7 Strategi Bisnis Sembako Online di Masa Pandemi

0

Selama masa pandemi Covid-19, bisnis sembako adalah salah satu bidang usaha yang tetap mampu bertahan. Ya, mungkin hamper tidak ada hambatan berarti yang dirasakan. Namun, tidak sedikit pula pelaku usaha yang beralih membuka bisnis sembako sehingga persaingan usaha tetap ada.

Apakah Anda salah satu pelaku usaha di bidang bisnis sembako? Mungkin Anda sedang berusaha untuk memutar otak agar bisnis yang dilakukan tetap menarik dan bisa bersaing dengan para pengusaha baru. Nah, bagi yang ingin mencoba strategi bisnis sembako online di masa pandemi, yuk simak!

Kenali Tren Industri yang Sedang Terjadi

Untuk dapat melakukan sebuah strategi usaha, Anda harus bisa mengindentifikasi setiap kesempatan yang ada. Karena itulah, penting untuk bisa mengetahui tren yang sedang berlangsung pada bisnis sembako Anda. Hal ini penting agar Anda bisa menentukan nilai jual yang berbeda.

Sebagai salah satu contoh, tren penjualan sembako yang sedang ramai adalah melakukan promo gratis ongkir. Lalu apakah Anda perlu melakukan strategi penjualan yang sama dengan mengratiskan ongkos kirim? Belum tentu, Anda bisa mencoba strategi lain seperti bonus masker setiap pembelian Rp100.000.

Belajar dari Para Kompetitor

Pelajaran yang diambil dari kompetitor bukan hanya kesuksesan, tapi juga masalah. Namun, belajar dalam hal ini bukan berarti meniru langsung, ya. Dalam hal ini, harus ada hal menarik lain yang bisa dilakukan agar usaha sembako online Anda tetap memiliki keunggulan layanan dibandingkan dengan usaha sembako online lainnya.

Lakukan Strategi Pemasaran yang Menarik

Buat TikTok untuk promosi online? Boleh saja, kok! Namun, pastikan memang ada yang membuat kontennya, ya. Jika tidak ada, tidak usah dipaksakan meski strategi pemasaran konten TikTok sedang tren. Lakukan saja strategi pemasaran lain yang kualitas hasilnya lebih menjanjikan.

Buat Selebaran untuk di Tempat Umum

Memangnya masih zaman buat selebaran untuk bisnis online? Ya, bisa saja, kok. Saat seseorang mendapatkan selebaran, kecenderungan untuk membaca isi kertasnya cukup tinggi, loh. Pernah pakai selebaran untuk kipas-kipas, tapi akhirnya penasaran isinya apa? Nah, meskipun secara tidak sengaja, promosi di selebaran tetap terbaca oleh orang yang menerimanya.

Fokuskan Area Pengantaran Sembako

Toko sembako memang tersedia di mana-mana. Lalu, apa yang bisa menjadi nilai jual untuk usaha sembako online, ya? Tenang, Anda bisa mengatur area pengantaran di wilayah yang memang sulit untuk menemukan toko sembako. Mungkin area pengantaran sembako dari toko Anda tidak perlu terlalu luas, tapi cobalah untuk mencari potensi pelanggan yang setia.

Bekerja Sama dengan Ekspedisi

Jika sudah mendapat target wilayah pengantaran, temukan pihak ekspedisi yang mampu bekerja sama dengan baik. Ya, kunci utama dari bisnis online adalah ekspedisi. Jika pihak ekspedisi tidak hati-hati membawa barang belanjaan dari toko sembako Anda, kualitasnya akan menurun dan menyebabkan pelanggan tidak puas. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan layanan antar yang terpercaya.

Berikan Bonus Pada Pelanggan

Siapa, sih yang tidak suka bonus? Meskipun tidak diberitahukan kepada pelanggan, bonus yang diberikan pada pelanggan akan membuat mereka senang berbelanja di toko sembako Anda. Nah, strategi kerja sama ini juga bisa Anda lakukan melalui platform online seperti Ralali.com. Akan ada berbagai bentuk promosi menarik agar pelanggan Anda tertarik untuk kembali berbelanja.

Bisnis sembako online merupakan salah satu usaha yang tidak pernah mati karena kebutuhannya selalu dibutuhkan oleh pelanggan. Namun, persaingan bisnis yang terjadi juga semakin ketat sehingga Anda perlu melakukan berbagai strategi dengan baik. Dengan begitu, sukses bisnis sembako online bisa dilakukan kapan saja!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.