Cara Memasak Nasi Merah Pulen yang Bikin Lidah Bergoyang

0
Cara memasak nasi merah yang pulen
Source: Shutterstock

Nasi merah terbilang lebih sehat jika dibandingkan dengan nasi putih, pasalnya terdapat kandungan serat, mineral, dan vitamin yang bermanfaat untuk tubuh. Namun harus diakui juga proses memasaknya lebih tricky, karena tekstur yang lebih keras. 

Karena itu kamu perlu tahu nih tips memasak beras merah yang pulen dan pastinya menggoyang lidah. 

Takaran Air Dengan Rasio yang Tepat

Penggunaan air yang terlalu banyak membuat nasi merah lembek, begitu juga sebaliknya takaran air terlalu sedikit membuat nasi merah menjadi keras. Untuk itu gunakan rasio 1:4 untuk beras dan air. Sebutkanlah jika kamu menanak 1 cangkir beras merah, maka berikan 4 cangkir air untuk memasaknya. Dengan begini nasi merah yang dihasilkan akan memiliki tekstur yang pas di lidah. 

Bilas Beras Merah 2-3 kali

Sama seperti pada umumnya beras harus dicuci terlebih dulu sebelum digunakan, dan sangat disarankan untuk tidak mencucinya lebih dari tiga kali agar vitamin yang terkandung di dalam beras merah tidak terbuang bersama air.

Rendam Beras 

Petunjuk ini biasanya ditemui bukan saja dalam proses memasak beras merah tapi juga beras jagung. Tekstur yang keras menyebabkan beras yang akan digunakan harus direndam terlebih dahulu selama 30 menit hingga satu jam, agar menghasilkan nasi yang lembut.

Dimasak Sambil Sesekali Diaduk

Untuk mendapatkan hasil nasi yang lebih pulen, kamu disarankan untuk memasaknya sambil mengaduknya agar bagian bawah tidak kering. Jika suka kamu bisa menggunakan alat masak seperti panci terlebih dahulu untuk memudahkan proses memasak. 

 Menggunakan Langseng atau Dandang

Di era serba cepat ini rice cooker sudah menjadi pilihan para ibu rumah tangga untuk menanak nasi. Berbeda dengan zaman dulu yang cenderung menggunakan dandang atau langseng untuk mengukus. Meskipun cara ini membuthkan waktu lebih lama dan effort, hasil nasi merah yang disajikan akan berbeda loh. 

Istirahatkan Sejenak Setelah Matang

Langkah terkahir untuk bisa menyajikan nasi merah yang pulen adalah memberikan sedikit garam pada nasi, dan pastikan kamu mengistirahatkan sejenak nasi yang sudha matang sebelum diangkat.

Itu dia langkah sederhana untuk membuat nasi merah enak, pulen, dan tidak keras. Jika suka artikel ini jangan lupa untuk share dan subscribe ya. Karena kami akan membagikan tips dapur, insight bisnis, dan berbagai analisa usaha kecil menengah yang bisa kamu praktekan.

Jenis-jenis beras
Jenis-jenis beras


Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar