3 Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan Otak

0

Kalau selama ini kamu hanya mengenal kopi sebagai obat anti ngantuk, berarti kamu belum tahu nih kalau secangkir minuman berwarna hitam pekat ini, bermanfaat untuk kesehatan loh, terutama untuk otak. Tapi sebelum mengetahui manfaat kopi untuk kesehatan otak, mending cek dulu yuk senyawa baik yang terdapat di dalam kopi

Senyawa Pada Kopi

Manfaat kopi
Manfaat kopi

Mengandung ratusan bioaktif yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan otak, salah satunya adalah antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas, dan beberapa bahan aktif lainnya 

  • Kafein: Senyawa stimulan yang mendorong kerja otak. Dalam dunia medis kafein juga bisa menstimulasi jantung dan bersifat diuretik.
  • Cafestol & kahweol: Kandungan dalam kopi dengan kandungan senyawa anti radang yang menghambat pertumbuhan sel kanker.
  • Asam klorogenik: Antioksidan polifenol yang berperan untuk mengatur metabolisme gula darah dan tekanan darah tinggi.
  • Trigonelline: Berperan penting dalam pengolah asam nikotinat(vitamin B3) yang mencegah gigi berlubang dan pertumbuhan bakteri.

Manfaat minum kopi bagi kesehatan otak

Manfaat kopi
Manfaat kopi

Jika dikonsumsi dalam jumlah cukup, kopi akan berpengaruh pada kesehatan otak. Apa saja itu?

Meningkatkan fungsi otak

Kopi untuk meningkatkan otak
Kopi untuk meningkatkan otak

Kafein yang terkandung dalam kopi merupakan senyawa stimulan yang mendorong kerja otak. Dimana kafein yang terbawa oleh aliran darah bertemu dengan reseptor adenosin, sehingga merangsang produksi serotonin, dopamin, dan nonadrenalin. Senyawa inilah yang membuat kamu menjadi lebih fokus, bisa berpikir lebih efisien, dan memperbaiki mood.

Mempertajam daya ingat

Secangkir kopi
Secangkir kopi

Mengonsumsi kopi bermanfaat untuk meningkatkan ketajaman memori otak, tapi dengan catatan jika kamu meminumnya dalam jumlah yang wajar. Cukup hanya 2-3 cangkir per harinya. Lebih dari itu kopi justru akan berbahaya bagi tubuh dan otak, salah satunya adalah menghasilkan ingatan yang tidak akurat.

Menurunkan risiko penyakit otak dan saraf

coffeeshop
coffeeshop

Seiring bertambahnya usia terjadi, tubuh dan otak akan mengalami penurunan fungsi. Seperti demensia dan Alzheimer. Kedua jenis penyakit ini menyebabkan daya ingat melemah dan kemampuan berpikir yang memburuk. 

Untuk mengatasinya periset yakin kandungan antioksidan & senyawa anti radang dalam kopi bisa membantu mengurangi peradangan pada sel-sel otak. Di samping itu kafein pada kopi juga bisa mencegah penyakit parkinson.

Itu dia manfaat kopi untuk kesehatan otak, ingat loh konsumsilah kopi dengan jumlah yang dianjurkan ya. Agar memberikan efek positive untuk kesehatan kamu.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.