6 Tips Penting Dalam Memilih Mesin Pompa Air yang Tepat dan Berkualitas

0
Tips memilih pompa air
Tips memilih pompa air – Image: id.grundfos.com

Air bersih berperan penting di dalam kehidupan manusia, misalnya untuk mandi, mencuci, minum, menjemur dan lainnya. Maka dari itu, beragam cara dilakukan untuk memperoleh air bersih guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Salah satu cara yang banyak dilakukan untuk mendapatkan air bersih yaitu menggunakan mesin pompa air. Harga pompa air cukup bervariasi, bergantung pada sejumlah kriteria yang ada di dalamnya.

Memilih pompa air tidaklah sulit, asalkan mesti tahu dan mempunyai informasi yang kuat sebelum memutuskan untuk membelinya supaya di kemudian hari tidak menyesal karena ketidaktahuan kita dalam memilih pompa air mana yang tepat dan berkualitas. Berikut ini 6 tips memilih pompa air yang tepat dan berkualitas.

Tips Memilih Pompa Air

1. Kedalaman Air

Ukurlah kedalaman permukaan air dari permukaan tanah yang akan dipasangi pompa. Tanyakan kepada “tukang” berapa kedalamannya, pilih pompa air dengan daya yang sesuai kedalaman permukaan air.

2. Jenis Pompa

Jenis pompa air yang digunakan penting sekali untuk diketahui. Mengapa ? pompa air tersedia dalam bermacam jenis serta tipe yang berbeda-beda sesuai kedalamannya. Jika kedalaman permukaan air kurang dari 7 meter, maka gunakanlah pompa air sedang. Apabila kedalaman air 7 – 9 meter, maka gunakanlah pompa air jenis jet pump.

Harga Pompa Air
Harga Pompa Air

3. Voltase

Voltase atau daya listrik setiap rumah berbeda-beda. Dalam memilih pompa air, sesuaikanlah dengan daya listrik rumah. Jangan memilih pompa air melebihi muatan daya listrik rumah. Jika melebihi daya listrik, ketika pompa air dihidupkan maka listrik akan padam. Perlu diingat, pompa air berdaya listrik besar mempunyai kekuatan hisap yang besar pula.

4. Pemutus Arus

Pilih pompa air yang mempunyai fitur thermal protector atau circuit breaker yang mana fungsinya untuk memutus aliran listrik secara otomatis jika beban berlebih. Dengan demikian pompa air akan mati secara otomatis apabila terlalu panas dan pompa air pun tidak akan terbakar.

Rekomendasi untuk di Baca: Apa yang Harus Dilakukan Agar Mesin Pompa Air Awet?

5. Debit

Hitunglah seberapa besar debit air yang diperlukan setiap hari. Tentunya Anda tidak ingin pompa air menyala sepanjang hari bukan ? pastikanlah melihat label spesifikasi kapasitas air. Pilihlah pompa air dengan kapasitas besar sehingga Sia menyedot air lebih banyak serta bisa diisikan ke tangki air lebih cepat, sehingga listrik pun menjadi hemat.

6. Suara

Pilih pompa air yang mengeluarkan suara halus. Hal ini bertujuan supaya aktivitas di dalam rumah tidak terganggu akibat suara pompa air yang bising.

Selain ke 6 tips diatas, yang satu lagi yang perlu diperhatikan adalah merek dari pompa air. Belilah pompa air dari merek yang memang sudah dikenal kualitas dari produknya, jangan sampai memilih merek yang asing dan ternyata tidak berkualitas. carilah referensi tentang berbagai merek pompa air yang berkualitas. ada beberapa merek yang cukup dikenal diantaranya pompa air hitachi, sanyo, shimizu, panasonic, grunfos, firman dan lainnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.