Ini Dia Peluang Usaha yang Potensial di Surabaya. Nomor 4 Cocok Banget!

0

Surabaya merupakan kota terbesar di Indonesia dan menjadi yang paling terpadat kedua di Indonesia. Surabaya telah berhasil menarik perhatian para pebisnis untuk melihat peluang dan membangun usahanya disini. Secara infrastruktur, Surabaya dapat dikatakan sudah lengkap dengan sistem transportasi yang memadai, baik untuk melayani perjalanan lokal maupun internasional, menjadikan banyak pendatang yang berbisnis di kota ini. 

Pada sisi yang sama, Surabaya punya pelabuhan Tanjung Perak yang menjadi tempat transaksi distributor, produsen, supplier, atau cara bisnis-bisnis lainnya. Surabaya maka demikian menjadi kota yang lebih mudah untuk membangun usaha. Oleh karenanya, sudah pasti peluang usaha di Surabaya menjadi potensial dan dapat anda coba!

Intip Potensi Usaha Menjanjikan di Surabaya. Simak Selengkapnya! (*dok: Ralali.com)

Bagi Anda yang merupakan asli Surabaya, tentunya perlu lebih jeli dan dapat bersaing dengan para pebisnis pendatang. Untuk anda pula yang tinggal di luar Surabaya, tetapi telah melihat peluang usaha di Surabaya, anda juga harus mampu cerdas memanfaatkan peluang dan siap bersaing dengan pengusaha lainnya. Dengannya, ramainya pebisnis di Surabaya juga turut membuat kota tersebut dianugerahi penghargaan sebagai lokasi investasi utama di tahun 2011 yang membuat tingkat investasi di kota ini meningkat secara cepat.

Dengan begitu tak heran jika Surabaya memiliki banyak potensi bisnis yang besar dan menguntungkan. Berikut Ralali.com telah merangkum rekomendasi bisnis yang paling berpotensi di Kota Surabaya.

Rekomendasi Usaha yang Dapat Anda Coba di Surabaya! Nomor 4 Jadi Paling Favorit!

1. Peluang Usaha Kuliner yang Strategis

Surabaya memiliki segudang kuliner khas yang sangat menggugah selera baik untuk penduduk lokal maupun para pendatang. Sebagai contoh rawon setan, lontong balap, soto bening dengan koya, tahu tek, dan makanan khas lainnya banyak dicari oleh masyarakat. Surabaya dapat anda manfaatkan untuk berbisnis kuliner, dan berselancar pada makanan khas-khas Surabaya. 

Namun, membuka kuliner khas Surabaya telah menjadi umum, meskipun ada potensi untung besar. Oleh karenanya, anda dapat membawa makanan kuliner khas lain, untuk dibuka di Surabaya. Misalnya kue pancong lumer yang terkenal di area Jabodetabek, dapat anda ekspansikan ke Surabaya dengan membuka usaha tersebut di sekitar area kampus yang mana banyak pendatangnya.

Dalam menjalankan bisnis kuliner, Anda perlu cermat melihat peluang usaha kuliner disertai strategi bisnis yang baik. Peluang itu dapat anda lihat di sosial media, seperti Instagram dan Tiktok yang sering menyajikan konten makanan viral sehingga anda dapat terinspirasi dari konten-konten tersebut. Sebetulnya, usaha kuliner tak harus mengeluarkan modal yang besar, dimulai dari usaha dengan gerobak dan tenda pun asalkan makanan yang ditawarkan relevan dan berkualitas akan tetap dicari oleh banyak orang. Untuk itu, segmentasi pasar merupakan hal penting yang perlu diperhatikan.

Bagi anda yang sudah memiliki tempat atau lokasi usaha strategis, anda juga dapat membuka usaha kedai, rumah makan, ataupun restoran khas Surabaya. Semuanya adalah kembali kepada pilihan anda, dan kami hanya memberikan rekomendasi peluang yang dapat dimaksimalkan celahnya. Dengan memanfaatkan teknologi dan menerapkan strategi bisnis yang tepat, bisnis kuliner Anda akan berkembang dengan pesat.

Bagi Anda yang baru memulai bisnis kuliner, tak perlu khawatir temukan kebutuhan bisnis dengan cepat, mudah, dan aman dengan Ralali.com. Dapatkan kebutuhan usaha kuliner Anda dengan harga terbaik hanya disini.

2. Peluang Usaha dengan Bisnis Ekspedisi yang Potensial

Selain kuliner, melihat aktivitas perdagangan yang pesat di Surabaya, hal ini dapat menjadi peluang besar untuk membangun bisnis dalam bidang ekspedisi barang. Terlebih lagi, pengiriman barang yang dilakukan dari Surabaya ke berbagai kota-kota besar dan kecil wilayah timur Indonesia juga sangat tinggi. Apalagi ketika menjelang libur hari raya, biasanya terjadi peningkatan dalam penggunaan jasa ekspedisi ini. 

