Margarin dan Mentega, Beda Atau Sama Sih?

0

Duh apa sih bedanya mentega dan margarin?

Kalau kamu masih bingung membedakan kedua bahan di atas, gak usah khawatir karena di artikel kali ini kita akan bahas perbedaan mentega dan margarin secara mendetail.

Nah, seperti yang kalian tahu kalau kedua bahan yang disebutkan tadi bisa digunakan sebagai pengganti minyak saat memasak, maupun bahan dasar membuat kue. Meskipun begitu masih banyak juga yang belum tahu kalau penggunaan kedua bahan ini bisa mempengaruhi hasil akhir olahan kue.  

 

Margarin vs Mentega

 

  • Bahan Dasar yang Berbeda

Perbedaan pertama dari mentega dan margarin adalah kandungan lemak yang terkandung pada kedua bahan ini. Kalau mentega terbuat dari lemak hewan, yang dimana mengandung kolesterol dan lemak jenuh yang cukup tinggi. Serta mengandung vitamin A,D,E,K.

Berbeda dengan margarin yang terbuat dari lemak tumbuh-tumbuhan, yang juga diperkaya dengan kandungan vitamin A, B1, B2, D, dan E serta omega 3 dan 6.

 

  • Proses Pembentukan

Dalam proses pembentukannya mentega sendiri diperoleh dari hasil susu yang dibiarkan beberapa hari dalam suhu dingin. Hingga membentuk gumpalan dan terpisah dari bagian cairnya.

Lain halnya dengan margarin yang dibuat dari minyak nabati, air, dan bahan lainnya yang akhirnya membentuk krim padat.

 

  • Perbedaan Warna

Diantara kedua bahan ini mentega cenderung lebih pucat dibandingkan dengan margarin, yang memiliki warna yang lebih terang dan cenderung berwarna kuning. Tapi perlu diingat ya, perbedaan ini tidak mutlak sepenuhnya karena ada beberapa mentega juga yang memiliki warna yang lebih kuning ketimbang margarin.

 

  • Tekstur

Jika bicara soal tekstur mentega memiliki tekstur yang lebih lunak  dan cenderung meleleh. Sehingga ada baiknya disimpan di dalam lemari pendingin. Lain halnya dengan margarin yang memiliki tekstur yang lebih stabil dan tidak mudah meleleh, sehingga aman di simpan dalam suhu ruang.

 

  • Rasa & Aroma

Jika bicara soal rasa bisa dibilang mentega mempunyai rasa yang lebih tawar jika dibandingkan dengan margarin. Tapi lagi-lagi hal ini tidak bisa menjadi patokan ya. Karena di pasaran saat ini sudah dijual mentega dengan jenis-jenis tertentu seperti salted butter dan unsalted butter.

Sedangkan untuk aromanya mentega memiliki aroma yang lebih kuat, jika dibandingkan dengan margarin yang memiliki aroma sedikit kecut khas margarin.

 

  • Kegunaan & Hasil Akhir

Seperti yang kita sudah bahas di awal artikel, penggunaan margarin atau mentega ini bisa mempengaruhi hasil akhir olahan kue.

So, kamu harus memperhatikan baik-baik bahan mana yang cocok. Misalnya saja mentega dengan tekstur yang lebih lembut cocok digunakan untuk kue kering. Karena mentega menghasilkan tekstur kue yang lembut dan ringan, sehingga tidak cocok digunakan untuk membuat kue basah seperti cake.

Berbeda lagi dengan mentega, margarin lebih cocok digunakan untuk membuat kue basah. Hal ii disebabkan margarin akan membuat cake lebih kokoh namun lembut, sehingga cake mudah di bentuk maupun dihiasi topping.

Namun jika ingin mendapatkan semua keunggulan mentega dan margarin, biasanya kedua bahan ini dipadukan dengan perbandingan tertentu. Dengan begitu bisa didapat hasil kue yang pas, memiliki aroma lebih wangi, lembut namun tidak mudah hancur.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.