6 Panganan Tradisional yang Masih Populer di Era Modern

0

Siapa yang masih inget betapa bahagianya waktu SD dulu, pas lagi jam istirahat atau pulang sekolah ngeliat penjual jajanan-jajanan tradisional yang berjejer di depan sekolah. Mulai dari lidi-lidian, martabak mini, es potong, rambut nenek, permen ayam dan masih banyak lagi panganan tradisional lainnya yang bikin kangen.

Tapi sayangnya hanya beberapa jajanan masa kecil kita saja yang masih eksis sampai saat ini, pastinya dengan berbagai modifikasi, seperti yang berikut ini

Kue Cubit

panganan tradisional
panganan tradisional

Salah satu jajanan populer di Jakarta. Kecil, manis dan nikmat saat dimakan saat setengah matang, yum! Kue manis yang terbuat dari campuran susu, tepung terigu dan dicetak dalam cetakan baja ini, kini bukan saja bisa ditemui dengan toping taburan coklat / warna-warni. Tapi juga dengan berbagai varian taburan seperti keju, nutella, cokelat, kitkat, hingga adonan yang beraneka rasa maupun warna..

Pisang Goreng

Pisang goreng
Pisang goreng

Makanan ringan yang terbuat dari potongan pisang, dan terbuat dari adonan tepung ini, merupakan makanan yang bukan saja terkenal di tanah air, tapi juga di negara tetangga seperti Malaysia & Singapura. 

Rasanya yang manis legit di dalam, dan garing di luar selalu bikin nagih, apalagi kalau sudah di tambah taburan cokelat, keju di atasnya. Namun saat ini kamu juga tahu dong kalau sudah banyak modifikasi terhadap makanan ini seperti nugget pisang dengan toping kekinian seperti matcha, nutela, dan banyak lagi.

Cireng

cireng
Cireng

Makanan khas Sunda yang cukup terkenal pada era 80-an, dibuat dengan tepung tapioka atau kanji, dan dimakan dengan saus oncom. Bedanya sekarang cireng sudah banyak dijual dengan isian yang sangat beragam kayak keju, kornet, sosis, maupun daging ayam. 

Selain itu kalau dulu gorengan ini biasa ditemui dijajakan oleh pedagang pinggir jalan, saat ini kamu sudah bisa membeli cireng di gerai-gerai mal.

Mochi

mochi
mochi

Kalau lagi mampir ke Kota Sukabumi pasti nggak lupa beli oleh-oleh kue kenyal yang satu ini, apalagi kalau bukan mochi. Dikemas dalam keranjang bambu, dan diisi oleh 10 kue bundar yang berisikan kacang tumbuk.

Namun semakin berkembangnya zaman, kue yang terbuat dari tepung ketan ini, banyak mengalami perubahan seperti munculnya mochi es krim, mochi rasa keju, matcha, dan variasi lainnya yang disukai kaum millenial.

Martabak

Resep Cara Membuat Martabak Manis Mini
Source: Pinterest

Nggak mau kalah sama panganan tradisional lainnya, makanan yang terbuat dari tepung terigu ini bisa dibuat kekinian loh. Terlihat jelas dari martabak mini yang sudah hadir dengan aneka topping yang beragam dan kekinian. Bukan cuma martabak mini saja yang sudah berkembang, tapi begitu juga dengan martabak telur. Berbagai isian seperti rendang, cabai hijau, dan bentuk yang bervariatif membuat panganan tradisional ini selalu diminati banyak orang.

Surabi

Kue surabi
Kue surabi

Daftar makanan ringan terkahir yang nggak kalah penting lainnya adalah surabi. Biasa disantap dengan oncom maupun taburan gula sekarang sudah memiliki banyak toppining yang tersedia. Baik dari topping yang manis, seperti selai duren, cokelat, maupun taburan keju yang gurih dilidah. 

Itu dia sederet panganan tradisional yang bisa menemani kamu, atau sekedar dijadikan ide bisnis. Jangan takut untuk mencoba jika ingin memiliki bisnis kue sendiri, karena kamu tidak akan pernah tahu hasilnya jika belum mencoba.

Jangan lupa untuk ngintip juga analisa bisnis martabak mini, aneka resep martabak mini yang bisa jadi ide untuk bisnis kuliner kamu.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar