Calon Pengusaha Wajib Tahu Modal Usaha Yang Harus Dimiliki!

0

Jenis-jenis modal usaha & sumber modal usaha yang wajib kamu tahu sebelum membuka bisnis!

Modal usaha menjadi pondasi penting untuk menjalankan, sekaligus untuk mengembangkan bisnis itu sendiri. Baik untuk usaha modal kecil seperti bisnis martabak mini, bisnis warung kopi, usaha warung sembako maupun jenis usaha lainnya yang membutuhkan modal lebih besar. 

Untuk itu sebelum memulai usaha apapun ada baiknya kamu mengerti dulu jenis-jenis modal yang diperlukan, berikut rangkumannya 

Jenis-Jenis Modal Usaha

Jenis-jenis modal usaha
Jenis-jenis modal usaha

Modal Awal

 Langkah awal untuk membuka sebuah usaha adalah modal dasar yang nantinya akan digunakan jangka panjang serta berulang, seperti tempat usaha, peralatan, termasuk waralaba.

 Tak hanya itu jangan lupa untuk menambahkan skill bisnis sebagai modal usaha yang harus kamu miliki. Terus upgrade kemampuan kamu dengan mengikuti kelas-kelas bisnis, atau seminar yang akan membantu kamu untuk lebih baik lagi. Untuk mengikuti kelas-kelas ini nggak perlu mahal kok, karena saat ini sudah banyak kelas bisnis yang bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau kayak kelas bisnis yang ini nih!

Modal Produksi 

 Modal usaha lainnya yang harus kamu miliki adalah modal produksi. Jenis modal ini diperlukan untuk mendukung aktivitas usaha yang kamu jalankan, dan tentunya akan berbeda-beda sesuai dengan jenis bisnis yang kamu jalankan.

Jika kamu membuka usaha kuliner seperti bisnis martabak maka yang diperlukan adalah tepung terigu, telur, margarin dan bahan lainnya. Berbeda lagi jika kamu bergerak membuka coffee shop, maka yang dibutuhkan adalah biji kopi berkualitas. 

Modal operasional

Modal usaha yang tak kalah pentingnya adalah modal operasional, dimana modal ini digunakan untuk mendukung usaha yang kamu dimiliki. Biaya yang masuk dalam jenis model operasional sendiri seperti biaya gaji pegawai, biaya listrik, air, telepon, dan tentunya sewa tempat atau lahan yang di tempati.

Modal operasional sifatnya wajib dan bersifat terus menerus, nggak peduli seberapa besar keuntungan yang kamu dapat atau laku nggaknya produk atau jasa yang kamu jual. Pastikan kamu sudah memiliki modal ini ketika memulai bisnis apapun ya. 

Nah setelah tahu jenis-jenis modal yang diperlukan untuk memulai usaha, sekarang kita akan masuk ke pembahasan sumber modal usaha

Sumber Modal Usaha

Sumber modal usaha
sumber modal usaha

Tahukah kamu pada dasarnya modal usaha itu bisa berasal dari dua sumber loh, dari eksternal dan internal, untuk pembahasan selengkapnya yuk intip disini 

Sumber Modal Usaha Internal

Jenis modal usaha berasal dari para pelaku usaha itu sendiri, maupun para stakeholder yang ikut serta menghidupi bisnis tersebut. Modal internal ini didapat dari keuntungan dari setiap kegiatan bisnis yang dilakukan, maupun penjualan surat berharga. 

Dengan adanya modal usaha internal sebuah bisnis dapat membayar ongkos produksi, serta menutup kerugian-kerugian yang bisa terjadi kapan saja. Di samping itu jika kondisi keuangan berjalan lancar, kamu bisa menjadikan modal internal yang dimiliki sebagai pinjaman untuk pihak lain. 

Sumber Modal Usaha Eksternal

Bersifat pinjaman dari pihak ketiga seperti bank, lembaga keuangan bukan bank, maupun supplier. Diwujudkan dalam bentuk modal investasi & modal kerja, serta bersifat tidak terbatas. Terbagi dalam beberapa jenis pinjaman

  • Pinjaman Bank 

Pinjaman modal usaha melalui bank pasti sudah familiar bukan? Dimana bank akan memberikan sejumlah uang kepada nasabah dalam jangka waktu yang ditentukan, beserta bunga yang telah ditetapkan. 

Dalam konteks ini peminjam memiliki tanggung jawab untuk membayar sejumlah tagihan setiap bulannya, setiap keterlambatan akan diberikan denda yang besarnya akan ditentukan oleh bank pemberi pinjaman.

  • Pinjaman Online

Kini kamu bisa lebih mudah untuk mewujudkan mimpimu untuk menjadi seorang pebisnis, karena saat ini sudah ada pinjaman modal usaha online yang memudahkan peminjamnya untuk mendapatkan sejumlah dana yang cepat cair dan mudah, salah satunya melalui fitur pinjaman di Ralali.com yang sudah diawasi oleh Otoritas  Jasa Keuangan(OJK).

Bekerja sama dengan beberapa lembaga keuangan seperti Koinworks, Investree, dan lembaga terpercaya lainnya. So, nggak usah bingung lagi kalau kamu sedang mencari pinjaman modal untuk memulai atau mengembangkan bisnis. 

Beberapa bisnis yang menjanjikan yang bisa kamu lakukan di era modern ini adalah bisnis kuliner, pasalnya semua orang membutuhkan makanan dan keuntungan yang kamu peroleh bisa mencapai 50-100% loh! 

Mau tahu selengkapnya langsung aja cek bisnis martabak yang lagi hype. Semoga artikel ini akan bemanfaat untuk pelaku usaha yang ingin membuka usaha modal kecil, dan aneka jenis usaha lainnya. 

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar