Jarang Diketahui Ternyata Ini Dia Produk Lokal Indonesia!

0

Apa itu produk lokal? Produk lokal adalah barang atau jasa yang diproduksi dan dijual di dalam negeri, mendukung ekonomi lokal serta mencerminkan kekayaan budaya dan keunikan dari suatu daerah atau negara. Produk lokal sering kali menekankan nilai-nilai keberlanjutan dan pertumbuhan ekonomi di tingkat lokal, bahkan memiliki potensi produk lokal yang mendunia.

Sebagai satu-satunya industrial online store Indonesia, selain mempersembahkan konsep bisnis B2B kepada khalayak tanah air khususnya pelaku industri, tanggung jawab lain juga seperti terpancar dengan mempersiapkan konten lokal yakni memboyong produk lokal Indonesia untuk bisa diperkenalkan di luar negeri khususnya asean.“Ini merupakan strategi bisnis kita yang tak hanya bertujuan memperbesar di negara sendiri, tetapi di negara tetangga seperti singapura, malaysia dan beberapa negara lain juga kita akan lakukan,” papar Joseph Aditya selaku CEO & Founder Ralali Beliau menambahkan, harapannya nanti bisa bekerjasama secara sinergi dalam waktu yang cukup lama.

7 Produk Industri Lokal Asli Indonesia ala Ralali.com
Ilustrasi-Cinta-Produk-Lokal-Asli-Indonesia

7 produk lokal Indonesia ala Ralali.com

1. Shimizu

Terinspirasi dari kandungan air yang amat banyak di Indonesia dan kebutuhan masyarakat akan air tanah dan air sumur, maka produk Shimizu hadir. Hingga kini pengembangan teknologi Shimizu menghasilkan lebih dari 20 model pompa yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar telah diuji melalui pengujian Badan Internasional dan memperoleh sertifikat produksi bertaraf internasional (CE). Shimizu merupakan produk lokal Indonesia berupa produk pompa air pertama di tanah air yang meraih sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI).

2. Vinilon

Vinilon adalah produk lokal Indonesia yang khusus fokus pada sistem Pipa uPVC/PE berkualitas serta punya kelengkapan produk sesuai dengan kebutuhan Anda. Berkat keuletan PT. Rusli Vinilon Sakti  bahkan berdiri tahun 1979, perusahaan dapat berdiri kokoh. Didukung tenaga terdidik dan terlatih di bidang Pipa uPVC/PE serta kelengkapan fasilitas pengendalian mutu, teknis produksi teknologi Jerman, maka perusahaan pipa air ini salah satu produk lokal Indonesia yang menjamin kualitas tinggi.

3. Rucika

Produk lokal Indonesia ala Ralali  ini adalah sebuah pipa air penyambung, atau istilahnya adalah sambungan uPVC. Dibawah Wavin, produk asli Indonesia ini terus maju dan memproduksi lebih banyak untuk perusahaan, rumahan hingga pabrik industri.

Rucika JIS Standard dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan instalasi pipa air di rumah maupun gedung bertingkat sejak lebih dari 30 tahun yang lalu. Pipa  sambungan Rucika JIS Standard diproduksi sesuai Standar Industri Jepang.Pipa sambungannya menggunakan sistem sambungan lem, sangat membantu dalam hal pemasangan, sehingga membuatnya ekonomis, mudah & cepat. Sangat cocok digunakan pada instalasi pipa untuk air bersih, air limbah, drainase dan pipa udara. 

4. Broco

Perusahaan yang terkenal dengan aksesoris listrik ini salah satu produk lokal Indonesia yang telah berkiprah selama kurang lebih 25 tahun. Dan ternyata tak hanya aksesoris listrik yang menjadi bidang lingkup bisnis industri. Seperti kitchen set, sanitary bath room dan concrete juga di ambil sebagai celah bisnis yang dimiliki. Kini, perusahaan yang memiliki filosofi mengutamakan kualitas dan kepuasan konsumen ini terus melakukan ekspansi distribusi produk, tak hanya lokal, tetapi asia dan eropa telah dijajaki, dan www.ralali.com ikut andil dalam proses penjajakan ekspansi distribusi industri produk lokal Indonesia, bahkan bersaing menjadi produk lokal yang mendunia.

5. Cheetah

Perusahaan produk lokal Indonesia ini berfokus pada sepatu safety ini telah berkecimpung di dunia pembuatan alas kaki militer Indonesia tahun 1972. Dan sekitar satu dekade kemudian ekspansi bisnisnya lebih membaik dan mulai memproduksi sepatu safety untuk keperluan industri.Hasilnya, cukup mendapat sambutan yang luar biasa hingga pemesanan didapatkan tak hanya dari dalam negeri namun dari luar negeri pun tak terkecuali, sehingga Cheetah menjadi produk lokal mendunia . Dengan mempredikatkan perusahaan ini lewat produknya yakni sepatu safety merk Cheetah sebagai salah satu dari 7 produk lokal Indonesia tentu beralasan, selain telah piawai dari sisi produk, usi perusahaan ini pun telah cukup matang membawa produk untuk melaju ke dunia internasional menjadi produk lokal mendunia.

6. Firman

Perusahaan ini produk lokal Indonesia yang juga tak kalah lawas dalam melangsungkan bisnis di Indonesia, tahun 1978 adalah waktu dimana perusahaan ini menjadi cikal bakal munculnya merk Generator set asli buatan Indonesia.Saat itu nama yang digunakan adalah UD Teckindo Jaya Perkasa di kota Medan oleh keluarga Tjadra Widjaja. Perjalanan sebelum memproduksi genset, perusahaan ini terlebih dulu memproduksi alat industri kehutanan seperti gergaji mesin, brushcutter dan sparepartnya di tahun 1980 hingga 2000.Perubahan nama perusahaan menjadi FIRMAN sekitar tahun 2006 hingga 2012, hingga kini perusahaan ini terus melakukan inovasi dan salah satunya adalah memperkenalkan produk yang dibuat di dalam negeri dan para tenaga kerja lokal.

7. ABN

Mungkin Anda belum banyak mengenal nama produk berikut ini, namun sebenarnya ini adalah produk lokal Indonesia yang dimana perusahaan fokus produksi alat medis. Yang terkenal adalah produk tensimeter sebagai pengukur tekanan darah. Produk lokal Indonesia ini bermarkas di daerah Padalarang dengan langkah awal di tahun 1980 sebagai penyedia alat kesehatan atau sole agent. Hingga tahun 2009 banyak sekali produk yang diproduksi mulai dari bladder bulb and coil tube untuk pasar amerika hingga produk nebulizer dengan kapasitas produksi sekitar 20 ribu unit per tahun.

Kesimpulan

Inilah kejayaan produk lokal Indonesia yang siap menggebrak panggung global! Dengan kualitas yang tak kalah dari produk luar negeri, produk lokal kita telah membuktikan dirinya sebagai pesaing utama di pasar internasional. Bersiaplah kita tak hanya melihat produk lokal mendunia, tapi juga memimpin tren global pada tahun 2024 dan seterusnya.

Ralali Business Solution

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.