Mengintip Besarnya Untung Bisnis Martabak Mini yang Menggemaskan

0

Analisa bisnis martabak mini modal & keuntungannya

bisnis martabak mini
mamime.co.id

Berbisnis tidak selalu dimulai dengan hal yang besar. Bisa diawali dari ide yang simple, dan modal yang terbatas, misalnya saja bisnis martabak mini. Siapa sangka meskipun ukurannya menggemaskan ide bisnis kuliner ini bisa menghasilkan pundi-pundi yang besar loh. 

Apalagi peluang bisnis martabak mini ini juga terbilang sangat menjanjikan mengingat penggemarnya dari anak-anak hingga dewasa, dan harganya yang pas dikantong.

Nah, mau tahu bagaimana seberapa besar bisnis ini menjanjikan? namun sebelum itu tengok dulu yuk, persiapan untuk membuka usaha kuliner kekinian ini.

Cara Memulai Bisnis Martabak Mini

Perhitungkan modal

Untuk memulai bisnis martabak mini ini, kamu bisa memulainya dengan modal dari 4 juta rupiah hingga 10 juta saja. Perhitungkan seluruh kebutuhan yang diperlukan seperti bahan martabak, alat-alat masak, hingga gerai atau gerobak yang akan digunakan.

Alat & Bahan yang diperlukan Untuk Usaha Martabak 

Martabak mini
Source: mamime.co.id

Bahan utama untuk membuat martabak:

Alat-Alat Usaha & Kisaran Harganya 

  • Loyang martabak mini: Rp.100.000 – Rp 200.000, tergantung pada bahan yang digunakan. Jika kamu memilih loyang atau cetakan yang terbuat dari senyawa polimer atau baja, maka akan cenderung lebih mahal ketimbang cetakan yang terbuat dari bahan besi. 
  • Kompor martabak mini: Rp. 500.000 – Rp 700.000, banyaknya tungku yang tersedia dan kualitas kompor akan menentukan kocek yang harus disiapkan.
  • Gas elpiji : Rp. 150.000 untuk tabung gas 3 kg kosong, Rp. 30.000 isi ulang 30.000. Sedangkan untuk ukuran 12 kg kamu akan dikenakan 200.000 untuk tabung kosong, dan 150.000 isi ulang.
  • Box makanan : Rp. 25.000 – Rp 40.000 semakin banyak pembelian, semakin murah juga harga yang diberikan.
  • Talenan : Rp. 20.000 – Rp. 100.000 semakin baik kualitas, atau besarnya ukuran, makin tinggi juga harga yang harus dibayarkan.
  • Pisau : Rp.120.000 – Rp 400.000 bisa disesuaikan dengan bujet yang dimiliki, dan kebutuhan.
  • Gerobak : Rp.1.500.000 – Rp 4.500.000 harga yang tersedia di pasaran sangat bervariatif, begitu juga dengan kualitas yang ada. 
  • Gerai : Rp. 3.000.000 – Rp. 5.000.000 sesuai dengan lokasi bisnis yang dipilih.

Estimasi harga di atas hanyalah perkiraan yang masih bisa berubah-ubah. Untuk itu jadilah pebisnis yang cermat dan berhati-hati dalam pemilihan bahan membuat martabak mini maupun kualitas yang mereka berikan. 

Pemasaran / Promosi

Bisnis martabak online
Source: Instagram

Langkah awal untuk mempromosikan bisnis martabak mini tanpa bujet adalah dengan menggunakan “word of mouth”, mintalah bantuan dari orang-orang terdekat untuk mempromosikan produk tersebut. Selain promosi offline, komunikasikan produk kamu melalui media sosial seperti Instagram, dan Facebook.

Cara Berjualan

Gerobak martabak mini
Source: Pinterest

Berjualan bisnis martabak mini bisa dilakukan dengan dua cara, menggunakan gerobak atau menyewa sebuah gerai sederhana. Pilihlah yang sesuai dengan bujet yang kamu miliki.

Tak hanya itu setiap pilihan akan memberikan konsekuensinya masing-masing, misalnya jika memilih gerobak maka kamu harus berkeliling dari satu tempat ke tempat lainnya, meskipun lebih melelahkan namun memiliki resiko kerugian yang lebih kecil.

Harga Martabak

Martabak Gokil
Martabak Gokil

Untuk menjual martabak mini kamu bisa memberikan harga mulai dari 5.000 – 10.000 untuk topping standard seperti cokelat, keju, kacang dan aneka selai buah. Sedangkan untuk topping premium seperti nutella, kit kat, dan buah-buahan dapat kamu jual dengan harga lebih mahal mulai dari lima belas ribu hingga dua puluh dua ribu rupiah per loyangnya.

Konsumen

Mukbang martabak
Source: Pinterest

Martabak memang memiliki banyak penggemar, tapi jangan sampai kamu tidak mempunyai target konsumen ya! Hal sederhana ini memang terlihat sederhana, tapi akan membantu kamu untuk menentukan lokasi bisnis yang tepat. Misalnya jika target konsumen kamu anak muda, maka kamu bisa berjualan di sekitar kampus.

Resiko Bisnis

Bisnis Martabak
Bisnis Martabak

Menginjakan kaki di dunia bisnis martabak, ibarat berenang di laut merah. Dimana bisnis ini bukan saja populer tapi juga penuh persaingan. Maka dari itu untuk bisa bersaing dan bertahan lama, kamu harus kreatif, inovatif, juga mengerti yang dibutuhkan para konsumen.

Resep Martabak Mini 

Resep Cara Membuat Martabak Manis Mini
Source: Pinterest

Berikut ini ada resep martabak manis original yang lembut, legit, dan bersarang, yang bisa dipraktekan dalam bisnis martabak mini kamu

Bahan – bahan membuat martabak mini:

  • 125 gram tepung terigu protein tinggi
  • 180 ml air matang
  • 4 sendok margarin
  • 3 gula pasir 
  • 1 butir telur ayam
  • 2 sendok susu bubuk
  • ¼ sdt ragi instan
  • ½ sdt baking powder
  • Susu kental

Cara membuat Martabak Mini

Cara membuat martabak
Source: Pinterest

Penting untuk dibaca: Sebelum memasukan tepung terigu ke dalam adonan, jangan lupa untuk mengayaknya terlebih dahulu. Agar adonan tercampur sempurna, dan tekstur martabak yang dihasilkan akan tampil cantik.

  • Campurkan gula pasir, baking powder, susu bubuk, dan air bersama tepung terigu yang sudah ditapis. Aduk adonan hingga sempurna.
  • Diamkan adonan selama 30 menit jika menggunakan baking powder double acting. Namun cukup diamkan 5-10 menit saja jika menggunakan baking powder single-acting.
  • Selagi adonan didiamkan sejenak, panaskan margarin, cairkan dan sisihkan.
  • Kocok lepas telur ayam hingga tercampur sempurna
  • Tambahkan margarin cair ke dalam kocokan telur 

Setelah didiamkan adonan siap, mari kita siap untuk ke tahap berikutnya

  1. Pertama panaskan teflon dengan api kecil, lalu tuangkan adonan hingga menutupi setengah bagian loyang. Goyangkan memutar hingga adonan menempel pada bagian atas.
  2. Tunggu pinggiran martabak mengering, dan bergelembung di bagian tengah. 
  3. Taburkan gula pasir secukupnya, dan tutup loyang untuk beberapa saat.
  4. Diamkan hingga matang merata selama 5-7 menit.
  5. Selagi panas, olesi martabak dengan 1 sendok margarin, susu, dan topping sesuai permintaan konsumen.

Tips Membuat tekstur martabak mini lembut, legit dan bersarang

Mixing
Mixing

Kami mengerti kalau teori tidak semudah praktek, untuk itu ada beberapa tips agar martabak yang dibuat nikmat dan bertekstur sempurna.

  • Gunakan Tepung protein tinggi

Dalam kebanyakan resep membuat martabak biasanya akan menggunakan tepung terigu berprotein sedang, namun tidak masalah jika ingin menggunakan tepung dengan protein tinggi. Pasalnya martabak mini akan memiliki tekstur yang tidak keras, dan menghasilkan sarang yang sempurna.

  • Fermentasi

Untuk membuat kulit martabak mini yang sempurna, campur adonan dengan telur dan lakukan fermentasi selama 6 jam.

  • Waktu Pemanggangan

Ketepatan waktu pemanggangan merupakan salah satu kunci menghasilkan martabak yang sempurna. Memanggang yang terlalu sebentar akan membuat martabak mentah di dalam, namun jika terlalu lama akan martabak menjadi kering dan kurang moist. 

Semoga artikel tentang bisnis martabak mini kali ini, yang berisi resep martabak, tips membuat martabak yang bersarang, modal usaha martabak, dan analisanya, bisa bermanfaat untuk para pebisnis ,dan calon pebisnis di luar sana. Tetap semangat dan jangan menyerah. 

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar