Tips Penggunaan Tepung Terigu & Aneka Bahan Kue Lainnya Dalam Dunia Kuliner

0
Tepung terigu
Tepung terigu untuk aneka jenis kue

Membuat kue yang enak dan memiliki tekstur yang baik bukanlah perkara mudah. Pasalnya perlu latihan terus menerus agar bisa menemukan formula yang tepat, hingga akhirnya bisa menjadi pebisnis kuliner yang memiliki produk kue dan cakenya berhasil memikat hati para pembeli.

Jangan patah arang jika saat ini kamu belum berhasil. Percayalah tidak ada usaha yang menghianati hasil, dan yakinlah peluang bisnis kuliner di tanah air masih terbuka lebar untuk kamu.

So, sebelum sampai ke puncak keberhasilan itu ada loh beberapa hal teknik dasar membuat kue yang harus diketahui 

Mengayak tepung terigu sebelum digunakan

Mengayak tepung terigu
Mengayak tepung terigu

Apakah kamu sering menemukan instruksi untuk mengayak tepung sebelum digunakan untuk pembuatan kue? Bukan tanpa alasan loh instruksi ini dimasukan dalam sebuah resep panganan tradisional maupun modern. 

Asal tahu aja ya, kalau penapisan tepung terigu merupakan teknik di dapur akan sangat berpengaruh pada tekstur kue dan cake  yang dibuat. Hasilnya nanti akan terlihat jelas pada halus atau tidaknya permukaan kue tersebut. 

Semakin mudah tepung bercampur dengan adonan, semakin pula proses pengadukan yang diperlukan. Hal ini diperlukan untuk mencegah adonan menjadi kempis dan mengeras karena tepung yang terlalu lama diaduk. 

Pasalnya tepung terigu sendiri merupakan bahan dasar pembuat kue yang terbuat dari gandum, yang mudah menggumpal. Mengapa bisa terjadi? Ini dia alasannya

Memilih tepung terigu yang tepat untuk aneka jenis makanan

Cara membuat martabak
Source: Pinterest

Seperti yang kita tahu tepung terigu merupakan bahan pembuatan kue dan cake, namun ada yang harus diperhatikan nih kalau berbeda jenis panganan, berbeda juga jenis tepung terigu yang digunakan. Apa saja itu? Yuk cek disini

  • Tepung protein tinggi cocok digunakan untuk membuat makanan dari tepung terigu yang membutuhkan kekenyalan tingkat tinggi misalnya mie, roti tawar, mie basah hingga martabak, atau membuat kulit martabak. Dengan menggunakan tepung terigu jenis ini, hasil makanan yang dihasilkan akan mengembang, lembut, dan elastis. Namun di samping kelebihan yang sudah disebutkan tepung ini juga mempunyai kelemahan, yaitu membuat makanan olahan menjadi cepat basi.
  • Tepung terigu protein sedang, sangat baik untuk membuat aneka makanan yang bertekstur lembut dan cukup mengembang seperti bolu, brownies, martabak manis, pastel, kroket, maupun puff pastry. 
  • Tepung terigu protein rendah bisa menjadi pilihan saat kamu ingin membuat olahan kue kering, kue coklat, lapis surabaya, pancake, kue cubit maupun kerupuk. Selain memberikan hasil akhir yang kenyal, renyah, dan elastis. Kelebihan tepung ini adalah membuat makanan menjadi tahan lama tanpa hingga 6 bulan kedepan.

Kalau kamu bertanya apa perbedaan jenis tepung terigu di atas, maka jawabannya sangat mudah, terletak pada kandungan proteinnya, yang akan mempengaruhi hasil akhir tekstur makanan yang dibuat.

Mengetahui fungsi telur & cara bagaimana memilih telur yang baik

telur ayam
Telur ayam

Salah satu bahan penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan makanan adalah telur. Disini telur memiliki banyak fungsinya yang harus kamu tahu sebagai pebisnis kuliner

  1. Kandungan lemak, & protein dalam telur bisa menjadi lem yang menyatukan adonan
  2. Memberikan tekstur lembut pada hasil akhir kue
  3. Untuk menambahkan aroma, cita rasa, dan warna pada makanan

Memilih telur yang baik

Bagaimana sih cara memilih telur yang fresh? Tips pertama adalah pilihlah telur yang memiliki kulit berwarna pekat namun cerah. Pasalnya ada telur yang sudah berwarna pucat dan berbintik hitam. Apakah ada pengaruhnya? Tentu saja iya, karena kulit telur memengaruhi isi dan kualitas telur itu sendiri loh.

Selain menentukan dari warna, kamu juga bisa mengetahui telur segar dari permukaan kulitnya. Jika kulit telur tersebut kasar terdapat butiran putih, berarti telur tersebut masih segar.

Tips selanjutnya telur kondisi baik dapat dilihat dari kekentalannya,dan idealnya telur yang akan digunakan untuk membuat kue disimpan pada suhu ruangan. Oh iya, jika resep kue mengharuskan pengocokan terpisah antara putih dan kuning telur, kamu perlu memperhatikan wadah yang digunakan bersih tanpa sisa minyak atau air. Dengan begitu putih telur akan mengembang dengan sempurna.    

Memilih gula yang tepat untuk jenis kue

tips bikin kue
Jenis gula untuk membuat kue

Gula bukan saja pemanis tapi juga pengawet alami yang membuat makanan lebih tahan lama. Untuk itu pastikan kamu sudah memilih gula yang tepat dan sesuai dengan jenis kue yang akan dibuat.

  • Gula pasir adalah gula putih bertekstur kasar dan lebih besar, biasa digunakan sehari-hari untuk masakan maupun aneka kue.
  • Gula castor adalah gula putih yang memiliki tekstur lebih halus. Cocok digunakan untuk membuat kue karena gula ini mudah menyatu pada adonan, serta dapat menghasilkan kue yang renyah dan warna yang cantik.
  • Gula jawa (palm sugar) adalah gula yang cocok untuk membuat muffin atau brownies. Memiliki rasa yang lebih gurih dan cenderung lebih sehat jika dibandingkan dengan jenis gula lainnya. 

Teknik pengocokan dan pengadukan adonan

Mixing
Mixing

Dalam proses pengocokan adonan, ada dua cara yang bisa dilakukan pertama menggunakan mixer. Nah, mengaduk adonan dengan mixer harus diawali dengan kecepatan rendah, lalu naikkan kecepatan secara bertahap untuk mengembangkan adonan.

Cara kedua dengan menggunakan spatula. Jika mengocok adonan menggunakan spatula, gunakan teknik aduk balik. Untuk caranya potonglah adonan di bagian tengah hingga menyentuh dasar. Kemudian telusuri dasar mangkuk ke arah belakang, kembali ke atas samblik membalik adonan. Teknik ini membuat udara dalam adonan tidak keluar dan tetap mengembang.

Memanggang adonan

Memanggang kue
Memanggang kue

Teknik terakhir yang tak kalah penting dalam proses pembuatan kue adalah proses memanggang. Sebelum memasukan adonan kue panaskan terlebih dahulu oven selama kurang lebih 10 menit, dan dengan suhu yang sedang. Disarankan untuk tidak membuka pintu oven agar kue mengembang dengan sempurna.

Nah, itu dia teknik dasar yang bisa di praktekan. Semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk membuka peluang bisnis kuliner di tanah air ya, untuk mengetahui cara sederhana untuk membuat kue dari tepung terigu, dan aneka resep kue dari tepung terigu

Oh ya, jangan lupa untuk pandai melihat moment perayaan besar seperti idul fitri, natal, 17 agustus, & hari besar lainnya yang bisa menjadi ajang untuk mengumpulkan pundi-pundi uang lebih di hari biasanya.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar