Scandinavian, Konsep Kafe Minimalis yang Bikin Pengunjung Balik Lagi

0

Konsep Kafe Minimalis yang Homy dan Cozy  

coffee shop
Source: shutterstock

Kedai coffee shop sudah menjadi gaya hidup di era modern saat ini, bukan saja karena rasa secangkir kopi yang nikmat di lidah, tapi juga gaya desain interior yang bikin pengunjungnya betah dan nyaman salah satunya konsep scandinavian.  

Konsep scandinavian cocok dipilih untuk kamu yang memiliki modal usaha terbatas tanpa meninggalkan kesan yang homey dan cozy.  

Kalau di artikel konsep coffee sederhana kita pernah membahas 6 jenis gaya desain interior yang simple, kali ini spesial kita akan membahas konsep scandinavian lebih mendalam dan tentunya intip juga  jenis modal usaha yang bisa kamu pelajari juga untuk memperlengkapi ilmu bisnis kamu

Sejarah Konsep Scandinavian

konsep kafe minimalis

Desian Skandinavian sendiri memiliki memiliki ciri khas gaya yang fungsional, simple, dan bersih. Tak hanya itu nama design yang diambil dari sebuah pertunjukan pertunjukan karya desainer Nordik yang populer di US & Kanada pada tahun 1954 & 1957 juga memainkan peran penting terhadap desain di Eropa & Amerika Utara di jamannya.

Secara garis besar desain Scandinavian fokus kepada interior, pencahayaan alami yang berelasi antara elemen desain dan alam namun tetap menonjolkan keindahan serta kualitas.

 Scandinavian Style yang Multifungsi

Konsep Minimalis yang nyaman
Source: shutterstock

Awalnya gaya interior industrial dijadikan alternatif untuk rumah atau apartemen yang memiliki lahan tidak terlalu luas. Gaya yang simple dan clean memberi kesan luas pada ruangan menjadi daya tarik mengapa konsep arsitektur ini menjadi pilihan banyak orang. Bukan saja untuk hunian kamu, tapi juga bisa di aplikasikan untuk co-working space, hingga coffee shop.

Ciri Khas Scandinavian

Design Scandinavian yang mutifungsi
Design Scandinavian yang mutifungsi

Warna Netral yang Hangat

Ngomong soal desain interior yang satu ini, tentunya nggak akan lepas dari skema warna netral seperti abu-abu, putih, beige, cokelat, hitam, hijau tua, dan warna lainnya yang bisa menonjolkan gaya industrial yang hangat dan maskulin.

Penggunaan warna-warna di atas bukan saja memberikan rasa tenang pada hunian, tapi juga memberikan efek yang sama jika digunakan untuk bisnis coffee shop kamu loh!

Perkuat gaya industrial dengan penggunaan furniture dari besi dan kayu yang sekaligus menjadi ciri khas dari scandinavian.

Tampil Unik Dengan Furniture Daur Ulang

Gaya arsitektur yang booming di tanah air sejak 2016 lalu mengusung gaya yang ringan, berbaur dengan alam, serta ekonomis. Dari konsep inilah bisa dibayangkan perpaduan besi, kayu hingga batu bata merah akan menjadi ciri khas ruangan bergaya industrial.

Nggak cuma itu aja menggunakan furniture berwarna gelap dan barang daur ulang akan memberikan efek vintage yang kental dan akan memperkuat konsep kafe minimalis yang kamu pilih.

Simplicity

Ngomongin soal desain interior gaya industrial, sederhana dan fungsional menjadi kunci utama dari arsitektur ini. Penggunaan rak besi, dan kabinet bisa menjadi tempat penyimpanan alternatif sekaligus dekorasi yang sempurna. Pilih juga meja dan kursi yang hemat tempat sehingga tidak menyulitkan ruang gerak para customer.

Menyatu Dengan Alam

Seperti yang sudah sempat dibahas sebelumnya gaya scandinavian terinspirasi dari alam. Sehingga nggak mengherankan kalau kaca berukuran panjang dan besar, harus ada sebagai dekorasi interior minimalis sekaligus menjadi sumber pencahayaan alami.

Dengan begini kamu tetap mempunyai konsep kafe minimalis, dan membuat kedai kopi tetap nyaman tanpa dekorasi berlebihan.

Elemen Kayu yang Kuat

Bukan hanya bermain dengan warna, adanya elemen kayu pada gaya interior scandinavian juga tidak boleh dilupakan. Pasalnya kayu bisa menambah kesan hangat dan seimbang pada ruangan. Aplikasikan pada lantai, langit-langit ataupun perabotan yang akan digunakan.

Gunakan juga material penutup lantai yang terbuat dari kayu untuk memberikan kesan luas. Alternatif lainnya keraik berwarna terang seperti putih atau abu-abu juga cocok untuk gaya scandinavian.

Aksesoris Tempo Doloe

Yang satu ini sih nggak wajib hukumnya, tapi kalau suka tambahkan lukisan atau poster tempo doloe sebagai penghias dinding. Aksesoris ala 70an dan retro cocok bersatu dengan desain industrial dan terbilang instagramable.

Ya sampai disini dulu pembahasan konsep Scandinavian untuk bisnis kafe kamu. Nantikan pembahasan konsep kafe minimalis lainnya yang pastinya akan memudahkan kamu untuk memulai usaha coffee shop.

Oh ya, untuk menarik customer jangan lupa gunakan media sosial untuk mempromosikan usaha, dan buatlah menu minuman & makanan yang disukai banyak orang seperti martabak, cheese cake. Sediakan juga minuman segar kekinian seperti bubble tea yang bisa menjadi pilihan bagi customer yang tidak menyukai kopi.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar