Tertarik Mencoba Usaha Kuliner? Stop! Kalau Urusan Dapur Sederhana Aja Ngak Tahu

0

Bermimpi besar itu harus tapi gak akan cukup tanpa disertai usaha untuk mewujudkannya. Nah, sama halnya kalau kamu tertarik mencoba dunia kuliner tapi urusan dapur sederhana aja gak tahu. Gimana donk?

Kalau kamu memang tertarik untuk membuka bisnis kuliner cobalah untuk mempelajari hal mendasar yang sederhana terlebih dahulu. Setelah itu baru kamu bisa memiliki peluang berhasil lebih besar di dunia bisnis kuliner. Ok, yuk langsung saja kita cari tahu

Gunakan tissue towel untuk membungkus sayuran

tips dapur

Sayur salah satu bahan makanan yang sulit bertahan lama, hmm mungkin hanya kuat 1-2 hari saja. Tapi tenang dengan cara cerdas berikut ini, kita bisa menyimpan sayur dalam waktu yang cukup lama. Masa sih? Yup, dan ini juga gak sulit dilakukan kok.

Cukup dengan membungkus sayuran dengan selembar tissue towel, dan masukan ke dalam plastik. Oh, iya membungkusnya jangan terlalu kencang ya, serta pastikan kantong tersebut kedap udara.

Nah selain itu sadar atau tidak, ada kesalahan yang suka dilakukan yang akhirnya membuat sayuran rusak lebih cepat, apa saja sih itu? Pertama suka mencuci sayuran padahal kita belum ingin memasaknya, dan yang kedua adalah kondisi kulkas yang penuh sehingga sirkulasi udara tidak seimbang.

Menyimpan stok makanan dalam kulkas

tips dapur

Daripada makan diluar atau pergi bolak balik pergi ke supermarket untuk membeli bahan makanan, ada baiknya jika kamu menyetok daging, sayur dan buah di dalam kulkas. Eits, tapi gak semua makanan bisa disimpan dalam jangka waktu lama ya.

Misalnya saja daging merah, jika disimpan di lemari pendingin akan bertahan 3-5 hari. Berbeda dengan daging ayam yang hanya bertahan 1-2 hari saja. Nah, selain itu ada juga loh makanan yang memang gak boleh diletakan di dalam kulkas seperti roti, kentang serta buah spesifik seperti alpukat, dan pisang.   

Tambahkan garam ke dalam rebusan pasta

tips dapur

Banyak orang berpikir memasak pasta adalah hal yang mudah, tapi siapa yang menyangka ada tips dan trik tersendiri untuk membuat pasta yang lezat. Menurut peneliti The American Chemical Society, Kyle Nackers, mengatakan untuk mendapatkan hasil yang sempurna kamu harus selalu menambahkan garam ke dalam air tapi jangan minyak zaitun.

Kyle Nackers juga menuturkan bahwa pasta terbuat dari telur, air dan tepung, serta dua komponen kimia utama pati dan protein. Hal inilah yang membuat kamu tidak perlu menambahkan minyak saat merebus pasta.

Hmm, hal ini tentunya agak sedikit bertolak belakang dengan para chef yang berpendapat minyak dapat membuat pasta tidak lengket.

Sebagai gantinya kamu bisa merebus pasta dengan air mendidih yang sudah ditambahkan 1-2 sendok garam. Sambil sesekali mengaduknya agar tidak menempel satu sama lain. Disini garam juga berfungsi untuk meningkatkan rasa pada pasta.

Menggunakan Air Rebusan Pasta Untuk Membuat Saus

tips dapur

Gak lengkap rasanya kalau makan pasta tanpa saus. Nah, kalau kamu berencana untuk membuat saus pasta-mu sendiri, kamu bisa memanfaatkan air rebusan pasta sebagai campurannya.

Memanfaatkan air rebusan pasta yang sudah di beri garam sebelumnya, dapat memberikan rasa yang lezat dan gurih pada pasta buatanmu.

Memotong Cake tanpa pisau

tips dapur

Yup kamu gak salah baca kok. Untuk membelah cake kamu bisa menggunakan alat alternatif lainnya selain pisau, seperti benang dental floss. Cara ini tentunya lebih memudahkan para pemula untuk membagi  cake menjadi beberapa bagian.

Sebelum memotong cake beri tanda terlebih dahulu di permukaan kue, lalu ambil benang dan rentangkan diatas bagian kue yang sudah ditandai. Tarik benang ke arah belakang secara sejajar hingga cake terbagi dengan rata.  

Telur goreng yang bulat sempurna.

tips dapur

Telur adalah bahan makanan yang sangat familiar, dan sering ada di meja makan setiap harinya. Meskipun begitu apakah kamu sudah bisa membuat telur goreng bulat sempurna dan lezat?

Agar dapat menghasilkan telur goreng bulat sempurna, coba deh masukan telur kedalam irisan bawang bombay agar rapi dan tidak menyebar kemana – mana.

Selain itu cobalah gunakan api kecil agar telur mencapai kematangan yang sempurna.  

Mengurangi Rasa Asin Pada Makanan

tips dapur

Keasinan saat masak? Tenang saja jangan panik. Cukup tambahkan potongan kentang pada masakan kamu itu. Kemampuan kentang untuk menyerap asin sangat cepat sehingga kamu bisa memanfaatkannya untuk bahan penetralisir yang asin yang berlebihan.

Selain kentang ada pula bahan lainnya seperti gula pasir, susu dan saus tomat yang merupakan alternatif yang cukup ampuh menetralisir rasa asin. Lalu bagaimana jika masakan yang dibuat terlalu manis? Teteskan saja air lemon yang mampu mengurangi rasa manis. Mudah kan.

Nah, langsung aja di coba dan kalau kalian punya tips dapur lainnya yuk sharing dengan kami dengan meninggalkan comment.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.