Intip Konsep Coffee Shop Sederhana Dengan Budget Terbatas

0
Konsep coffee shop sederhana
Source: Shutterstock

Coffee shop bukan saja tempat untuk menikmati secangkir kopi, tapi juga tempat untuk bersantai, surfing di dunia maya, kopi darat, atau sekedar nongkrong bersama teman.

Ya ini bisa terjadi bukan saja karena kopi menjadi teman yang asik di segala suasana. Tapi ada fenomena dimana kopi sudah menjadi gaya hidup banyak orang. Tak hanya itu saja interior coffee shop tertentu juga menjadi daya tarik pembeli loh. Untuk itu coba deh ciptakan suasana yang nyaman dan desain interior kafe yang menarik.

Desain interior sendiri yang menarik nggak selalu mahal loh, seperti konsep coffee shop sederhana ini yang bisa diterapkan untuk bisnis kamu

1 Apa Saja Konsep Coffee Shop Sederhana Ini Dia Ulasannya

Apa Saja Konsep Coffee Shop Sederhana Ini Dia Ulasannya
Source: shutterstock

Hangat Dengan Konsep Industrial

Konsep gaya industrial
Source: shutterstock

Nggak perlu mewah karena desain interior seperti gaya industrial, bisa menjadi konsep coffee shop sederhana, yang pas buat para pebisnis pemula dengan modal terbatas. Selain simple, gaya arsitektur dari negara Eropa ini juga sedang populer dan disukai anak muda karena dianggap Instagramable.

Konsep industrial nggak melulu besi dan batu bata yang mendominasi ruangan, tapi juga bisa memadukan unsur industrial lewat pipa plafon yang terekspos, maupun perpaduan kayu juga besi yang akan menyeimbangkan konsep kafe minimalis kamu.

Untuk menambah keasrian pada gaya industrial, letakan tanaman hijau pada pot tanaman berukuran kecil yang kemudian di susun pada rak besi. 

Konsep Minimalis yang Nyaman

Konsep Minimalis yang nyaman
Source: shutterstock

Sering digunakan untuk rumah di tengah kota ataupun apartemen yang memiliki space yang tidak terlalu besar. Namun ternyata konsep interior ini juga bisa diaplikasikan sebagai konsep interior untuk kedai kopi kamu.

Selain nyaman gaya minimalis juga nggak membutuhkan dekorasi yang berlebihan. Lampu gantung, rak dinding minimalis, atau background cafe dengan warna netral seperti putih, abu muda, maupun beige.

Untuk melengkapinya ada baiknya untuk menambah pencahayaan alami dari sinar matahari. Pilihlah kaca yang berukuran panjang dan besar agar pencahayaan cukup dan membuat kedai kopi terasa nyaman tanpa dekorasi berlebihan.

Warna Pastel Yang Menghadirkan Ketenangan 

Warna Pastel Yang Menghadirkan Ketenangan
Source: shutterstock

Warna- warna pastel dengan paduan kayu cokelat muda bisa menjadi pilihan untuk konsep coffee shop sederhana kamu. Di samping memberikan nuansa yang tenang, warna lembut juga bisa memberikan kesan hangat. 

Agar lebih bervariatif tambahkan dekorasi dengan warna mencolok seperti warna neon agar ruangan tidak membosankan. Tambahkan juga jendela besar agar pencahayaan lebih baik.

Jika suka kamu juga bisa menggunakan wallpaper motif tertentu seperti geometris dan floral. Keseimbangan adalah kunci membuat ruangan dengan warna pastel terlihat sempurna.

Colourful yang Ceria

Konsep Coffee shop colourfull
Source: shutterstock

Memberikan aksen warna dan motif bisa membuat coffee shop terkesan ceria sekaligus bikin nggak membosankan. 

Manfaatkan wallpaper dengan variasi warna yang sesuai serta motif di setiap elemennya, seperti mengontraskan motif polos dengan motif bunga, atau karpet bermotif. Namun, pastikan tidak mengaplikasikan lebih dari empat pattern agar ruangan tidak terlalu ramai

Tak hanya bermain wallpaper atau ubin bermotif, kamu juga bisa memilih furniture kursi dan meja yang berwarna cerah untuk membuat ruangan terlihat ceria.

Alternatif lainnya untuk membuat ruangan terlihat ceria bermainlah dengan lukisan agar membuat coffee shop terlihat dinamis dan menyenangkan. Jangan lupa ya berikan sentuhan warna netral agar tetap selaras dengan konsep yang ada.

2 Tips & Trik Membuat Coffee Shop Dengan Budget Terbatas

Tips & Trik Membuat Coffee Shop Dengan Budget Terbatas
Source: shutterstock
  • Pilihlah desain cafe yang unik sehingga memberikan kesan tersendiri untuk pembeli kamu
  • Buatlah coffee shop dengan memanfaatkan tempat yang ada, misalnya lahan atau teras rumah sendiri.
  • Dengan modal yang masih terbatas tidak usah terburu-buru membeli perabotan baru. Cukup gunakan perlengkapan kopi sederhana yang ada.
  • Membuat coffee shop berkonsep lesehan bisa menghemat biaya, sekaligus memberikan kesan unik tapi tetap santai.
  • Tentukan target pasar sehingga produk yang dijual bisa tepat sasaran, dan memberikan keuntungan berlipat.
  • Buat review tentang coffee shopmu dengan bantuan teman. Maksimalkan promosi melalui media sosial seperti melalui Instagram, Facebook, Twitter.
  • Berikan promo menarik atau diskon untuk mengundang pembeli.
  • Maksimalkan tenaga diri sendiri hingga akhirnya mampu untuk membayar tenaga kerja. Hitung juga keuntungan dan biaya yang harus dikeluarkan setiap bulannya.
  • Komunitas menjadi salah satu sasaran empuk, so jalin deh koneksi dengan komunitas yang tepat. Cara ini terbilang cara promosi yang murah dan cepat.
  • Lengkapi coffee shop dengan fasilitas seperti internet yang bisa membuat mereka betah duduk sepanjang hari.

Bagaimana sudah mendapat gambaran dong tentang konsep coffee shop sederhana yang bisa menjadi inspirasi kamu memulai bisnis coffee shop. Sebagai tambahan untuk mengundang customer datang, buatlah menu tambahan seperti kopi dengan topping boba di dalamnya.

Buat juga side dish yang untuk menemani kopi yang disajikan seperti martabak manis, atau martabak dengan ukuran mini. Cemilan dari tepung terigu asal kota Bangka ini mudah dibuat dan cocok di lidah banyak orang.

Untuk mengetahui insight bisnis lainnya, jangan lupa subsrcibe sekarang juga ya. Karena kami juga memberikan informasi aneka resep kue ekonomis, beserta analisa untuk berbagai jenis industri bisnis.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar