Mengenal Jenis Krim & Kegunaannya Di Dunia Bisnis Kuliner

0

Tidak banyak yang tahu, krim ternyata bukan saja dapat digunakan sebagai topping, tapi juga bisa dipakai sebagai campuran adonan loh. Selain itu jarang pula yang tahu ,kalau ternyata banyak sekali krim yang beredar di pasaran dengan jenis dan teksturnya yang berbeda – beda.

Nah, hal ini tentunya perlu banget diketahui oleh kamu yang suka bereksperimen di dapur dan punya bisnis kuliner, tahu kenapa? Karena tidak semua krim cocok dengan olahan makanan dan minuman.

Oke jadi sebenarnya apa saja sih jenis jenis krim yang cocok untuk bisnis kuliner kamu yuk cek di bawah ini

Single cream

Krim ini sering disebut sebagai krim segar, tapi berbeda negara berbeda juga namanya. Di Inggris krim ini dikenal sebagai single cream, namun di negara paman sam disebut light cream.  

Nah, krim jenis ini memiliki kandungan lemak yang cukup rendah yaitu 18-25% dan biasanya digunakan untuk campuran dalam kopi, puding dan sup.

jenis krim

Thick Cream

Dari namanya kamu pasti sudah bisa menebak hasil akhir olahan krim ini. Jika di Inggris krim ini sering disebut double cream, maka di Amerika jenis krim ini lebih dikenal sebagai thick cream.

Memiliki kadar lemak 36-48% serta memiliki tekstur yang cepat mengental saat dikocok. Thick cream sering ditemui sebagai penghias kue, dan campuran masakan atau hidangan penutup.

jenis kue

Krim kocok

Kamu pasti erat dengan krim kocok atau whipped cream. Krim jenis ini bisa dikatakan cukup multifungsi karena dapat dicampur dalam adonan kue ataupun topping.

Memiliki kandungan lebih rendah dari krim kental, hanya 30-35%/

Untuk proses pembuatannya sendiri kamu perlu berhati – hati. Agar mendapatkan hasil yang cepat, fluffy dan halus, matikan mixer setiap 1 menit, atau turunkan kecepatan hingga rendah dan naikkan lagi kecepatan. Ulangi beberapa kali dan tahan dengan kecepatan tinggi hingga krim menjadi putih dan ringan.  

jenis krim

Baca Juga: Tips Bikin Kue Anti Gagal Untuk Bisnis Pemula

Krim Kocok Instants

Meskipun terlihat mudah, membuat whipped cream juga harus disertai teknik yang baik. Karena tanpa skill yang cukup, krim jenis ini bisa menjadi sangat padat dan sulit digunakan.

Nah, kalau kamu masih merasa kesulitan untuk membuat whipped cream, tidak masalah jika kamu memilih krim instan yang tinggal semprot. Memiliki rasa yang agak manis dan biasa dijual dalam kemasan tabung. Serta banyak digunakan untuk menghias es krim, kopi atau milkshake.

jenis krim

Chantilly Cream

Wah jenis krim apa ya itu? Tenang, gak usah bingung meskipun namanya unik dan mungkin sedikit kurang familiar. Chantilly cream adalah hasil perpaduan whipped cream yang diberi gula dan aroma tertentu.

Untuk membuatnya pun cukup mudah, pertama masukan semua bahan dan peralatan yang akan digunakan kedalam lemari es. Selanjutnya siapkan baskom berisi air dan es batu, lalu letakan mangkuk yang sudah didinginkan ke dalam baskom.  

Setelah itu masukan krim kental dan mix dengan kecepatan sedang, jangan lupa tambahkan 1 sdm gula, 1 sdm aroma essence sesuai selera. Nah, krim ini cocok untuk menghias cake atau puding.

jenis krim

Sour Cream

Krim asam yang merupakan hasil fermentasi sehingga mempunyai rasa asam dan gurih. Sering dijadikan campuran untuk sup atau saus. Jika kesulitan untuk mendapatkannya di supermarket, kamu juga bisa mencoba untuk membuatnya sendiri loh.

Pertama kocok krim encer 250 ml krim cair dengan 1 sdt air jeruk nipis atau cuka, selanjutnya campurkan 250 ml krim cair lagi, dan diamkan di tempat sejuk selama 24 jam. Langkah akhir simpan di lemari es selama 24 jam lagi.  

jenis krim
Krim Bubuk

Sesuai namanya krim ini awalnya berbentuk seperti susu bubuk, dan untuk cara penggunaanya sendiri cukup tambahkan susu dingin atau air es. Lalu kocok dengan mikser hingga berubah menjadi kental. Krim jenis ini sering dijadikan topping dalam secangkir kopi.

jenis krimTips Menyimpan Krim
Sedikit tips nih agar krim dapat bertahan lama, pertama bedakan dahulu krim yang tergolong dairy cream dan non-dairy cream. Misalnya krim bubuk tergolong non dairy cream, so kamu gak perlu menyimpannya dalam lemari es. Sedangkan dairy cream yang berbentuk cair, harus di simpan di lemari es setelah dibuka. Nah itu dia jenis krim dan kegunaanya semoga bermanfaat ya.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.