Mengintip Manisnya Peluang Bisnis Martabak yang Menjanjikan

1

Mengulik peluang bisnis martabak manis lengkap dengan resep dan cara pembuatannya

Martabak sudah lama dikenal sebagai jajanan tradisional yang legendaris di tanah air. Rasanya yang gurih, tekstur yang tebal dan topping yang bervariatif membuat camilan asal Bangka ini tidak pernah kehilangan pesonanya di dunia kuliner. Tak mengherankan dong kalau pada akhirnya martabak dipandang sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

Manisnya Bisnis Martabak di tanah air

Bisnis martabak
Bisnis martabak

Modernisasi menuntut perubahan dari waktu ke waktu. Hal ini berlaku di dunia kuliner loh. Terlihat dari banyaknya kedai martabak yang menawarkan rasa kekinian, dan topping yang makin beragam. 

Hal baru ini sendiri memang perlu dilakukan, karena dalam bisnis si pemilik perlu berinovasi dan memiliki kreativitas yang tinggi, sebagai salah satu strategi untuk bisa bertahan lama di usaha kuliner. 

Jenis -jenis martabak Populer di Indonesia

Martabak Telur

Martabak telur
Martabak telur

Martabak gurih dengan tekstur crispy ini bisa menjadi peluang bisnis martabak yang menjanjikan loh. Nikmat dimakan dengan kuah cuka, yang berpadu dengan potongan timun segar, yum!

Terbuat dari kulit lumpia, potongan daging, telur, dan sayur-sayuran yang menyatu dengan aroma rempah. Membuat martabak telur menjadi primadona, sekaligus menjadi ide peluang usaha yang menjanjikan. Terdapat beberapa pilihan telur yang bisa digunakan seperti telur ayam, atau telur bebek, dengan jumlah telur yang bisa disesuaikan, 2 telur, 3 telur, atau 4 telur. Nikmat disantap saat panas sebagai camilan dan usaha kuliner yang menjanjikan.

Martabak Manis

Bisnis Martabak mini
bisnis martabak mini

Hangatnya sepotong martabak manis, ditemani secangkir kopi pahit membuat sore jadi sempurna. Tekstur tebal dan lembut pada gigitan pertama, membuat kita susah berhenti untuk menyantapnya. 

Makanan dari tepung terigu, telur, dan santan, plus isian coklat atau keju yang meleleh, bikin siapapun jatuh cinta. Udah enak, mudah dibuat dan sangat menguntungkan.

Nah. bagaimana kamu tertarik mencobanya? Buat kamu yang tertarik menjalankan bisnis martabak manis, berikut kami rangkum beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum memulai usaha tersebut.

Memulai Bisnis Martabak Manis 

Cara Membuat Martabak
Cara Membuat Martabak

Hal pertama yang harus disiapkan untuk memulai bisnis martabak adalah modal usaha. Nantinya modal usaha ini akan digunakan sebagai biaya operasional bisnis martabak untuk membeli perlengkapan dan bahan bahan membuat martabak.

Mau tahu apa saja yang dibutuhkan untuk bisnis Martabak Manis? Berikut daftarnya 

Bahan-bahan membuat martabak

Bahan Bahan membuat martabak
Bahan Bahan membuat martabak

Setelah semua perlengkapan berikutnya yang harus disiapkan adalah bahan-bahan untuk membuat martabak. 

  • Tepung Terigu
Tepung terigu
Tepung terigu

Merupakan bahan dasar dalam proses pembuatan martabak. Pilihlah tepung terigu yang tidak berbau, dan berkualitas baik. Sebelum digunakan jangan lupa untuk diayak terlebih dahulu, agar tercampur sempurna dengan adonan.

Untuk membuat martabak yang legit dan bersarang, tepung terigu yang disarankan adalah jenis tepung berprotein tinggi. Simpan di tempat tertutup dan ada baiknya tidak menyimpannya terlalu lama. Karena dapat mengurangi kualitas tepung itu sendiri.

  • Telur
Telur ayam
Telur ayam

Dalam proses pembuatan martabak, telur berguna sebagai pengembang dan pengempuk. Membuat martabak yang dihasilkan lembut, beraroma, dan berwarna kuning keemasan. Selalu gunakan telur yang berada di suhu ruangan agar adonan tidak mengempis.

  • Gula Pasir
 gula pasir
gula pasir

Selain telur, bahan lainnya yang nggak kalah penting adalah gula pasir. Bukan saja pemberi manis pada martabak, tapi juga menghasilkan warna kuning yang menggugah selera. Takaran gula yang kurang akan membuat kulit martabak keriput, dan jika terlalu banyak martabak akan hangus.

