10 Trik Sederhana Bikin Bisnis Kue Laris Manis Pembeli

0

Peluang bisnis kuliner di Indonesia sangat berkembang pesat, salah satunya adalah bisnis kue dan cake. Belum lagi menjelang hari raya besar seperti idul fitri, natal atau perayaan lainnya, yang membuat permintaan kue makin meningkat. Namun untuk bisa mencapai hasil yang maksimal tersebut ada 10 tips yang bisa kamu jalankan:

Practice Makes Perfect

Bisnis kue
Source: Pixabay

Gagal itu biasa, sama halnya saat menjalankan usaha kue, ada kalanya resep untuk jualan yang harus dicoba terus-menerus agar menemukan rasa terbaik. Untuk dapat menemukan rasa dan tampilan yang disukai pasar mintalah pendapat dari orang-orang terdekat. 

Rasa Konsisten

Bisnis Martabak mini
mamime.co.id

Selain semangat berjuang yang tinggi untuk menemukan resep kue yang sesuai, pastikan juga rasa kue yang dibuat konsisten. Jangan sampai pembeli merasakan kue yang dibeli kemarin dengan hari ini berbeda, karena lebih manis atau sebagainya.

Ciptakan Signature Cake 

Tiramisu cake
Tiramisu cake

Dalam sebuah bisnis kuliner kamu diwajibkan untuk memiliki ciri khas sendiri. Salah satunya yaitu dengan menciptakan produk signature sendiri.

Produk signature ini jugalah yang nantinya akan menjadi daya tarik bagi konsumen. Sekaligus menjadi identitas brand dari & restoran yang dimiliki.

Tapi perlu kamu tahu ada kalanya rencana tidak berjalan sesuai harapan. So, jangan berkecil hati jika produk signature tidak populer seperti yang diharapkan, karena ini hanya soal selera.

Packaging & Dekorasi Cake yang Eksklusif

Rainbow cake
Rainbow cake

Nggak bisa dipungkiri tampilan kue yang cantik dan warna yang menarik, selalu menjadi daya tarik para pembeli, terutama millenial yang punya kebiasaan untuk memposting makanan mereka sebelum di konsumsi.

Tak hanya tampilan kue Instagrammable yang menjadi daya pikat. Karena design packaging yang menarik, terutama untuk produk yang akan di take away juga menjadi salah satu kunci keberhasilan sebuah bisnis kue. Pasalnya anak-anak zaman now memiliki kebanggan tersendiri saat menenteng kotak kue yang terlihat branded dan elegan.

Menggunakan Media Sosial Untuk Promosi

Bisnis martabak online
Source: Instagram

Media sosial saat ini terbukti ampuh untuk melakukan promosi. Bukan saja menjadikan produk yang dijual mudah dikenal di lingkaran pertemanan kamu, tapi juga meningkatkan penghasilan dari waktu ke waktu.

Caranya juga mudah cukup sebarkan konten dalam bentuk informasi, promosi yang diperlukan market kamu. Selain itu jika memiliki modal yang cukup besar lakukan juga promosi dengan mengadakan giveaway. 

Membuat website

Membuat website
Membuat website

Di samping media sosial menjadi salah satu cara efektif untuk promosi. Buatlah juga website yang bisa dikunjungi agar konsumen bisa melihat kue yang diproduksi.

Buatlah user interface design yang apik seperti website yang simple dan clean. Untuk membuat website ini kamu tidak perlu mengocek biaya, karena bisa didapatkan secara gratis. 

Riset Pasar

Cake display
Cake display

Jika ingin bisnis kue yang sukses, kamu wajib melakukan riset pasar. Fungsinya apa sih? Yuk kita bahas disini

  • Mencari tahu kebiasaan pasar agar lebih mudah dalam menentukan strategi pemasaran produk yang tepat sasaran dan terarah.
  • Mengetahui arah konsumen, sehingga strategi yang dibuat akan terukur dan terencana. 
  • Melihat besarnya peluang pemasaran di lokasi bisnis yang akan dijadikan tempat usaha.

Harga yang Realistis

price tag
price tag

Senikmat apapun kue buatan kamu, jika harga penjualan yang dipatok terlalu tinggi maka akan menyebabkan usaha sepi pembeli. Untuk itu tentukan harga yang tepat, dengan menghitung semua pengeluaran, dan buatlah batas minimal harga kue yang akan dijual.

Memasang harga yang terlalu rendah akan membuat kamu merugi, sedangkan harga yang terlalu tinggi akan sulit laku di pasaran. 

Pandai Mengatur Waktu

Time Manajemen
Source: Pixabay

Sama pada bisnis pada umumnya, saat memulai sebuah usaha baru kamu akan banyak melakukan banyak pengorbanan. Baik tenaga, pikiran dan waktu. Jika dulunya kamu punya banyak kesempatan untuk melakukan hobi, dan aktivitas, maka setelah memutuskan menjadi pengusaha kue kamu harus siap untuk bangun lebih pagi untuk menyiapkan kue yang akan dijual mulai dari pemilihan bahan-bahan hingga proses pembuatan.

Giat mengembangkan diri

Mixing
Mixing

Tidak pernah ada kemajuan jika kamu hanya berjalan di tempat. Kamu harus selalu meng-update ilmu, keahlian jika ingin menjadi seorang ahli. Jangan cepat berpuas diri dan teruslah belajar baik dari buku, mengikuti berbagai kelas, seminar dan berbagai pelatihan yang bisa mengembangkan kamu lebih baik lagi.

Nah, itu dia tips bisnis kue sederhana yang bisa membantu kamu membuka peluang usaha di dunia bisnis kuliner. Semoga artikel ini bisa bermanfaat yang bisa di aplikasikan untuk usaha martabak, bisnis kue basah, makanan kecil, dan aneka kuliner lainnya.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar