan Kerja Lebih Dalam

Selalu Tanggap Terhadap Keadaan.

Ketika bekerja, mesti selalu tanggap terhadap keadaan di area kerja. Jangan sampai terlalu fokus terhadap pekerjaan saja dan menyepelekan keadaan di area kerja. Jika terdapat perubahan di area kerja maka segeralah untuk ditangani. Dengan demikian, kita akan selalu mengetahui apa yang sedang terjadi di area kerja.

Selalu Memeriksa Alat Kerja.

Kerap kali kecelakaan terjadi di sebabkan alat yang tidak layak pakai. Hal ini terjadi karena kurangnya ketelitian atau kurangnya persiapan ketika bekerja. Sebelum bekerja sebaiknya periksa semua keadaan alat yang ada di sekitar. Apabila alat tersebut rusak, maka lebih baik jangan dipakai, lebih baik perbaiki terlebih dahulu.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.