Sudahkah Kamu Tahu Peralatan Memasak yang Wajib Ada Di Dapur ?

0

Siapa sangka hal simple seperti pemilihan peralatan memasak yang tepat bisa mempengaruhi proses dan hasil saat memasak loh. Dan hal ini perlu banget diketahui kamu yang hobi memasak, pasangan yang baru menikah, anak kos-kosan dan tentunya para pebisnis yang bergerak di bidang kuliner.

Nah daripada berlama lama, langsung aja yuk kita cek 10 alat memasak yang wajib ada di rumah atau tempat bisnis kamu

Mau masak wajib Punya Kompor  

Jenis Kompor
Jenis Kompor

Alat memasak pertama yang wajib kamu punya adalah kompor. Namun sebelum membeli kompor, pastikan kalau peralatan masak yang dibeli sesuai dengan kebutuhan kamu.

Misalkan saja para pebisnis biasanya membutuhkan kompor gas dengan 4 tungku, berbeda lagi dengan beberapa orang  yang hanya membutuhkan kompor elektrik, atau kompor dua tungku. Yang paling penting juga adalah pilihlah kompor yang berkualitas.

Masak Di Dapur Harus Ada Wajan & Panci

Peralatan memasak
Source: Resepkoki

Selain kompor gas, kamu juga memerlukan wajan yang berguna saat kamu memasak dan menumis makanan. Tak hanya itu siapkan juga panci yang akan membantu kamu saat ingin membuat sup atau merebus air. Namun pastikan lagi kamu membeli panci yang tahan lama, aman dan baik untuk kesehatan.

Mau masak Jangan Lupa spatula

Spatula untuk memasak
Spatula untuk memasak

Di sebuah sosial media Instagram ada seorang penjual makanan yang viral karena menggoreng dengan tangan, duh ngebayanginnya aja udah serem ya? Dan tentunya kamu nggak bisa menggoreng kayak gitu, perlu spatula untuk mengaduk makanan, ataupun saat membuat kue.

Tapi sebelum membeli spatula kamu harus tahu kalau, alat memasak ini terbagi menjadi beberapa jenis loh, seperti spatula kue, spatula plastik, spatula kayu, dll. Tapi lagi-lagi pilihlah spatula yang berkualitas ya, karena spatula berkualitas buruk bisa menyebabkan kanker.

Persiapkan Bahan Memasak Dengan Pisau dan Talenang

Pearalatn masak di dapur
Pearalatn masak di dapur

Mungkin kamu hanya tahu pisau itu sama jenisnya, tapi ternyata alat potong yang satu ini juga tidak bisa dipakai sembarangan, ada warna – warna yang menentukan untuk apa pisau tersebut digunakan. Setelah pemakaian keringkan pisau secepat mungkin agar tidak tumpul atau berkarat

Peralatan Memasak Terbaik Dengan Baskom Yang Awet & Tahan Lama p

Alat Memasak di dapur
Alat Memasak di dapur

Membeli baskom bukan hanya soal harga, tapi harus yang kuat dan tidak mudah pecah. Alat memasak yang satu ini memang terlihat sederhana, tapi harus diperhatikan juga karena baskom memiliki kegunaannya masing-masing. Misalnya baskom untuk mencuci sayur, berbeda dengan baskom untuk mengocok adonan kue.

Selain Blender, Gunakan Ulekan Untuk Menghaluskan Bumbu masak di dapur

Ulekan untuk menghaluskan bumbu di dapur
Ulekan untuk menghaluskan bumbu di dapur

b

Sejak dulu orang Indonesia dikenal dengan masakannya yang kaya akan rempah-rempah dan cara memasaknya yang masih tradisional. Bayangkan saja masih masyarakat Indonesia yang masih memilih untuk menghaluskan bumbu dengan ulekan ketimbang blender. Usut punya usut peralatan masak tradisional yang terbuat dari batu ini, katanya menghasilkan rasa bumbu yang lebih nikmat  loh.

Kecil Tapi Bermanfaat Saat Masak Di Dapur

Cempal tahan panas di dapur
Source: mandawijaya.com

Jangan lupa saat berada di dapur siapkan cempal atau sarung tangan yang akan membantumu saat memindahkan panci atau wajan setelah digunakan.  Meskipun terlihat kecil, ada baiknya untuk tidak mengabaikan peralatan masak yang satu ini ya,

Masak DI Dapur Lebih Praktis Dengan Alat Parut

Alat Parut

Untuk memotong bahan makanan ukuran kecil, selain pisau kamu bisa menggunakan alat parut. Selain lebih cepat, peralatan masak ini juga menghindarkan kamu dari tangan mendapat luka dan mempersingkat waktu memasak.

Saat ini di pasaran sudah tersedia berbagai jenis parutan yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan. Kalau sudah begini urusan dapur jadi lebih mudah kan?

Masak di dapur Lebih Cepat Dengan Rice cooker

Rice Cooker Terbaik
source : my-best.id

Tahukah kamu rice cooker saat ini bisa berfungsi lebih dari sekedar sebagai alat memasak nasi saja, tapi juga bisa digunakan untuk membuat bubur, membuat kue, mengukus, merebus, bahkan memasak lauk pauk.

Dengan rice cooker multifungsi ini, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas dalam waktu singkat dan urusan masak memasak jadi gampang banget deh.

Masak Di Dapur Biar Makin Pas Kamu Butuh Timbangan

Timbangan untuk memasak
Timbangan untuk memasak

Kalau yang satu ini sangat dibutuhkan untuk kamu yang hobi membuat kue, dan saat masak memasak, agar takaran-takaran bahan memasak yang kamu gunakan lebih akurat.


Nah, itu dia 10 peralatan masak yang harus ada di dapurmu, alat-alat mana saja yang nih yang sudah kamu punya?

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.