Apa yang Harus Dilakukan Agar Mesin Pompa Air Awet?

0
Apa yang Harus Dilakukan Agar Mesin Pompa Air Awet?
Apa yang Harus Dilakukan Agar Mesin Pompa Air Awet?

Ada harga ada rupa, pompa air pun demikian. Pompa air dengan harga mahal cenderung mempunyai kualitas dan ketahanan maksimal. Apabila harganya murah maka kualitasnya dan ketahanannya mesti dipertanyakan.

Seberapa mahal harga pompa air apabila tidak dirawat maka sama saja, performanya akan menurun seiring penggunaan. Uang yang dikeluarkan untuk membeli pompa air tersebut akan terbuang percuma. Perawatan pompa air tidak hanya meliputi bagian yang ada di dalam tubuh pompa saja, melainkan secara keseluruhan.

Lantas bagaimana merawat pompa air agar awet dan tahan lama?

Steker

Umumnya pada sebuah steker yang menghubungkan listrik menuju pompa air akan dibebani banyak stop kontak. Hindarilah kebiasaan tersebut. Mengapa? Sebab hal tersebt akan menimbulkan panas yang berlebih pada steker. Usahakanlah satu steker hanya ditancapkan satu stop kontak saja, yaitu stop kontak pompa air. Apabila berlebih, maka akan menimbulkan panas yang bisa memicu kebakaran.

Pengoperasian

Jangan biarkan mesin pompa air Anda kering. Pastikanlah selalu basah, hindarilah penggunaan pompa air dalam keadaan tanpa air ataupun kering. Jika hal tersebut terus dilakukan maka bisa merusak motor pompa air.

Terkait: 6 Tips Penting Dalam Memilih Mesin Pompa Air yang Tepat dan Berkualitas

Biarkan Terbuka

Terkadang pemilik pompa air sering menutupi mesin pompa dengan sesuatu, contohnya dengan kain maupun menutupinya dengan kayu atau triplek dan sebagainya. Hindarilah cara tersebut, sebab bisa menyebabkan risiko kebakaran. Apabila beban pompa air berlebih ataupun api tersulut dari steker yang kelebihan muatan stop kontak, maka bisa membakar pembungkus ataupun selimut pompa air.

Perlindungan

Jangan menempatkan mesin pompa air di area terbuka yang bersentuhan dengan sinar matahari langsung atau percikan hujan. Akan tetapi jangan pula ditutupi ataupun dibungkus. Letakkanlah pompa air di tempat yang teduh. Jika pompa air bersentuhan dengan sinar matahari langsung atau percikan hujan, maka bisa mengurangi umur pompa dan unsur kejutan listrik.

Filter

Terkadang tidak seluruh sumur bersih. Tentunya pasti ada sumur yang sering mudah terisi kotoran maupun pasir. Pada pipa yang dipasang pada pompa air alangkah lebih baiknya diberikan sebuah filter atau penyaring. Fungsinya tentu untuk menyaring segala macam kotoran sebelum masuk ke pompa air. Jika kotoran atau pasir terhisap oleh pompa, maka akan mengakibatkan kerusakan mesin pompa air.

Untuk melihat bermacam mesin pompa air, kunjungi Ralali.com. Ralali.com jual mesin pompa air berkualitas dengan varian merk, tipe, dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ayo Saling Membantu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar