Usaha Makanan Khas Indonesia Berumur Panjang

0

Usaha makanan khas Indonesia bisa kita temui menjadi jajanan kaki lima di pinggir jalan, sampai hidangan utama, saat duduk bersama kolega bisnis di restoran bintang lima. Seiring berjalannya waktu, rasa cinta masyarakat terhadap makanan khas daerah tidak juga pudar. Rasa cinta ini justru mendorong anak muda untuk melestarikan makanan khas Indonesia agar tidak tergerus perubahan jaman.

Makanan Khas Indonesia untuk Semua Kalangan

Usaha Makanan Khas Indonesia

Berikut beberapa makanan favorit masyarakat Indonesia yang sudah mendapat pengakuan dunia:

  • Rendang

Ingat Indonesia, ingat rendang. Kepopuleran makanan khas Minangkabau, Sumatera Barat ini sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Sejak tahun 2011, Rendang berhasil memasuki daftar 50 Makanan Terenak di Dunia, menurut portal berita CNN travel (Cr: edition.cnn.com, April 2021 & VOINews.id, April 2021).

  • Nasi goreng

Berasal dari negeri China, nasi goreng menjadi salah satu peradaban Tionghoa yang berhasil masyarakat terima dan beradaptasi dengan budaya lokal Indonesia. Melimpahnya rempah memberikan ragam rasa khas pada nasi goreng, membuatnya menjadi salah satu makanan khas di daftar “must try” para wisatawan.

  • Sate

Salah satu olahan daging yang juga menjadi salah makanan penarik wisatawan. Disajikan bersama saus bumbu kacang khas dan rasa yang autentik. Nasi menjadi pilihan teman makan bagi para turis, namun bagi lidah lokal, tentunya lontong plihan utama.

Kepopuleran makanan tersebut dapat kamu lihat melalui konten-konten di platform media, seperti reaction video, mukbang, trying Indonesian food.

Asimilasi dengan Kultur Negara Lain

Makanan Indonesia memiliki sejarah panjang dengan sentuhan kebudayaan dari negara lain karena menjadi salah satu pusat perdagangan beberapa abad yang lalu. Adaptasi budaya ini tak pernah berhenti, terlebih dengan semakin mudahnya akses informasi dan berkumpulnya ide-ide inovasi di berbagai platform kreatif di internet.

  • Level pedas

Kecintaan masyarakat Indonesia terhadap makanan pedas sudah menjadi rahasia umum. Hal ini menjadi budaya tersendiri, mulai dari “cabenya banyakin ya, bang” sampai “order yang level 5, paling pedes ya”. Berawal dari warung makan kaki lima sampai ke dalam franchise fast food chain store.

  • Matcha
Usaha Makanan Khas Indonesia

Tahun 2016, komunitas makanan dan minum Indonesia mengalami pergeseran trend secara masif. Matcha atau teh hijau muncul menjadi varian baru dalam berbagai bentuk. Hingga saat ini, meskipun peminatnya mulai berkurang, matcha berhasil mempertahankan eksistensinya di komunitas foodies Indonesia.

  • Mayo

Salah satu condiment yang berhasil memasuki pasar Indonesia dan menjadi salah satu favorit masyarakat. Mayonaise menjadi teman makan semua orang, di dalam risol smoke beef sampai menjadi dressing pilihan untuk salad buah sehat bersama dengan kental manis dan keju.

Peluang Usaha Makanan Khas Indonesia Tidak Akan Mati

Makanan Indonesia yang versatile, rasa cinta masyarakat terhadap atas wisata makanan, serta kekayaan rempah dan budaya yang akan terus masyarakat jelajahi, menjadikan bisnis makanan terus hidup. Bisnis di bidang HoReCa (hotel, restoran, cafe) terkenal sebagai bidang yang terus bergerak mengikuti trend jaman. Bertahan pada resep turun-temurun, atau berinovasi menciptakan rasa baru yang masyarakat sukai.

Memastikan usaha HoReCa tetap berjalan, membutuhkan dukungan banyak pihak. Mulai dari produsen dan distributor bahan baku segar berkualitas, hingga memastikan ide usaha masih relevan dengan trend pasar. Ralali.com menawarkan berbagai kemudahan untuk menjalankan bisnis HoReCa kamu. Mulai dari produsen dan distributor bahan baku berkualitas dengan harga bersaing, kesempatan bantuan modal usaha dan pemasaran, hingga kemudahan franchise dan reseller. Bersama Ralali.com bangun usaha makanan khas Indonesia dengan memanfaatkan ekosistem bisnis digital.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.