Waspadai 7 Tanda Imunitas Tubuh Menurun, Menyebabkan Mudah Terserang Virus Corona

Waspadai 7 Tanda Imunitas Tubuh Menurun, Menyebabkan Mudah Terserang Virus Corona

Source: shutterstock

Tahukah kamu salah satu hal penting yang bisa menyebabkan kamu bebas terserang dari berbagi pernyakit adalah daya tahan tubuh yang kuat, termasuk saat menghadapi pandemi yang sedang menyebar di berbagai negara di dunia.

Namun tentunya tidak semua orang lahir dengan daya tahan tubuh yang kuat, atau banyak faktor lainnya yang menyebabkan imunitas tubuh menurun. Seperti apa tanda-tandanya? Berikut rangkumannya.

Tubuh Rentan Masuk Angin

Source: Halodoc

Memiliki gejala seperti badan pegal-pegal sampai perut kembung, bisa jadi kamu sedang mengalami masuk angin. Saat kamu merasakan gejala di atas, tubuH seperti seakan memberi sinyal kalau daya tahan sedang melemah. Nah, berarti ini saatnya kamu mulai untuk hidup sehat, dan konsumsi vitamin setiap hari sebagai pelengkap. 

Stres Berkepanjangan

Source: Cedars-sinai

Saat musim hujan tiba, dan segudang pekerjaan maupun aktivitas menyebabkan Anda mudah sakit, wajar hal ini disebabkan karena stress menyebabkan menurunnya produksi Limfosit, yang sel darah putih yang berfungsi sebagai bagian dari sistem daya tahan tubuh.

Kalau sudah begini ada baiknya cobalah untuk menghindari stress yang berkepanjangan, atau selingi aktivitas harian Anda dengan kegiatan olahraga untuk mengurangi rasa stress tersebut. 

Luka Sulit sembuh

Source: Frepik

Mungkin selama ini kita hanya tahu kalau luka pada penderita diabetes melitus sukar sembuh karena terjadi penurunan sensasi perabaan pada permukaan kulit, akibat kadar gula darah yang tinggi.

Tapi ternyata lamanya penyembuhan luka juga bisa terjadi pada mereka yang punya daya tahan tubuh lemah loh! Karena tubuh lebih fokus untuk melawan infeksi daripada penyembuhan luka itu sendiri.

Masalah pencernaan

Source: Brightside

Mengalami asam lambung naik, diare atau kontisipasi? Ini adalah beberapa gejala turunnya imunitas tubuh. Tidak ada salahnya untuk memperbaiki pola hidup, dan mulai mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi, dan hindari asupan yang mengandung gas tinggi sementara waktu. Pexels/Rawpixel

Pilek

Source: Kompas

Meskipun penyakit yang satu ini seperti ringan, penyakit yang bisa terjadi karena multi faktor ini juga menunjukan daya tahan tubuh menurun. Istirahat yang cukup dan mengonsumsi vitamin C, untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

Mudah Merasa Lelah

Source: Google Image

Aktivitas yang berlebihan dan stress bisa membuat daya tahan tubuh melemah. Untuk pemulihannya cukup dengan memiliki tidur yang berkualitas. Namun jika kamu tidak melakukan aktivitas yang tidak terlalu berat dan tetap merasa lelah, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter. 

Alergi

Source: Halodoc

Setiap orang memiliki alerginya masing-masing, ada yang alergi terhadap cuaca dingin, debu, atau bahkan karena mengonsumsi seafood atau susu sapi. Sehingga sangat wajar jika terjadi reaksi pada tubuh, namun jika terjadi alergi berlebihan, berarti daya tahan tubuh sedang menurun. Semakin baik imunitas tubuh, semakin sulit juga kamu terserang berbagai penyakit. 

So, jangan panik terhadap penyebaran virus yang ada dan tetap jaga kesehatan ya!

Ayo Saling Membantu

ralaliVirus Corona
Comments (0)
Add Comment