Kenali Media Promosi Ini Untuk Sukses Dalam Berbisnis

0
Media promosi
Media promosi

Usaha tanpa promosi apa bisa? Ya tentu bisa tapi belum tentu berjalan maksimal. Keduanya harus berjalan beriringan untuk mencapai tujuan yang diinginkan yaitu kesuksesan dalam berbisnis. 

Nah, untuk bisa melakukan promosi itu sendiri dibutuhkan media yang fungsinya untuk menyampaikan informasi tentang produk/jasa kepada pihak luar agar dapat lebih dikenal lebih luas. 

Contoh media promosi yg biasa sudah ada sejak dulu  seperti the power of mouth, hingga media promosi konvensional seperti brosur, poster, spanduk, billboard, banner, iklan TV, radio, media cetak dan media lainya. 

Namun perubahan zaman juga membawa media promosi ke arah modern, dimana dunia digital seperti jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter yang dulunya menjadi tempat untuk ‘meet up’ kini sudah menjadi multifungsi salah satunya memperkenalkan brand dengan cara yang lebih mudah dan efektif. 

Tapi jangan senang dulu untuk brand yang kamu miliki bisa dikenal dunia luar itu juga ada triknya loh! Nggak semudah yang dibayangkan butuh kemampuan dan pesan unik mudah diingat konsumen, sekaligus memaksimalkan profit usaha yang dijalankan. Ini berlaku untuk bisnis kuliner, bisnis sembako, maupun bisnis minuman kekinian yang sedang hits.

Cara Melakukan Promosi Melalui Media Sosial

Quiz time

Quiz
Source: Pixabay

Semua orang pasti suka hadiah, hal inilah yang menjadi alasan kuat mengapa mengadakan kuis bisa menjadi cara efektif untuk mengundang netizen yang berpotensi menjadi followers atau bisa menjadi pembeli produk/jasa yang kamu miliki. 

Buatlah kuis yang simple, shareable serta hindari membuat persyaratan atau ketentuan yang terlalu rumit yang bisa membuat konsumen malas untuk mengikutinya. 

Di samping itu berikan juga hadiah yang merupakan produk atau jasa yang bersangkutan, agar konsumen lebih tahu mengenai produk tersebut. Nantinya jika mereka menyukainya mereka secara sukarela akan membicarakannya, atau mempromosikannya secara sukarela kepada orang-orang terdekat.  

Pesan Unik

Caption
Caption

Dalam konteks ini customer kamu akan mendapat informasi yang berkaitan dengan produk, namun untuk menarik attention mereka kamu harus bisa mengemas kalimat-kalimat yang ingin disampaikan dengan cara yang kreatif. Misalnya jika ingin mempromosikan bisnis minuman kekinian yang salah satunya bubble tea, kamu bisa menggunakan infografik mengenai nilai gizi dan manfaat minuman segar ini. 

Dengan cara ini konsumen akan lebih tertarik untuk membacanya bahkan membagikannya jika konten itu dianggap menarik dan bermanfaat.

Beriklan

Baru membaca kalimat iklan pikiran orang pasti tertuju pada banyaknya uang yang harus mereka keluarkan. Memang benar ada budget yang harus dikeluarkan untuk melakukan kegiatan promosi melalui media sosial, ataupun media konvesional. 

Untuk itu disarankan setiap pemilik bisnis memilah jenis modal usaha apa saja yang harus disiapkan sebelum memulai bisnis. Karena pada dasarnya bisnis bukan sekedar mampu tapi juga tentang kesiapan, baik mental maupun biaya. 

Di media sosial sendiri kamu bisa menemukan berbagai fasilitas yang bisa digunakan untuk beriklan seperti sponsored stories, CPC, Page post ads Facebook, page like Ads, hingga melakukan endorsement. 

Namun jika biaya yang dimiliki terbatas maka gunakanlah kekuatan dari mulut ke mulut. Cara ini masih terbilang efektif dan baik untuk usaha kecil yang masih memprioritaskan modal mereka untuk prioritas lainnya yang dianggap lebih penting.

Jenis -Jenis media sosial 

Jenis jenis sosial media
Jenis jenis sosial media

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya media sosial adalah tempat berbagi, mengonsumsi juga berpartisipasi mengenai beragam konten dalam berbagai format baik teks, gambar, audio, atau video.

Blog

Saat ini situs blog bisa terbilang sebagai salah satu media promosi yang efektif karena bersifat soft selling. Berisi informasi dan bukan hanya tampilan iklan semata. Tak hanya informatif blog juga memiliki sederet keuntungan lainnya untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa

  • Biaya promosi yang lebih murah
  • Shareable
  • Bisa dikenal skala Nasional
  • Menghemat tenaga

Facebook

Dibuat untuk membangun networking di antara penggunanya untuk saling berbagi pesan, informasi, foto atau video. Fitur-fitur terbaru dari facebook seperti story juga sudah tersedia dan bisa kamu maksimalkan untuk mempromosikan usaha kamu.

Linkedin

Sebagian penggunanya adalah profesional dengan berbagai latar belakang profesi. Tempat untuk menunjukan identitas diri, dan biasa digunakan untuk memperkenalkan jasa atau bisnis yang dijalankan kepada pihak eksternal.

Twitter

Melalui cuitan sepanjang 140 karakter kamu bisa menginformasikan kepada netizen tentang bisnis apa yang dijalankan. Memiliki behaviour yang berbeda dengan Facebook, karena twitter biasanya digunakan sebagai tempat untuk berinteraksi. 

Youtube

Melalui situs sharing video nomor 1 di dunia ini sudah banyak vlogger yang awalnya iseng-iseng akhirnya viral dan booming. Hal ini juga berlaku kepada brand brand tertentu yang akhirnya dikenal karena viralnya iklan yang mereka tayangkan di Youtube. 

Kunci sukses untuk membuat iklan yang mudah diingat sendiri simple banget, berikan keunikan yang mudah diingat oleh viewers kamu. Formatnya sendiri bisa berupa film pendek, video pendek, video klip atau jenis lainnya.

Instagram

Salah satu media sosial yang lagi hits berikutnya adalah Instagram, sebuah aplikasi berbagi foto, story yang menerapkan berbagai filter digital. Disukai kaum millennial saat ini dan memiliki fungsi yang beragam salah satunya untuk media promosi dalam berbisnis. 

Sudah tahu dong bagaimana melakukan promosi yang efektif melalui media sosial. Semoga artikel ini bisa membantu dan jangan lupa untuk di share jika bermanfaat.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar