Ikuti 5 Tips Berikut Agar Bisnis Tetap Aman Selama Corona

0

Panic buying atau membeli kebutuhan merupakan gejala sosial yang terjadi dimana masyarakat melakukan penimbunan barang-barang untuk mengantisipasi situasi darurat seperti pandemi Corona. Saat ini sendiri sembako, handsanitizer dan masker menjadi salah satu barang yang paling diincar konsumen, sehingga menyebabkan harga melonjak naik, dan terjadi kelangkaan.

Tak hanya menimbulkan gejala sosial yang berefek negative, Corona juga berimbas pada banyak bisnis terutama usaha yang masih berbisnis dengan cara offline. Banyaknya orang yang takut keluar rumah, dan aturan pemerintah yang menganjurkan untuk psyhsical distancing membuat bisnis tertentu mengalami penurunan yang signifikan.

Dari hal ini sebagai pebisnis tentunya Anda bisa belajar untuk mencari tahu, bagaimana mengurangi dampak corona terhadap bisnis yang sedang terjadi saat ini. Berikut News.Ralali.com sudah merangkumnya untuk kamu

#Beralih Menjadi Online

Belanja Online

Langkah pertama yang bisa di lakukan saat ini adalah mengubah bisnis menjadi online. Manfaatkan kecanggihan teknologi seperti media sosial yang bisa membantu Anda untuk memperkenalkan brand usaha, dan produk/jasa yang dimiliki.

Mungkin pada awalnya Anda akan menemui kejanggalan karena belum terbiasa, tapi seiring berjalannya waktu semua dapat dipelajari dan bisa berkembang lebih baik. Tapi perlu diingat dalam bisnis online Anda perlu tahu target pasar yang dituju, misalnya kosmetik dengan brand asal Korea, maka konsumen Anda dapat meliputi kaum millenial yang suka mengikuti trend populer saat itu.

Jadi pastikan Anda mengetahui siapa target konsumen yang dituju, strategi yang digunakan, sehingga tujuan bisnis bisa tercapai dengan baik.

#Pengamanan Ekstra

Social Distancing
Source: safetyandhealthmagazine

Meskipun presiden Jokowi sudah mengeluarkan izin bagi toko yang menjual sembako dan obat-obatan tetap berjualan, bukan berarti Anda boleh berlega hati. Karena jangan sampai justru tempat usaha Anda menjadi tempat penyebaran Covid-19.

Untuk itu buatlah physical distancing dimana kamu bisa membatasi jumlah orang yang masuk ke toko Anda. Serta pastikan juga benda-benda yang disentuh oleh calon konsumen/ konsumen selalu dijaga kebersihannya. Untuk Anda sebagai penjual sendiri gunakan sarung tangan untuk menghindari kuman yang berpindah dari benda yang sudah di sentuh orang lain.

Untuk melengkapi perlindungan diri gunakan handsanitizer setelah menyentuh permukaan barang-barang tertentu, dan membersihkan barang-barang tersebut secara rutin dengan cairan pembersih. Jika perlu lakukan test Covid 19 disini

#Menyediakan Disinfektan

Disinfektan

Seperti yang sama-sama kita tahu kalau salah satu cara menghancurkan virus Corona adalah dengan rajin mencuci tangan dan membersihkan tangan, permukaan benda yang sering disentuh menggunakan disinfektan.

Hal ini juga sendiri bisa dipraktekan saat di tempat umum loh! Letakan disinfektan di tempat yang mudah dijangkau sehingga saat calon konsumen mengunjungi toko Anda, mereka bisa merasa lebih tenang karena merasa terjamin kebersihannya.

Disinfektan sendiri juga merupakan solusi alternatif pengganti cuci tangan yang efektif saat berada di tempat umum. 

#Mengedukasi Karyawan Untuk Hidup Sehat

Cara menggunakan masker
Source: Google Image

Sangat berbahaya jika ternyata salah satu karyawan yang ada miliki terinfeksi virus Corona, untuk itu cobalah untuk selalu mengingatkan karyawan Anda akan pentingnya menjaga kebersihan diri, serta hidup lebih sehat.

Cara lainnya yang bisa ditempuh adalah dengan menjauhkan kontak dengan konsumen, misalnya dengan tidak berjabatan tangan, maupun menggunakan APD (Alat Perlindungan Diri) seperti masker bagi mereka yang sehat, terutama bagi yang sakit agar menghindari resiko penularan virus yang tidak diinginkan. 

# Bekerjasama Dengan Konsumen

Konsumen

Langkah yang tidak boleh dilupakan juga adalah tetap mengedukasi konsumen Anda agar tetap menjaga jarak aman saat berada di dalam toko, juga menggunakan disinfektan sebelum berbelanja. Dengan menjalankan himbauan ini sebagai pemilik toko Anda sudah membantu pemerintah untuk menekan penyebaran COVID 19 dengan cara yang praktis.

Nah, buat bisnis yang juga menggunakan media sosial sebagai platform penjualan, atau informasi. Anda dapat menggunakan media sosial bisnis Anda untuk memberi tahu gaya hidup sehat, cara berpergian yang aman saat harus keluar rumah. Jika perlu tempel berbagai poster di toko Anda untuk menghimbau lebih lagi kepada konsumen Anda.

Nah, itu dia cara-cara mengurangi dampak corona terhadap bisnis yang dimiliki, dan perlu diingat jangan berkecil hati atau menyerah saat menghadapi situasi seperti ini ya. Memang tidak mudah tapi semangat dan optimis kalau badai ini akan cepat berlalu.

Ayo Saling Membantu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar