promo hari ini

Tips Memilih Beras Berkualitas & Harga Terbaik Untuk Bisnis

0

Nasi merupakan makanan pokok Indonesia, yang wajib setiap harinya. Meskipun sudah banyak makanan pengganti beras, seperti singkong, ubi, sagu, mie, maupun roti, tetap sih nggak ada yang bisa menggantikan makanan pokok orang Indonesia yang satu ini.  Tidak peduli harganya mau naik atau turun. Tetap saja beras akan dibutuhkan.

Untuk itu melihat hal peluang bisnis sembako yang sangat menjanjikan ini, kamu bisa menggunakan kesempatan yang ada untuk mencoba bisnis beras. Namun sebelumnya kenali dulu jenis berasa apa saja sih yang Putih dan pulen. Biasanya dua hal itu jadi syarat utama dalam memilih beras. Padahal kini itu saja tak cukup sebagai syarat beras baik dan berkualitas.

beras
beras

Perhatikan Bentuk Beras

Beras yang berkualitas baik adalah yang tidak bau, bebas dari kerikil, bersih dan tidak ada kutu dan kotoran. Hindari juga memilih beras yang terlalu putih, karena dikhawatirkan beras mengandung pemutih yang berbahaya.

Buat yang belum tahu beras sendiri memiliki beberapa ukuran, untuk mengetahui detailnya yuk cek detailnya di bawah ini.

UkuranPanjang (mm)BentukRasio panjang/lebar butir
Sangat panjang>> 7.5Ramping>> 3.0
Panjang6.61 – 7.5Medium2.1 – 3.0
Sedang5.51 –  6.6Bulat< 2.0
Pendek< 5.5

Hati-Hati dengan Beras yang Murah

Mahal bukan selalu berarti bagus, begitu juga sebaliknya. Maka dari itu kamu harus waspada sebelum membeli beras. Berhati-hatilah terhadap beras yang harganya di bawah standard karena kualitasnya perlu dipertanyakan, pastikan beras tersebut tidak dicampur dengan bahan lainnya.

Ciri-Ciri Beras Premium

  1. Warna lebih cerah
  2. Harga cenderung lebih mahal
  3. Tingkat kepatahan beras tak lebih dari 5 persen
  4. Bulir beras tak bercampur kotoran, batu, dan gabah
  5. Nasi menjadi lebih pulen

Ciri-Ciri Beras Medium

  1. Warna sedikit lebih kusam
  2. Harga lebih murah
  3. Tingkat kepatahan beras lebih dari 10 persen
  4. Bulir beras banyak bercampur kotoran, batu, atau gabah
  5. Nasi menjadi sedikit pera

Perhatikan Tekstur Beras

Beras yang baik adalah beras yang memiliki tekstur yang tidak mudah patah dan hancur saat beras ditekan. Di samping itu sebelum membeli beras, cobalah untuk meremas beras tersebut, jika beras tidak menempel di tangan berarti beras tersebut mengandung pelicin dan berbahaya

Cium Aromanya

Salah satu ciri beras yang berkualitas baik adalah beras yang tidak memiliki bau, atau harum yang berlebihan. Karena jika berbau kemungkinan beras tersebut sudah disimpan terlalu lama, sedangkan yang terlalu wangi bisa jadi berasal dari pewarna.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.