Kenali Jenis Kompor yang Tepat Untuk Dapur Anda

0
Kenali Jenis Kompor yang Tepat Untuk Dapur Anda
Kenali Jenis Kompor yang Tepat Untuk Dapur Anda

Kenali Jenis Kompor yang Tepat Untuk Dapur Anda – Kompor mempunyai peran penting di dapur. Kompor sendiri terbagi menjadi 3 jenis, yaitu kompor gas, listrik dan minyak tanah. Ketiganya mempunyai karakter masing-masing. Berikut ini jenis-jenis kompor.

Kenali Jenis Kompor yang Tepat Untuk Dapur Anda

Kompor Gas

Kompor gas merupakan jenis kompor yang paling diminati, sebab cara pemakaian serta perawatannya terbilang praktis. Bentuk kompor gas sangat beragam, ada yang bisa dipindah-pindah (portable), berdiri sendiri (Free sanding) dan di tanam (built-in) yang dimasukkan ke meja dapur maupun kitchen set. Kompos gas ini umumnya berbahan stainless Steel, kaca maupun kombinasi. Badan kompor gas biasanya dilapisi non-stick coating yang berguna untuk menghindari kelengketan. Tidak hanya itu saja, kompor gas pun dilapisi enamel yang berperan sebagai anti gores.

Tungku kompos gas biasanya berjumlah satu hingga empat buah. Pada sebuah tungku umumnya hanya mempunyai satu burner head. Namun akan lebih efektif dalam satu tungku terdapat dua burner head, yaitu nyala api besar serta api kecil.

Untuk pemantiknya, pada kompor gas ini terdapat dua jenis, yaitu pemantik jenis magnetik serta listrik. Kompor gas jenis built-in ataupun jenis Free Standing umumnya menggunakan pemantik jenis listrik. Sedangkan kompor gas jenis portable menggunakan pemantik magnetis di mana kita hanya menekan tombol pemutarnya kemudian diputar maka api akan menyala otomatis.

Kompor Listrik

Di Indonesia kompor listrik masih jarang digunakan. Pemanasan pada kompor listrik ini bukan dari api, melainkan dari aliran listrik pada lilitan kawat penghantar yang berada di bawah tungku.

Kian besar daya listriknya, maka semakin besar pula panas yang dihasilkan. Dengan begitu makanan akan lebih cepat matang. Daya listrik paling rendah yang dibutuhkan kompor listrik ini ialah 250 watt. Akan tetapi daya listrik untuk kompor listrik jenis built-in sekitar 1.000 hingga 1.500 watt.

Kompor Minyak

Walaupun kompor minyak termasuk jenis kompor tradisional, namun kompor minyak ini masih banyak diminati. Umumnya kompor minyak dipakai sebagai cadangan untuk menggantikan kompor gas.

Dalam merawat kompor minyak sangat dibutuhkan kesabaran ekstra. Adapun bagian-bagian dari kompor minyak terdiri dari tangki minyak, sarang, tungku serta sumbu kompor. Semua bagian tersebut wajib dibersihkan secara berkala. Dalam merawat kompor minyak, perhatikanlah sumbunya, jangan sampai sumbunya terlalu pendek. Sebab jika terlalu pendek maka nyala api yang keluar tidak besar.

Jual Kompor Gas

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar