Jenis Alat-Alat Safety Dalam Pengerjaan Proyek: Prioritas Utama Keselamatan Kerja 

0

Alat alat safety dalam pengerjaan proyek ~ Ralali News. Pernahkah Anda bertanya, alat-alat safety proyek apa saja yang kita perlukan saat kita ada dalam area proyek, dan betapa pentingnya menggunakan alat safety demi keamanan dan keselamatan para pekerja yang ada di lingkungan tersebut?

Fungsi Alat Safety Proyek

Secara keseluruhan, alat-alat keselamatan dalam proyek adalah langkah penting untuk menjaga keselamatan semua pihak yang terlibat dan menciptakan lingkungan kerja yang sehat, produktif, dan aman. Keselamatan harus selalu menjadi prioritas utama dalam setiap proyek konstruksi dan industri lainnya. Hal ini pula meliputi:

  • Melindungi pekerja dari cedera dan risiko kesehatan.
  • Wajib dalam banyak yurisdiksi, dengan sanksi hukum untuk pelanggaran.
  • Mengurangi risiko cedera dan kecelakaan.
  • Meningkatkan produktivitas dengan menciptakan lingkungan kerja yang aman.
  • Meningkatkan reputasi perusahaan.
  • Mengurangi biaya jangka panjang terkait cedera.
  • Menunjukkan tanggung jawab sosial dan etika perusahaan.

Jenis Jenis Alat Safety

Berikut jenis jenis alat safety yang umum digunakan dalam pengerjaan proyek:

 

Alat Safety Helmet/Helm Safety

Helm yang mempunyai tingkat keamanan tinggi seperti helm safety sangat penting karena alat ini menjaga bagian tubuh yang sangat vital yaitu kepala. Seperti yang kita tahu, bahwa di area atau lokasi pembangunan proyek sering sekali kita jumpai puing puing dan bahkan yang berada di atas bisa terjatuh dan membahayakan diri kita. Biasanya, selain helm, ada juga dilengkapi dengan jaket safety.

Nahh jika kita perhatikan, Anda pasti sadar dengan warna yang beda-beda dari setiap helm safety di proyek. Dengan itu, perlu juga mengetahui berbagai arti warna helm proyek yang beragam dan peran masing-masing! Klik link tersebut dan ketahui arti tiap warna!

Alat Safety Shoes/Sepatu safety

Sepatu safety pada umumnya memiliki tingkat ketebalan yang biasa, sedangkan pada penggunaannya di area lokasi pembangunan, kita bisa tersandung benda keras seperti batu/tumpukan besi/puing. Sementara itu, sepatu safety biasanya memiliki ketebalan yang lebih tebal dan dilapisi benda kuat untuk melindungi Anda dari hal berbahaya seperti tadi.

Alat Safety Hand Protector/Sarung Tangan Safety

Orang yang menggunakan sarung tangan safety ini kebanyakan telah terlibat dalam pengerjaan proyek yang pada industri tekstill yang berhubungan dengan kimia. Hand protector ini akan melindungi tangan Anda dari bahan kimia berbahaya. Pelindung ini memang dirancang anti bahan kimia jadi sarung tangan ini tidak akan rusak oleh bahan kimia berbahaya sekalipun.

Camera CCTV (Kamera Pengintai)

CCTV? Apakah Anda bertanya tanya dalam hati Anda mengapa CCTV diperlukan untuk memproteksi? Yap, itu karena biasanya di lapangan atau area proyek memiliki banyak area yang memerlukan pengawasan, maka dengan CCTV/yang terbaru dapat dengan mudah mengontrol banyak lokasi dengan melihat dari server. Hal ini jauh lebih efisien dibanding mengunjungi area satu per satu.

Sebetulnya, masih banyak alat alat safety lainnya yang mungkin diperlukan seperti eye protector yang juga penting. Itulah beberapa alat safety proyek dalam pengerjaan setiap proyek yang kiranya sangat penting untuk diperhatikan dan digunakan. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi sahabat Ralali. Salam hangat Ralalian!

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.