Langkah Sederhana Mengelola Bisnis Beras Dimulai Dari Nol

0

Orang Indonesia nggak bisa dibilang makan namanya kalau belum menyuap nasi. Ya memang sih dari dulu nasi sudah menjadi makanan pokok wajib di negara kita. Inilah juga mengapa bisnis beras bisa menjadi ide bisnis jangka panjang, sekaligus peluang usaha yang menjanjikan.

Tidak peduli terhadap naik turunnya harga beras di tanah air, kebutuhan pokok yang satu ini akan selalu dicari seiring bertambahnya laju pertumbuhan penduduk itu sendiri. Nah, bayangkan jika kamu bisa menggunakan kesempatan bisnis ini dengan baik, dan pandai mengelolanya, usaha beras ini bisa sangat menguntungkan loh. Kalau kamu tahu tips, trik dan faktor penting dalam menjalankan bisnis ini.

Tahu Mengelola Bisnis Sembako

Jenis-jenis beras
Jenis-jenis beras

Banyak jalan menuju ke Roma, sama halnya saat kamu ingin memulai bisnis beras. Ada yang berpikir ingin memulai bisnis makan pokok orang Indonesia ini, dengan menjadi produsen beras itu sendiri. Namun jika modal terbatas tidak ada salahnya untuk mengambil dari agen atau distributor terpercaya. Hal ini dilakukan juga sebagai solusi agar beras yang disimpan tidak berada terlalu lama dalam gudang yang malah akhirnya akan menyebabkan kerugian.

Jika nanti bisnis kamu sudah ramai dan banyak peminatnya, kamu juga harus bisa  menentukan berapa banyak stok beras yang harus disimpan, dan bijak melakukan penyetokan ulang agar tidak terjadi kerugian karena beras tidak habis terjual   

Supplier Terpercaya

Untuk mempunyai bisnis yang sukses, kamu membutuhkan bantuan dari partner kerja, yang salah satunya adalah dengan mencari pemasok atau supplier terbaik. Bukan saja dapat memberikan harga yang bersaing, tapi juga menjual beras berkualitas. Selain itu pilihlah juga agen distributor sembako terdekat, yang juga bisa melakukan pengiriman tepat waktu. Karena konsisten juga menjadi salah satu bentuk bukti tanggung jawab orang tersebut terhadap bisnis tersebut.

Berikan Kualitas Terbaik

beras merah
beras merah

Sebelum memutuskan untuk menjual produk sembako, pastikan dulu kualitas barang supplier tersebut. Bukan saja mencari yang putih dan pulen, namun juga harus baik dan berkualitas.

Perhatikan juga tampilan beras yang akan dibeli, mulai dari beras yang bersih, bebas dari kutu, dan jangan terlalu putih. Beras yang terlalu berwarna putih bisa berbahaya untuk dikonsumsi.

Di samping itu sediakan juga beberapa jenis beras dengan harga dan jenis yang berbeda, agar para pembeli mempunyai banyak pilihan produk. Di pasaran sendiri ada berbagai jenis beras yang populer di kalangan masyarakat, seperti beras merah, beras hitam, beras putih, ingat ya apapun beras tersebut jangan lupa untuk selalu menjadi penjual yang memberikan kualitas terbaik

Miliki Target Pasar

Memulai bisnis apapun tetap memerlukan target pasar, dari hal inilah kamu bisa menentukan berapa dan siapa target pembeli bisnis yang kamu bangun. Perhatikan hal berikut mengapa target pasar sangat penting

  • Fokus terhadap kelompok tertentu yang menjadi target market adalah sebuah keharusan, yang akan menjadi landasan tepat untuk ekspansi ke segmen lainnya.
  • Menentukan target market merupakan sebuah langkah yang akan mempermudah untuk mengenal pembeli kamu lebih jauh lagi.
  • Merupakan sebuah strategi marketing yang akan lebih tepat mengenai sasaran
  • Akan mempermudah kamu saat membuat konten marketing
  • Memperbesar peluang terjadinya penjualan

 Inovasi Itu Penting

Salah satu kunci kesuksesan adalah inovasi, dengan melakukan hal-hal baru para pedagang sembako bisa melakukan beberapa kegiatan usaha perbaikan, atau peningkatan terhadap usaha yang mereka lakoni saat ini.

Tawarkan promo – promo menarik atau potongan yang akan menarik pembeli, atau berikanlah pelayanan yang terbaik.

Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Bisnis Beras
Bisnis beras

Kualitas pelayanan adalah elemen kunci pada kesuksesan bisnis. Seperti pelayanan cepat dan tanggap, mau mendengarkan keluhan pelanggan, bersedia untuk sabar saat menghadapi pelanggan, dan jangan lupa untuk minta feed back terhadap produk sembako yang dijual. Hal ini akan membuat konsumen nyaman dengan usaha kamu.

Team Work

Membuka peluang kerjasama antar seller, agen distributor beras, dan supplier beras terpercaya. Dengan banyaknya peluang kerja sama ini kamu bisa lebih mudah mengembangkan bisnis, sekaligus menggali potensi yang tersembunyi dari mitra kamu.

Manajemen Harga

Jual beras murah
Jual beras murah

Selain pelayanan, harga beras yang terjangkau dan berkualitas selalu menjadi daya tarik utama para pembeli. Untuk itu jangan cobalah untuk selalu memantau harga yang diberikan oleh pesaing kamu ya. Jangan hanya karena ingin memiliki banyak pelanggan lalu kamu melupakan kualitas.

Jangan Berhenti Belajar

Namanya bisnis selalu ada pesaingnya, entah karena mereka memiliki modal yang lebih besar, skill yang lebih baik. Namun apapun itu jangan menyerah atau merasa minder. Dari orang-orang hebat tersebut kamu bisa belajar hal baru, dan meningkatkan bisnis yang kamu miliki tanpa harus menjatuhkan. Pelajari kelebihan mereka tanpa menjatuhkan.

Startegi Keuntungan

Memulai usaha beras
Memulai usaha beras

Untuk pertama memulai bisnis beras, kamu tidak disarankan untuk berharap akan keuntungan yang besar. Karena di langkah awal ini kamu mau tidak mau terkadang harus membuang uang untuk promosi, serta masih terbatasnya pembeli sembako yang kamu miliki. Semangat dan jangan menyerah

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.