Peluang usaha ini semakin terangkat oleh gelombang permintaan yang semakin melonjak seiring dengan berkembangnya penggunaan platform belanja online. Kini, bisnis ekspedisi tidak hanya sekadar pengantar barang, tetapi juga sebagai pilar utama dalam menghubungkan penjual dan konsumen.

Dorongan pertumbuhan bisnis ekspedisi di Surabaya sangat potensial, dipicu oleh perubahan gaya konsumsi masyarakat yang cenderung beralih ke belanja online. Dari itu, anda dapat memanfaatkan peluang ini di Surabaya dengan menjadi agen drop point bagi penyedia layanan ekspedisi ternama seperti JNE, J&T Express, dan Ninja Express. 

Proses pendaftaran menjadi agen drop point relatif sederhana, dengan persyaratan yang termasuk pengisian formulir, melampirkan KTP, foto buku rekening, dan perencanaan lokasi usaha yang anda inginkan. Pendanaan awal yang diperlukan untuk bergabung berkisar antara 10 hingga 25 juta rupiah. Setelah tergabung, Anda memiliki potensi komisi yang menguntungkan, mulai dari 15 hingga 35 persen dari biaya pengiriman per paket. Inilah kesempatan bisnis yang menggiurkan untuk menggapai sukses di Surabaya

Temukan kebutuhan bisnis ekspedisi mulai dari packing barang kecil hingga besar hanya disini. Bagi Anda yang belum memiliki kendaraan untuk mengantar barang, Ralali.com menyediakan jasa penyewaan kendaraan pengiriman barang dengan harga terbaik hanya disini.

3. Bisnis Fotokopi

Dari sektor jasa, Surabaya telah dikenal dengan banyaknya mahasiswa yang berlalu-lalang dalam aktivitas akademik mereka. Melihat ini, bisnis fotokopi dapat dikatakan tidak pernah mati, alias pasti terus bertahan, terlebih jika memilih tempat di sekitar area kampus di Surabaya. Bahkan, jika anda menemukan bahwa terdapat banyak usaha fotokopi yang sudah terbangun duluan, anda tetap dapat membukanya di area universitas lain yang sangat banyak di Surabaya, juga di sebelah-sebelah area kantor.

Oleh karenanya, secara tempat, anda tidak perlu memetakan lagi karena fondasi letak fotokopi ini harus berada, telah anda ketahui. Bisnis fotokopi lumayan butuh modal besar, tetapi jika anda ingin yang berjangka panjang dan tidak berlika-liku jatuh bangun, bisnis ini menjadi salah satu yang “pasti”.

4. Usaha Warung Kopi atau Giras

Warung Kopi (Warkop) adalah sesuatu usaha warung sederhana yang sudah kita kenal sekarang. Namun, Surabaya punya nama yang berbeda. Warkop di sana disebut Giras. Giras biasanya dibisniskan oleh orang Lamongan, Gresik, dan Madura. Kopi giras sudah punya nama di Surabaya, dengan berbagai macam nama lanjutan, seperti Giras Ijo dan Giras Kita di sekitar Gubeng, Surabaya.

Secara basic memang mirip-mirip warkop yang sudah kita kenal. Namun, giras dianggap lebih ramah pengunjung karena akan memberikan fasilitas unik, seperti stop kontak tempel di setiap meja, WiFi, dan nasi bungkus yang murah-meriah. Giras pada umumnya di Surabaya juga mengusung konsep buka 24 Jam yang membuatnya beda dari warkop yang kita kenal.

Oleh karena itu, menjadi peluang bagi anda membuka kopi giras yang autentik dengan market di kalangan muda hingga orang tua di Surabaya. Untuk penempatan lokasi, sebetulnya tidak terlalu harus spesifik, asal anda bisa menyediakan konsep 24 Jam tadi sehingga menjadi daya tarik. Namun, secara lokasi, mungkin akan lebih direkomendasikan apabila mengambil lahan dekat kampus yang menjadi arena kumpul atau nongkrong. Mengenai apa yang diperjualbelikan, anda dapat mensurvei giras lain terlebih dahulu, lalu memberikan modifikasi dan inovasi pada giras yang baru anda buka.

5. Bisnis Kos-Kos an

Kos-kos an salah satunya menjadi pilihan terbaik di Surabaya, sebagai bisnis paling aman dan punya prospek jangka panjang yang bagus. Ini disebabkan Surabaya merupakan kota para pekerja yang bercampur dengan mahasiswa. Seperti di area Jalan Embong Malang sekitar tunjungan Surabaya yang merupakan area gedung perkantoran. Ada pula perkantoran di area Surabaya Barat, tepatnya di sekitar area pakuwon. Karyawan yang bekerja di kawasan-kawasan tersebut pastinya membutuhkan biaya tempat tinggal yang murah untuk menopang kehidupan mereka. 

Selain itu, kesempatan ini juga dapat diambil oleh mahasiswa di area kota Surabaya yang sudah terkenal dan mempunyai banyak warga pendatang, seperti Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Surabaya, UPNV Jawa Timur, Universitas Kristen Petra, dan univ-univ besar lainnya. Setiap universitas tersebut mempunyai area kos-kos an sehingga jika modal anda tidak banyak, anda bisa mulai memberikan segmentasi pasar mengenai lokasi rumah yang hendak anda beli untuk dijadikan kos-kos an.

6. Rental Motor dan Mobil

Bentuk usaha ini membutuhkan modal besar dan maintenance yang berkelanjutan. Itu pula membutuhkan stok barang dan kesiapan untuk mengganti sparepart sesuai umur dan perawatan mobil atau motor. Secara umum, rental mobil dan motor di Surabaya masih sangat menarik dan punya peluang sukses dengan potensi yang cukup tinggi. Potensi Surabaya diperlihatkan dari transportasi umum yang sebetulnya sudah baik, tetapi belum menyeluruh. 

Dampaknya, wisatawan pendatang masih membutuhkan kendaraan yang dapat dimobilisasi secara pribadi di kota Surabaya. Ini menjadi peluang anda untuk menyediakan kendaraan dan sangat potensial sebagai peluang, tinggal penempatan yang harus anda strategikan, apakah mudah terjangkau atau tidak.

7. Bisnis Laundry Kilat dan Self Service 

Laundry kilat atau self service sedang populer di kalangan mahasiswa, terkhusus juga berlaku di Surabaya. Laundry seperti ini mengusung konsep bisnis dengan harga lebih murah sehingga keuntungan berjangka bisa dimaksimalkan per banyaknya pelanggan yang melakukan self service. Saat ini, usaha untuk laundry seperti ini membutuhkan lokasi strategis sehingga anda perlu untuk mapping terlebih dahulu sebelum lokasi anda tentukan. Namun, kelemahan dari laundry seperti ini adalah membutuhkan modal yang besar, meskipun secara bisnis akan terus berkelanjutan. Modal besar itu pula datang dari biaya sewa lokasi, dan biaya mesin cuci dengan kualitas bagus yang tetap membutuhkan perawatan di kemudian hari.

Nah, itulah 7 peluang usaha yang paling potensial di Kota Surabaya. Tentunya, anda pasti akan menghadapi berbagai tantangan dalam bisnis, dan sudah menjadi konsekuensi dalam membuka usaha. Kembali lagi bahwa sebagian di atas adalah rekomendasi yang paling relevan untuk saat ini di Surabaya. Tentu saja perlu ada aspek lain yang anda perhatikan mengenai pembukaan bisnis anda sehingga tidak sekadar ikutan, tetapi memberikan nilai dan keuntungan yang sudah dikalkulasikan secara jelas.

Sebagai pionir B2B marketplace di Indonesia Ralali.com memberikan solusi bagi para pebisnis dengan ragam fitur unggulan. Dimulai dengan fitur unggulan RFQ atau Request For Quotation untuk pemilik bisnis yang memiliki request atau permintaan khusus terkait TV atau barang tertentu lainnya. Request for Quotation (RFQ) merupakan salah satu layanan yang memudahkan para penjual untuk bertemu dengan pembeli yang tepat. Fitur ini memungkinkan pembeli untuk mengajukan kebutuhan usaha sesuai budget tertentu. Penjual produk dapat memberikan penawaran harga yang sesuai dengan kebutuhan pembeli.

Melalui fitur RFQ dari Ralali.com, kami siap membantu Anda memenuhi kebutuhan bisnis dengan seller-seller terpercaya kami. Berbagai barang dan kebutuhan usaha Anda kini siap tersedia kapan saja. Ajukan penawaran Anda sekarang disini. Dapatkan harga grosir terbaik untuk setiap pembelian produk dalam jumlah banyak.

Tak hanya itu, Ralali.com baru saja meluncurkan fitur unggulan terbarunya yakni Ralali Plus, sebagai solusi pengembangan usaha dengan cepat dan terkendali. Ralali Plus diperuntukkan bagi pegiat usaha yang telah bergabung dalam Ralali.com untuk mendapatkan kemudahan pembayaran dalam penuhi kebutuhan berbisnis. Ralali Plus menawarkan berbagai keunggulan, dimulai dari penawaran kemudahan pembayaran dengan single payment, proses approval yang mudah,  transaksi yang transparan dan terekam secara digital, tanpa collateral, tanpa potongan dan biaya tambahan, hingga pemberian promo menarik dan harga yang kompetitif yang dapat memberikan nilai Plus dalam menjalankan bisnis.

Ralali Plus juga dapat digunakan langsung di dalam platform www.ralali.com untuk pemenuhan kebutuhan maupun  pembayaran dan top up tagihan utilitas usaha anda seperti pembayaran BPJS, PDAM, PLN, Pulsa, bahan baku, angsuran, ATK, Alat pendukung kerja, komponen, spareparts, serta berbagai kategori lainnya. Gunakan Ralali Plus di Ralali.com sekarang juga. Kembangkan bisnis Anda dengan mudah dan cepat hanya DISINI. Kunjungi Ralali.com sekarang juga!

Berbagai pertanyaan terkait dapat menghubungi lewat hotline Hello Ralali 1500 465 atau kirim email ke [email protected] untuk info lebih lanjut.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.