  • Garam
Sea salt
Sea salt

Bukan hanya berfungsi sekedar untuk memberi rasa gurih, tapi juga berguna sebagai pengontrol adonan. Gunakan garam sebanyak 2% dari banyak tepung yang digunakan.

  • Air
Mixing
Mixing

Diperlukan untuk melarutkan dan mempermudah pencampuran semua bahan agar sempurna serta memiliki tekstur yang kenyal.

  • Mentega 
Apa Perbedaan mentega dan maragarin
source: www.blueband.co.id

Sebelum tahu pentingnya margarin dalam pembuatan martabak, kamu harus tahu dulu nih kalau mentega itu berbeda dengan margarin. Mentega terbuat dari lemak hewani, sedangkan margarin dari tumbuhan. Untuk perbedaan lengkapnya baca disini

  • Butter
Butter
Butter

Salah satu alasan mengapa martabak memiliki aroma yang menggugah, rahasianya ada pada penggunaan butter. Di pasaran kamu bisa menemukan butter dengan berbagai macam merek dan kualitas. Namun jika ingin membuat martabak ekonomis dan beraroma, kamu bisa menggunakan margarine beraroma butter.

  • Soda Kue
Baking soda
Baking soda

Kunci membuat martabak yang bersarang yaitu soda kue. Meskipun bahan pengembang ini bukan hal wajib yang harus ada, namun ada baiknya jika ditambahkan pada adonan dengan takaran yang pas. Karena jika berlebihan justru akan memberikan rasa pahit. Cukup gunakan 1 sdt untuk per kilogram tepung terigu.

  • Topping
coklat
coklat

Last but not least, yang harus dipersiapkan adalah isian martabak, seperti coklat meses, keju dan kacang-kacangan. Jika suka kamu juga bisa memilih topping yang sedang hits di kalangan masyarakat. Seperti ovomaltine, nutella, dan topping lainnya.

Nah, setelah mengetahui bahan-bahan yang digunakan. Sekarang saatnya kita mengintip proses pembuatan martabak.

Resep Martabak Manis

cara dan bahan membuat martabak
cara dan bahan membuat martabak

Proses pembuatan yang tepat akan menghasilkan martabak manis yang bertekstur kenyal, legit, dan meleleh di mulut. Namun memang praktek tidak semudah teori. So, jangan menyerah jika dalam prosesnya kamu menemui kegagalan. Teruslah mencoba sampai kamu berhasil menciptakan martabak manis yang bisa disukai para konsumen. 

Biar makin afdol penulis mau kasih tahu resep martabak yang bisa dipraktekan untuk bisnis martabak kamu

Resep Martabak Manis yang lembut dan bersarang

  • 125 gram tepung terigu protein sedang
  • 180 ml air matang
  • 2 sendok makan margarin
  • 2 sendok butter
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan susu bubuk (opsional)
  • 1 butir telur ayam
  • 1/4 sendok teh soda kue
  • susu kental manis secukupnya

Cara membuat martabak manis

  1. Campur terigu yang sudah diayak, 2 sdm gula pasir, soda kue, susu bubuk dan air . Campur hingga sempurna.
  2. Diamkan selama 30 menit hingga adonan mengembang
  3. Sambil menunggu adonan, lumerkan margarin dan butter, sisihkan.
  4. Kocok lepas telur ayam hingga tidak ada yang menggumpal
  5. Panaskan loyang martabak dengan api kecil, dan tuangkan sampai setengah bagian teflon.
  6. Tunggu hingga setengah mengering, dan bergelembung. Setelah itu tambahkan gula di permukaannya.
  7. Tutup loyang dan diamkan hingga matang merata.
  8. Setelah berwarna kuning keemasan, olesi martabak dengan margarin dan butter. Tambahkan susu kental manis, lalu potong sesuai selera.

Itu dia peluang bisnis martabak mini yang cukup menjanjikan, beserta cara membuat martabak yang bisa kamu praktekan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu para pengusaha yang ingin membuka bisnis martabak.

Oh ya jangan lupa untuk melengkapi peralatan masak, dan keperluan usaha martabak lainnya seperti gerobak jualan dengan harga terjangkau di platform online yang terpercaya.

Untuk tahu peluang bisnis kuliner lainnya yang bisa seperti bisnis martabak mini, resep martabak manis mini yang ekonomis, semuanya bisa kamu temukan di newsRalali.com

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
1 Komen
  1. […] mengetahui info kuliner hits lainnya, maupun bisnis kuliner yang bisa jadi peluang usaha, seperti bisnis martabak, bisnis martabak mini, hingga berbagai makanan […]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar