Wajib Tahu! Pentingnya Mengayak Tepung Terigu Sebelum Digunakan

0

Mengayak tepung lebih dulu sebelum mengolahnya sangat berpengaruh terhadap tekstur hasil masakan atau pembuatan kue

eclair topping strawberry
eclair topping strawberry

Saat mencari resep cake dan kue kering kamu biasanya akan menemukan instruksi untuk mengayak tepung terigu yang digunakan. Bukan tanpa alasan instruksi ini diberikan loh. Pasalnya penapisan tepung terigu merupakan teknik di dapur yang akan berpengaruh pada tekstur kue yang dihasilkan.

Semakin baik tekstur kue, makin cantik juga cake atau kue kering yang akan disajikan. Namun untuk memperoleh hasil yang sempurna ini, kamu memerlukan teknik proses dasar yang benar. Salah satunya mengenai pengayakan tepung terigu.

Mengapa Tepung Terigu Harus Diayak? 

Tepung terigu
Tepung terigu
  • Terigu memiliki sifat hidroskopis, yang artinya mudah menyerap uap air dari udara yang berpotensi terjadi penggumpalan kecil. Pentapisan akan melepaskan butiran terigu dari penggumpalan dan memudahkan saat dicampurkan dengan adonan telur.
  • Pengayakan berguna untuk memberikan hasil timbangan yang akurat pada penggunaan resep. Karena proses pengayakan ini akan menambahkan udara pada terigu sehingga terigu menjadi lebih ringan. (Jika perlu 3 kali ayak agar makin mudah diaduk dan menghasilkan kue yang ringan)
  • Membersihkan terigu dari kotoran dan kutu-kuta bila ada

Waktu yang tepat untuk memasukkan adonan?

Mengayak tepung terigu
Mengayak tepung terigu

Disarankan untuk mengayak tepung terigu di atas adonan yang sudah jadi, namun sebelum sampai ke tahap ini, ada baiknya untuk melakukan pengayakan sebanyak tiga kali terlebih dahulu. Agar tepung terigu lebih ringan dan adonan mudah tercampur dengan baik.

Apa yang Terjadi Kalau Tidak Diayak?

Pentingnya mengayak tepung terigu
Pentingnya mengayak tepung terigu

Tekstur akhir cake atau kue kering akan ditentukan dari tepung terigu yang kamu gunakan. Hal ini sendiri bisa terlihat dari permukaan kue yang tidak halus karena adanya penggumpalan tepung terigu.

Semakin mudah tepung bercampur dengan adonan, semakin pula proses pengadukan yang diperlukan. Sehingga mencegah adonan menjadi kempis dan mengeras karena tepung yang terlalu lama diaduk.

Bagaimana sudah tahu dong pentingnya mengayak tepung terigu sebelum digunakan? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.