Memulai Bisnis Bersama Ralali.com

5 Ragam Keunikan Perayaan Kemerdekaan Indonesia yang Wajib Kamu Tahu

Indonesia semakin mengagumkan dengan 5 ragam budaya perayaan kemerdekaan ini

0

Keberagaman budaya Indonesia tergambar salah satunya melalui ragam keunikan perayaan kemerdekaan yang ada di Indonesia. Setiap daerah memiliki cara masing-masing dalam menyambut hari kemerdekaan. Tentunya tanpa merusak kekhidmatan dari makna merdeka itu sendiri. Berikut cerita ragam keunikan perayaan kemerdekaan di 5 daerah Indonesia

Kemerdekaan di Papua

Papua bagaikan surga di tanah timur Indonesia. Papua menyimpan ragam kekayaan alam yang melimpah, hingga tanahnya pun mengandung emas. Jika kita kembali menyusuri sejarah, Papua tidak serta merta mengikuti kemerdekaan Indonesia di tahun 1945. Meskipun begitu, Papua tetap bangga menjadi bagian dari Indonesia. Tercermin dari bagaimana suka cita mereka menyambut hari kemerdekaan yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus.

Setiap tahun, kabupaten-kabupaten di Papua secara rutin mengadakan karnaval perayaan HUT RI. Umumnya, karnaval tersebut diadakan dalam 4 sesi: lomba baris berbaris, lomba gerak jalan, karnaval Tari Yospan, dan pementasan tari dan lagu khas Papua.

Lomba baris berbaris

Lomba baris berbaris diikuti oleh siswa-siswi sekolah tingkat pertama dan menengah. Perlombaan ini memamerkan ketangkasan para peserta melakukan teknik baris-berbaris dari pola barisan, hingga freestyle yang kerap membuat penonton tertawa.

Lomba gerak jalan

Lomba gerak jalan diikuti oleh beragam peserta, dari anak kecil hingga para orang tua. Lomba gerak jalan ini sangat unik karena anda dapat melihat budaya Papua terangkai dalam satu barisan lengkap dengan pakaian adat, tari-tarian, serta profesi keseharian masyarakat. Profesi keseharian masyarakat  diperankan dengan penuh totalitas dari dokter, guru, tentara, polisi, nelayan, bidan, orang melahirkan, hingga orang gila.

Totalitas peserta membuat suasana menjadi hangat dan ceria. Tidak jarang dalam sebuah barisan terdapat seorang pemuda tengah berteriak-teriak berakting seperti sedang melahirkan di atas sebuah gerobak dibantu oleh seorang bidan dan beberapa perawat sehingga membuat penonton tertawa terpingkal-pingkal.

Karnaval Tari Yosim Pancar

Hal yang tidak boleh terlewatkan saat mengunjungi Papua yaitu Karnaval Tari Yospan (Yosim Pancar). Yospan merupakan simbol keramahan dan persahabatan bagi masyarakat Papua.  Masyarakat Papua memiliki tradisi untuk menyambut para tamu dengan tari Yospan. Karnaval Tari Yospan merupakan suatu atraksi yang sangat menarik karena hanya diselenggarakan setiap setahun sekali. Selain itu, ketika berkunjung ke acara karnaval ini akan terasa suasana yang berbeda dimana semua masyarakat bersatu dalam kesatuan untuk memeriahkan dan memperingati hari kemerdekaan bangsa Indonesia dengan tari Yosfan.

Yosim Pancar dalam Kemerdekaan RI by Mufti Ikhlasul via www.visitsupiori.com

Pementasan Tari dan Lagu Papua

Pementasan budaya khas Papua juga melengkapi karnaval perayaan kemerdekaan bangsa Indonesia. Jika sebelumnya pameran budaya hanya dilakukan dengan gerak jalan, pertunjukkan tari dan lagu Papua ini memamerkan koleksi lagu dan tarian dengan lebih beragam. Keragaman tari dan lagu membuat nuansa Papua tergambar dengan jelas dalam pertunjukan tersebut.

Begitulah semarak perayaan kemerdekaan Republik Indonesia di tanah Papua yang diadakan hampir tiap tahun. Meskipun tidak semegah di Istana Negara, namun kemeriahan dalam kesederhanaan pesat rakyat Papua menyiratkan makna “Papua selamanya Indonesia.”

Kemerdekaan di Yogykarta

Yogyakarta adalah daerah yang mempresentasikan kekuatan kerajaan Jawa yang masih berdaulat hingga kni. Meskipun Yogyakarta di bawah pengayoman kerajaan kraton Ngayogyakarta, Yogyakarta tetap bagian dari Indonesia. Yogyakarta memiliki cara tersendiri untuk memperingati hari kemerdekaan bangsa Indonesia. Yaitu dengan menggelar upacara bendera bergaya prajurit kraton.

Upacara bendera bergaya prajurit kratonyang digelar di jalan utama Dukuh Banyuurip tidak hanya diikuti oleh para prajurit kraton saja, masyarakat biasa dengan penuh suka cita pun turut memeriahkan acara ini. Selain sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia, Upacara ini juga digelar untuk mengenang jasa para prajurit yang gugur saat melawan penjajah di masa lalu.

Setelah upacara pengibaran bendera selesai, acara dilanjutkan dengan kirab keliling kampung sebagai bentuk rasa syukur kemerdekaan bangsa Indonesia sejak tahun 1945. Setelah itu acara ditutup dengan pembagian tumpeng dan makan bersama warga sebagai bentuk kebersamaan dan persatuan.

Prajurit Kraton dalam Royal Wedding Kraton 2013 via PoetraFoto

Temanggung

Daerah yang selalu dikaitkan dengan kerajaan Mataram Kuno ini memiliki cara unik dalam merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Di Kota Temanggung, tepatnya di daerah Tembarak setiap tahunnya selalu diadakan festival penerbangan lampion raksasa untuk memperingati hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia. Lampion-lampion tersebut kurang lebih berdiameter 2 meter. Untuk menerbangkan satu lampion dibutuhkan setidaknya 4 orang dewasa. Lampion-lampion tersebut dihiasi kalimat-kalimat bijak sebagai simbol harapan serta keinginan masyarakat agar kebaikan dapat tersebar dan menghiasi seluruh Kabupaten Temanggung.

Banjarmasin

Lomba dayung adalah acara yang secara rutin diadakan di Sungai Marta Pura untuk memperingati hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia. Lomba ini mengadu kecepatan para peserta untuk mendayung perahu di lintasan sepanjang 500 meter. Lomba ini sangat diminati tidak hanya bagi penduduk Banjarmasin namun juga bagi penduduk di berbagai wilayah di Kalimantan Selatan.

Aceh

Aceh, kota dengan sebutan serambi Mekkah ini memiliki tradisi unik dalam memperingati perayaan kemerdekaan Indonesia setiap tahun. Pacu Kude atau biasa dikenal dengan lomba balap kuda merupakan tradisi perlombaan yang membuat Aceh selalu ramai dipadati pengunjung dari luar daerah pada setiap perayaan hari kemerdekaan tiba. Ratusan penonton rela mengantri dan berdesak-desakan demi menyaksikan perlombaan ini. Hal tersebut menandakan bahwa acara Pacu Kude sukses membuat masyarakat berkumpul secara serentak merayakan hari kemerdekaan bangsa Indonesia.

Nah, itu tadi cerita keragaman perayaan kemerdekaan yang tersebar di 5 daerah Indonesia. Keragaman budaya Indonesia memang seringkali membuat setiap daerah terlihat berbeda satu sama lain. Namun tetap ada sebuah pemersatu bangsa. Salah satunya adalah momen hari kemerdekaan bangsa Indonesia. Salam satu tanah air, tanah air Indonesia.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.