Aki Kalsium Merk Delkor Kelebihan dan Kekurangannya

4

Aki kalsium merk Delkor punya kelebihan dan kekurangan ketimbang jenis aki lain, harga hingga cara perawatan aki tersebut bisa Anda simak dalam ulasan artikel berikut ini yang merupakan bagian dari perlengkapan automotive.

Sebagai pembangkit electrical kendaraan seperti motor atau mobil, sebuah Accu tentu diperlukan, karena untuk memberikan dorongan tenaga dan fungsi kerja beberapa tools atau peralatan yang terdapat pada kendaraan tentyu diperlukan sebuah pembangkit yakni Accu atau aki.

Aki kalsium merk Delkor adalah salah satu jenis pembangkit listrik dalam sebuah kendaraan, tapi apakah Anda mengetahui seperti apa sebuah aki kalsium tersebut dan apa kunggulan dan kekurangannya.

Aki Kalsium Merk Delkor Kelebihan dan Kekurangannya
Ilustrasi-Accu-Jenis-Calcium

Keuntungan Menggunakan Aki Kaslium

  • Mempunyai performance yang baik dibanding accu Antimonial dan Hybrid di atas.
  • Mempunyai daya tahan / usia pakai yang baik. (tahan lama).
  • Tingkat Self-Discharge paling kecil (0.1-0.2% (volume/day)

Kekurangan Menggunakan Aki Kalsium

  • Relatif Lebih mahal

Jika dibandingkan dengan beberapa jenis aki lain memang banderol yang dimiliki jenis aki dengan lapisan kalsium ini memiliki harga lebih tinggi. Namun jika dibandingkan lagi kualitasnya dengan jenishybrid, maka boleh jadi aki dengan emulsi kalsium lebih memiliki keunggulan.

Mengenal Berbagai Macam Jenis Aki

Aki Basah

Hingga saat ini aki yang populer digunakan adalah aki model basah yang berisi cairan asam sulfat (H2SO4). Ciri utamanya memiliki saat terjadi reaksi kimia antara sel dan air aki. Sel-selnya menggunakan bahan timbal (Pb).

Aki Hybrid

Pada dasarnya aki hybrid tak jauh berbeda dengan aki basah. Bedanya terdapat pada material komponen sel aki. Pada aki hybrid selnya menggunakan low-antimonial pada sel (+) dan kalsium pada sel (-). Aki jenis ini memiliki performa dan sifat self-discharge yang lebih baik dari aki basah konvensional.

Aki Calcium

Kedua selnya, baik (+) maupun (-) mengunakan material kalsium. Aki jenis ini memiliki kemampuan lebih baik dibanding aki hybrid. Tingkat penguapannya pun lebih kecil dibanding aki basah konvensional.

Maintenance Free (MF)

Aki jenis ini dikemas dalam desain khusus yang mampu menekan tingkat penguapan air aki. Uap aki yang terbentuk akan mengalami kondensasi sehingga kembali menjadi air murni yang menjaga level air aki selalu pada kondisi ideal sehingga tak lagi diperlukan pengisian air aki.

Aki Sealed (aki tertutup)

Aki jenis ini selnya terbuat dari bahan kalsium yang disekat oleh jaring berisi bahan elektrolit berbentuk gel/selai. Dikemas dalam wadah tertutup rapat. Aki jenis ini kerap dijuluki sebagai aki kering. Sifat elektrolitnya memiliki kecepatan penyimpanan listrik yang lebih baik.

Itulah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki jenis aki kalsium merk Delkor. Tak hanya merk ini saja tentu, beberapa merk lain seperti GS dan lain sebagainya juga telah memproduksi aki jenis ini. Kini pilihan ditangan Anda untuk memilih mana yang sesuai dan lebih Anda sukai. Semoga bermanfaat.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
4 Komen
  1. otovista berkata

    Saya bersependapat dengan deskripsi tentang keuntungan dan kekurangan aki delkor. Tetapi yang jadi permasalahannya banyak orang yang tidak tau tipe mobil apa yang cocok dengan aki tersebut karena merek delkor itu ada banyak sekali.

  2. Don berkata

    ah, umurnya aki calcium saya 2th juga, sama kayak aki basah sebelumnya.
    ya cuma self-discarhgenya memang lebih kecil.

  3. Anto berkata

    Saya setuju dengan ulasan diatas mengenai accu Delcor, saya beli Tahun 2012 sekarang baru mau ganti lagi artinya memang relative panjang usia pemakaianya

    1. Erwin Fs berkata

      brarti krg lebih 5 tahun pmakaian Oom ya, klo pnya ane bru 2 thun lebih 2 bln ini, alhamdulillah msih awet & smoga slalu awet

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar